Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Awas! Beredar Virus yang Menyebar Melalui Video WhatsApp, Bikin HP Ngelag Parah!
Awas! Beredar Virus yang Menyebar Melalui Video WhatsApp, Bikin HP Ngelag Parah!
Sumber Gambar

Tak bisa dipungkiri, penggunaan smartphone saat ini amat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk menelepon, kini benda ini memiliki banyak fungsi yang pastinya memberi banyak manfaat di kehidupan kita. Banyak sekali pekerjaan yang semakin menjadi mudah dengan adanya smartphone ini.

Namun, biar bagaimana pun smartphone merupakan salah satu ciptaan manusia yang masih memiliki berbagai kekurangan. Masih membutuhkan banyak evaluasi dari berbagai faktor. Salah satu yang cukup mengkhawatirkan pengguna smartphone adalah virus. Tidak hanya makhluk hidup, rupanya smartphone juga bisa terserang virus.

Masuknya virus ke smartphone kita dapat berpengaruh pada kinerjanya. Yang cukup menyebalkan adalah ketika smartphone menjadi lag karena virus itu sendiri. Nah, baru-baru ini TS menemukan suatu virus yang tengah viral di sosial media. TS sendiri menemukannya di akun TikTok @dalampengaruh.

Awas! Beredar Virus yang Menyebar Melalui Video WhatsApp, Bikin HP Ngelag Parah!
Sumber Gambar

Virus ini sendiri berbentuk video dan disebar melalui WhatsApp, apabila kita membuka atau memutar video ini maka smartphone yang kita gunakan akan lag. Layar menjadi tidak merespon ketika disentuh, bahkan saat ditekan tombol volume dan on/off juga smartphone tidak merespon.

Video itu sendiri merupakan rekaman CCTV yang memperlihatkan suasana sebuah kafe yang cukup ramai. Kemudian ada seorang laki-laki masuk, dan sesaat setelah laki-laki itu masuk video pun nge-freeze. Saat disentuh, layar tidak memberi respon sama sekali. Dan akhirnya smartphone pun tidak bisa digunakan. Layar berhenti di video laki-laki itu masuk.

Berdasarkan pengamatan TS di kolom komentar video, banyak juga yang berkomentar bahwa mereka juga mengalami hal yang sama. Mereka tak sengaja membuka video tersebut, dan hasilnya persis seperti di video. Layar langsung membeku dan smartphone tidak merespon.

Awas! Beredar Virus yang Menyebar Melalui Video WhatsApp, Bikin HP Ngelag Parah!
Sumber Gambar

Meski begitu, ada juga yang berpendapat lain. Sebagian orang yang merasa smartphone-nya memiliki spesifikasi tinggi mengaku aman-aman saja saat memutar video itu. Pengguna smartphone dengan ram 8GB mengaku tidak mengalami masalah lag seperti dalam video. Ia malah menduga lag itu disebabkan smartphone yang digunakan terlalu ‘kentang.’

Di sini yang jadi tidak masuk akal. Sejak kapan smartphone kentang tidak bsia memutar video? Apa hubungannya spesifikasi dengan memutar video? Smartphone sekarang sudah cukup mumpuni kalau hanya sekedar menonton video. Smartphone paling murah sekalipun rasanya bisa-bisa saja memutar video. Jadi kemungkinan memang ada yang aneh dari videonya, bukan dari spesifikasi.

Uniknya lagi, dari beberapa komentar yang TS temukan, beberapa diantaranya mengaku menemukan video ini dari teman, grup WhatsApp dan bahkan status WA. Hal ini semakin menjadi tanda tanya pasalnya itu jika benar begitu artinya video ini sengaja disebarkan oleh orang-orang terdekat. Kalau ditanya mengapa, bisa jadi untuk prank atau sekedar iseng.

Awas! Beredar Virus yang Menyebar Melalui Video WhatsApp, Bikin HP Ngelag Parah!
Sumber Gambar

Hal ini mengundang kekhawatiran karena bisa saja video ini nantinya sampai di kita karena dikirim oleh orang terdekat kita seperti teman atau bahkan keluarga. Mungkin kalau di grup atau di chat pribadi masih bisa dideteksi sebelum diputar. Tapi yang bahaya itu kalau dari status WA. Dari sini, kita memang harus berhati-hati membuka apapun di internet, bahkan kalau itu dari orang terdekat sekalipun.

emoticon-2 Jempol

Gimana GanSis? Sudahkah kalian menonton video ini? Atau adakah yang bisa menjelaskan virus jenis apakah ini? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 08-03-2023 23:41
CoZiAAvatar border
screamo37Avatar border
ondapriatnaAvatar border
ondapriatna dan 16 lainnya memberi reputasi
17
10.6K
188
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.