anggietisla
TS
anggietisla
Suasana Masuk Sekolah Jam 05.00 Pagi di NTT
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menerapkan kebijakan siswa masuk sekolah pukul 05.00 pagi untuk siswa SMA di Kota Kupang. Kebijakan ini banjir protes dan menimbulkan polemik se Indonesia.





Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Linus Lusi mengatakan kebijakan ini sudah sesuai instruksi Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat. Peraturan ini mulai diberlakukan pada Senin (27/02) di 10 SMK/ SMA Kota Kupang.

Kebijakan ini, lanjut Lusi bertujuan untuk melatih kedisiplinan anak-anak NTT. Sebab siswa dilatih bangun pagi dan disiplin untuk belajar sejak awal.

Tak lama berselang kebijakan masuk sekolah pukul 05.00 ini banjir protes dari orangtua siswa, guru hingga sejumlah lembaga.

Salah satu ortu siswa di SMA Negeri 1 Kota Kupang, Ofni Ottu mengaku kasihan dengan sang anak yang harus bangun tidur subuh hari. Jalanan menuju sekolah jug masih sangat gelap sehingga rawan tindak kriminalitas.




Selain masih gelap, ia mengeluh jarak antara rumah dan sekolah cukup jauh sekitar 5-6 kilometer. Ottu mengaku khawatir dengan keselamatan putrinya ke sekolah.

“Sebagai orang tua kami keberatan karena masih gelap. Walau kami antar, Kalau ada apa-apa bagaimana?,” keluh Ottu.

Menurut Ottu, kebijakan masuk sekolah itu sangat gegabah dan terburu-buru. ia mendorong pemerintah segera mengevaluasi dan menghentikannya.

“Pemerintah harus berpikir kembali terhadap kebijakan yang diambil supaya masyarakat tidak resah. Saya tidak sepakat karena pukul 05.00 Wita itu untuk orang berjualan,” pungkasnya.


DPRD NTT Bakal Panggil Pemprov NTT


Senada, Wakil Ketua DPRD NTT Inche Sayuna tidak setuju dengan penerapan aturan tersebut. Ia mengaku terkejut dengan keluarnya aturan itu. Sebab tidak pernah ada perbicaraan dari pihak pemprov dengan DPRD NTT .

Ia melanjutkan jam masuk sekolah yang terlalu pagi dapat menurunkan kualitas tidur anak. Jika kualitas dan jangka tidur anak terganggu bisa menghambat pertumbuhan juga membuat anak mudah tantrum dan agresif.





“Ada banyak riset yang menyebutkan bahwa waktu sekolah yang terlalu awal berisiko lebih besar mengganggu kesehatan mental anak yang sekolah,” tegasnya.

Selain itu jam masuk sekolah di Indonesia pukul 06.30 sudah termasuk paling pagi dibandingkan negara lain. Hal ini membuat Indonesia kerap mendapat kritikan dari negara lain.

DPRD bakal segera memanggil Pemda NTT dalam waktu dekat untuk membicarakan hal ini.


Menurut agan lebih enak masuk pagi apa siang nih?

Sumber berita: KLIK
0
1.3K
9
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
922.1KThread80.5KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.