anggietisla
TS
anggietisla
WOW, Penampakan Gunung Bawah Laut Baru di Pacitan
Gan, Baru- baru ini peneliti menemukan Gunung bawah laut  di perairan selatan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Keberadaan gunung bawah laut Pacitan pertama kali ditemukan dan ditangkap Tim survei dari Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai (PKLP) Badan Informasi Geospasial (BIG). 







Berikut Fakta- fakta gunung bawah laut di Pacitan.


BIG mengatakan gunung ini berada di dasar laut dengan kedalaman sekitar 6.000 meter. Lokasinya terletak di perairan sekitar 260 km di selatan Kabupaten Pacitan. 

Tepatnya berada di perairan selatan Pacitan yang berbatasan antara Jawa Tengah dengan Jawa Timur.

Koordinator Pemetaan Kelautan BIG Fajar Triady Mugiarto mengatakan Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.200 meter, dengan puncak gunung berada pada kedalaman sekitar 3.800 meter.

Penemuan itu, lanjut Fajar bermula dari kegiatan Survei yang dilakukan oleh BIG bersama dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) pada September-November 2022 lalu.





“Kami tahun lalu melakukan survey soal Landas Kontinen Ekstensi di wilayah Selatan Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Gunung bawah laut itu baru ditemukan ini berada sekitar 260 kilometer di selatan Kabupaten Pacitan” kata Fajar dalam keterangan tertulis, seperti dilansir Satu viral, Rabu (15/2/2023).

Kegiatan survei ini dilakukan untuk mendapatkan data batimetri atau topografi bawah laut. Selain itu hasilnya akan digunakan sebagai data utama penghitungan klaim luas landas kontinen ekstensi di luar mil laut.

Fajar menjelaskan gunung tersebut terbentuk akibat benturan lempeng Samudera Hindia-Australia. Sebab posisi Gunung bawah laut Pacitan itu terletak di tempat lempeng Indo-Australia bertabrakan.

“Lempeng Indo-Australia menyusup ke bawah Eurasia di Pulau Jawa. Akibat dorongan tersebut, beberapa bagian naik dengan cepat membentuk pegunungan,” bebernya.





Analisis itu diperoleh setelah dilakukan survei dan pemetaan oleh BIG. Proses pembentukan gunung juga memakan waktu lama.

Gunung bawah laut Pacitan ini ternyata tidak ada dalam database Gunung Api
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM.

Menurut Agan ini gunung berapi apa gunung biasa ya?

Sumber berita KLik

jangan lupa cendolnya gan biar ane rajin posting.
0
1.3K
4
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
922.1KThread80.5KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.