Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Yakin Micin Bisa Bikin Bodoh? Ini Dia Bahaya Konsumsi Micin Lebih dari Batas Normal

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Yakin Micin Bisa Bikin Bodoh? Ini Dia Bahaya Konsumsi Micin Lebih dari Batas Normal
Yakin Micin Bisa Bikin Bodoh? Ini Dia Bahaya Konsumsi Micin Lebih dari Batas Normal
Dibalik kepercayaan micin bisa bikin bodoh, ini dia bahaya konsumsi micin yang perlu diketahui


Micin atau Monosodium Glutamat (MSG) merupakan penyedap rasa yang sering digunakan sebagai bumbu olahan makanan agar lebih terasa gurih dan pas.

Meskipun di negara kita Indonesia kaya akan rempah-rempah yang dapat dijadikan sebagai bumbu dapur, penyedap rasa diketahui masih sering digunakan oleh masyarakat dalam memasak sehari-hari entah apapun itu olahan dan menu makanan yang dimasak.

Dibalik familiar nya micin yang digunakan sebagai bumbu dapur, tentu Agan dan Sista tahu tentang isu yang beredar di tengah masyarakat yang mengatakan bahwa micin dapat membuat bodoh. Dari adanya kepercayaan yang beredar tersebut tidak sedikit orang yang akhirnya berhenti menggunakan micin karena takut dengan resikonya.

Apakah benar micin dapat membuat seseorang menjadi bodoh?
Berikut ini sekilas faktanya.


Yakin Micin Bisa Bikin Bodoh? Ini Dia Bahaya Konsumsi Micin Lebih dari Batas Normal


Sebelum membahas tentang mitos atau fakta micin dapat membuat bodoh, tentu Agan Sista harus tahu lebih dahulu dari mana asalnya micin atau Monosodium Glutamat.

Menurut beberapa artikel yang TS baca, asal usul micin sendiri berasal dari bakteri pemakan karbohidrat GanSis. Bakteri khusus ini memakan karbohidrat dari tebu, ampas sayuran, tulang hewan, atau bahkan juga kentang. Bakteri tersebut kemudian akan menghasilkan glutamat yang dapat diekstrak menjadi monosodium glutamat alias micin atau penyedap rasa.

Saat ini micin dibuat dengan menggunakan bahan-bahan nabati seperti singkong, jagung, batang tebu, dan bit gula yang difermentasi. Itulah sebabnya micin atau MSG aman untuk dikonsumsi dan tidak menjadikan seseorang menjadi bodoh sebagaimana isu atau mitos yang dipercaya oleh banyak orang, selagi memang dikonsumsi sesuai aturan dan tidak berlebih-lebihan.


Konten Sensitif
Yakin Micin Bisa Bikin Bodoh? Ini Dia Bahaya Konsumsi Micin Lebih dari Batas Normal


Membahas batas normal dan aturan mengkonsumsi micin, dari artikel yang dibagikan di website Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dijelaskan bahwa batas normal konsumsi micin harian yaitu 0,5 sampai dengan 1,7 gram. Lebih dari itu maka akan menimbulkan bahaya dan sangat beresiko.

Adapun bahaya dari mengkonsumsi diluar batas normal 1,7 gram perhari maka dapat menyebabkan pusing, nyeri dada, mual, jantung berdebar, mudah lelah, dan juga kesemutan.

Bukan hanya itu, bahaya yang lebih besar saat Agan Sista mengkonsumsi micin lebih dari 3 gram sehari akan mengakibatkan hipertensi, kerusakan sel saraf, alzheimer, obesitas, dan kerusakan ginjal. Itulah sebabnya GanSis harus benar-benar memperhatikan seberapa banyak kalian mengkonsumsi garam dalam sehari.


Yakin Micin Bisa Bikin Bodoh? Ini Dia Bahaya Konsumsi Micin Lebih dari Batas Normal


Melihat adanya bahaya serius yang mengancam keselamatan saat mengkonsumsi micin berlebihan setiap hari, tentu TS pribadi menyarankan kepada Agan Sista semua untuk lebih mengkontrol penggunaan micin sebagai bumbu penyedap rasa masakan.

Jika resiko buruk telah diketahui sebab-sebabnya, maka akan lebih baik untuk dihindari agar aman dan selamat.

Meskipun sejauh ini tidak ada penelitian ilmiah yang menjelaskan bahwa mengkonsumsi micin dapat membuat bodoh, tetapi penjelasan terkait bahaya mengkonsumsi micin dalam jumlah diluar batas sudah ada dan bisa dibuktikan kebenarannya.


Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
zerauwAvatar border
hallowwolf94Avatar border
dasiemsidasAvatar border
dasiemsidas dan 17 lainnya memberi reputasi
18
5K
185
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.