Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bang.toyipAvatar border
TS
bang.toyip
Elementary OS 7 - 'Mac'-nya Linux Semakin Aduhai!
Elementary OS 7 - 'Mac'-nya Linux Semakin Aduhai!

ElementaryOS 7.0 baru saja dirilis, dengan nama 'Horus', setelah setahun lebih dari rilis terakhir, 6.1 yang diberi nama 'Jolnir'. Horus hadir dengan membawa fitur-fitur baru, memperluas kompatibilitas perangkat keras, dan tentunya peningkatan di sisi performa. Saat ini Horus sudah dapat di download dari laman resmi Elementary, dan tentunya apabila memungkinkan, silakan lakukan donasi untuk mendukung tim pengembang yang telah bekerja keras untuk rilis tersebut.

AppCenter Sebagai Inti dari Elementary

Seperti biasa, AppCenter adalah salah satu inti dari sebuah sistem operasi. Tujuan utama sistem operasi apa pun adalah untuk mendukung aplikasi yang digunakan untuk bekerja, bermain, dan mengekspresikan diri secara kreatif. Pada AppCenter versi terbaru, ElementaryOS berupaya membuat deskripsi aplikasi lebih menarik dengan lebih banyak informasi, mempermudah pembaruan ke versi aplikasi terbaru, dan meningkatkan dukungan untuk sideloading dan alt store (aplikasi yang didapat dari sumber lain). AppCenter juga bekerja dengan lebih responsif—memastikan pengguna dapat menggunakannya dengan nyaman saat menjelajah pada layar kecil serta penggunaan ruang yang lebih baik pada layar besar.

Tim pengembang telah sepenuhnya menulis ulang cara kerja navigasi di AppCenter dan sekarang mendukung gerakan swipe dua jari untuk menavigasi ke belakang. Seluruh aplikasi memuat lebih cepat dan memberikan lebih banyak umpan balik saat menjalankan tugas latar belakang melalui overlay bar yang terletak di sudut bawah.

Elementary OS 7 - 'Mac'-nya Linux Semakin Aduhai!

AppCenter pada Elementary OS 7.0


Perubahan terbesar yang terlihat saat melihat halaman info aplikasi adalah peningkatan penekanan pada tangkapan layar. 'Screenshot carousel' kini memenuhi lebar jendela, menampilkan lebih banyak tangkapan layar sekaligus. Mereka sekarang juga dapat disertai dengan caption mereka sendiri, yang dapat membantu menjelaskan fitur individu serta membuat halaman lebih mudah diakses oleh orang-orang dengan disabilitas/masalah penglihatan. Setiap tangkapan layar sekarang berada pada 'card' yang menggunakan warna aksen aplikasi, yang lebih berkesan 'personal' kepada masing-masing pengembang (aplikasi tersebut).

Mengetahui seberapa aktif aplikasi dikembangkan dan seberapa terlibat pengembang dengan komunitas mereka merupakan faktor penting dalam memutuskan aplikasi mana yang akan diinstal. AppCenter sekarang membantu pengguna mengetahui apa yang diharapkan dengan menampilkan ikon saat aplikasi menggunakan platform lama yang tidak didukung serta menampilkan hingga 5 rilis terbaru dan catatan rilisnya, bukan hanya rilis terbaru. AppCenter juga menampilkan tautan ke tiket yang diselesaikan di pelacak masalah aplikasi per rilis, sehingga pengguna dapat memverifikasi bahwa pengembang aplikasi akan mempertimbangkan umpan balik Anda.

AppCenter sekarang juga dapat menginstal pembaruan sistem operasi secara offline, memastikan bahwa layanan penting di-restart dengan benar dan menghindari crash atau ketidakcocokan versi saat proses pembaruan berjalan. Paket diunduh dan disiapkan selama pengguna bekerja dan kemudian dipasang dengan cepat setiap kali pengguna memutuskan untuk memulai ulang, tanpa proses restart secara paksa atau otomatis.

Sideloading/ Penggunaan Paket Alternatif & WebApps

Menggunakan aplikasi dari pengembang lain dan sumber alternatif seperti Flathub adalah fitur utama OS dasar dan keunggulan kompetitif dibandingkan platform tertutup yang hanya memungkinkan Anda menginstal aplikasi dari toko yang terkunci. Dalam rilis ElementaryOS ini, pengembang telah melakukan beberapa peningkatan untuk memuluskan pengalaman menggunakan sumber alternatif berdasarkan umpan balik pengguna dan standar lintas platform terbaru. Tidak ada lagi dialog peringatan setiap kali pengguna memasang aplikasi yang disediakan oleh sumber alternatif, sebagai gantinya ditampilkan ikon yang tidak mencolok di samping peringatan konten aplikasi lainnya yang memberi tahu pengguna bahwa pihak pengembang Elementary belum meninjau aplikasi khusus ini.

Elementary OS 7 - 'Mac'-nya Linux Semakin Aduhai!

Dukungan WebApps dengan Gnome Web 43


Dalam rangka memberikan akses terhadap aplikasi yang pengguna butuhkan, Elementary telah dilengkapi dengan GNOME Web 43 terbaru yang menyertakan dukungan untuk membuat aplikasi web yang ditampilkan di menu aplikasi. Pada rilis terbaru ini telah dimungkinkan pengaturan sendiri termasuk kontrol privasi dan bahkan dapat berjalan di latar belakang. Aplikasi web yang diinstal dapat dikelola dari dalam Web GNOME.

Produktivitas & Multimedia

Aplikasi Mail sekarang menggunakan desain yang lebih modern dan mengadopsi desain yang lebih 'flat' dan membuatnya lebih responsif. Kotak masuk terpadu kini mendukung akun Microsoft 365, serta beberapa potensi crash dan freeze telah diselesaikan. Bagian 'Task' sekarang memiliki dukungan offline untuk daftar tugas yang baru dibuat dan memastikan untuk menyinkronkan daftar secara remote saat jaringan tersedia kembali, dan mengirimkan pemberitahuan saat tugas jatuh tempo. Pengaturan Akun Online kini juga mencakup dukungan offline untuk akun CalDAV dan kemampuan untuk memilih kecepatan refresh untuk akun IMAP.

Elementary OS 7 - 'Mac'-nya Linux Semakin Aduhai!

Desain Mail, email client bawaan dari Elementary


Salah satu fitur yang sudah lama diminta, kini pengguna dapat memilih untuk memilih folder dengan satu klik alih-alih mengaktifkannya dalam File, gaya Windows (satu klik untuk memilih, dua kali klik untuk eksekusi/masuk). Para pengembang juga memberikan perhatian ekstra pada perilaku pintasan keyboard, terutama terkait salin/tempel dan pintasan pemilihan di berbagai mode tampilan dan dengan jenis pemilihan file yang berbeda.

Pengaturan printer juga mendapat perhatian khusus dengan beberapa desain ulang serta fitur baru seperti dapat menghapus antrian cetak per printer dan tampilan level tinta yang jauh lebih jelas dibandingkan sebelumnya.

Pada sisi multimedia, seiring layanan streaming musik semakin populer, ada pergeseran dari paradigma lama mengimpor musik dari CD ke tren kebutuhan pengguna akan sinkronisasi playlist dari perangkat mereka (seperti ponsel) ke komputer. Para pengembang telah sepenuhnya menulis ulang Musik dari awal dengan desain yang jauh lebih terfokus. Pengguna dapat membuat antrian playlist dan memutar file audio individual dari berbagai sumber. Desain baru ini terlihat lebih baik bagi pengguna yang ingin memutar musik untuk tujuan preview bagi project yang lain, maupun pengguna yang secara seksama mengkoleksi dan mengkurasi audio ke dalam library pribadi mereka.

Elementary OS 7 - 'Mac'-nya Linux Semakin Aduhai!

Aplikasi pemutar musik & video baru


Music 7 yang baru sudah memiliki dukungan yang lebih baik untuk membaca metadata trek seperti cover-art, berfungsi seperti yang diharapkan dengan kontrol media di seluruh sistem, dan dapat diatur dan diubah ukurannya agar sesuai dengan tampilan pada layar berresolusi rendah atau tinggi.

System & Performance

Rilis terbaru Elementary ini menyediakan manajemen profil daya yang lebih lengkap, termasuk mode performa untuk perangkat keras yang mendukungnya. Harapkan masa pakai baterai yang jauh lebih baik untuk perangkat seluler dengan mode Penghemat Daya. Dan sekarang pengguna dapat melakukan scroll secara horizontal dan vertikal pada indikator daya untuk mengubah kecerahan layar.

Fitur canggih seperti kemampuan untuk mengatur perintah Terminal khusus untuk setiap hotcorner dan mendesain ulang pengaturan pintasan keyboard membuatnya lebih mudah untuk menonaktifkan pintasan atau mengembalikannya ke default, serta manajemen pintasan khusus yang jauh lebih baik. Pengguna sekarang juga dapat meluncurkan aplikasi Pintasan dari menu aplikasi dan telah ditambahkan opsi untuk membuka dan menutup tampilan Multitasking menggunakan tombol Super (Win).

Menjaga keamanan perangkat adalah salah satu hal yang sangat penting, itulah sebabnya pengembang telah menambahkan opsi baru untuk melarang perangkat USB baru terhubung saat perangkat pengguna terkunci, juga pengembang telah memperbarui pengaturan jaringan dan indikator jaringan untuk mendukung jaringan WPA3, dan sekarang telah ditambahkan dukungan untuk pembaruan firmware secara offline.

Pembuatan aplikasi modern yang baik membutuhkan perangkat modern pula. Gtk 4 menghadirkan banyak peningkatan kinerja dan rendering serta fitur yang mempermudah pembuatan aplikasi responsif dan animasi. Beberapa aplikasi dan komponen desktop telah di-porting ke Gtk 4 seperti Calculator, Sideload, Shortcuts, Music, dan Onboarding, selanjutnya beberapa port Gtk 4 lainnya akan tersedia selama siklus hidup OS 7 (Horus).

Elementary OS 7 - 'Mac'-nya Linux Semakin Aduhai!

Detail kecil yang indah


Akhir Kata


Elementary OS 7.0 hadir dengan banyak 'penyempurnaan' di berbagai hal kecil. Walaupun kecil, namun terkadang dari detail-detail tersebut lah kenyamanan didapatkan oleh pengguna, dan pada kenyataannya tidak semua pengembang (distro Linux) memperhatikan hal tersebut. Sebagai OS yang mengimitasi antarmuka MacOS, Elementary sejauh ini sukses membawa 'spirit' dari MacOS ke dunia Linux, dan memanjakan pengguna dengan visual dan detail yang indah dan nyaman digunakan dalam bekerja. Elementary merupakan salah satu distro Linux yang berhasil dalam menghapuskan 'kekakuan' dan kesan 'susah digunakan' atau tidak nyaman dari penggunanya, terlebih pengguna yang sebelumnya berasal dari ekosistem Apple.

Bagaimana, apakah juragan/sista tertarik untuk mencobanya? Ataukah sudah mengupdate ke vesri 7.0 terbaru ini?
Bagi yang tertarik mencoba, yuk download disini ya.

Sumber (blog bang toyip)
amekachiAvatar border
Imamu.muhaisseuAvatar border
Imamu.muhaisseu dan amekachi memberi reputasi
2
3.1K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Linux dan OS Selain Microsoft & Mac
Linux dan OS Selain Microsoft & MacKASKUS Official
4.4KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.