anggietisla
TS
anggietisla
Intip Indahnya 'Piramida' di Indonesia






Tahukah kamu ada gunung di Indonesia yang menyerupai piramida? Gunung ini berlokasi di Cianjur, Jawa Barat. Namanya Gunung Padang. Para peniliti mengatakan Gunung Padang merupakan situs berbentuk piramida tertua di dunia. Hipotesis ini didasarkan pada hasil penelitian dan studi arkeologi.

Situs megalitik Gunung Padangmerupakan salah satu situs purbakala di Jawa Barat yang terletak di kecamatan Campaka, Cianjur. Situs tersebut memiliki luas 291.800 meter persegi dan terletak di desa Gunung Padang, desa Karyamukti, kabupaten Kampar.

Lokasinya berjarak sekitar 32 kilometer dari kota Cianjur. Jika Anda berkendara sendiri, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam berkendara dari Kota Cianjur.










Sejak penemuannya pada tahun 1924, para ilmuwan berbondong-bondong untuk mempelajarinya. Tahun 2012, tim peneliti independen melakukan penelitian arkeologi yang komprehensif dari Gunung Padang.

Ketua tim Ali Akbar menjelaskan, ekskavasi dilakukan untuk membuktikan usia situs dan mencari jejak arkeologi situs tersebut. Menurut hasil penelitian diketahui bahwa situs tersebut dibangun pada tahun 5200 Sebelum Masehi (SM).

Artinya, Gunung Padangmerupakan struktur piramida yang lebih tua dari piramida Mesir.
Bahkan Bukit Padang disebut-sebut sebagai situs megalitik terbesar di Asia Tenggara.

Temuan lain menemukan bahwa Gunung Padang memiliki rangkaian struktur kuno berlapis menyerupai piramida. Fondasi ini ditafsirkan berusia sekitar 10.000 tahun. Struktur mirip piramida  itu dikatakan lebih besar dari piramida Giza di Mesir, kata para peneliti.





Gunung Padang dikatakan sebagai tempat upacara keagamaan

Danny Hilman Natawidjaja, seorang ahli geofisika di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), percaya struktur kuno dan luasnya mungkin telah digunakan untuk kegiatan keagamaan.

Setiap teras memiliki batu-batu besar yang panjang dan digunakan untuk upacara yang berbeda. Upacara akan dipusatkan di teras atas.





“Bangunan terluar adalah tempat diadakannya upacara-upacara keagamaan. Tapi bangunan tertua berasal dari tahun 5200 SM dan kita tidak tahu apakah itu juga digunakan untuk upacara.

Ada yang udah pernah ke sana gan? Sumber Berita KLik


Minta Cendolnya Gan, biar ane rajin posting disini.
iqbalsrynsh438fangazettehusnamutia
husnamutia dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.8K
18
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Travellers
Travellers
Travellers
icon
23KThread9.9KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.