synthesis13Avatar border
TS
synthesis13
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi SDS Eka Tjipta Gaharu

Lingkup Pendidikan Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai
1. Meningkatkan kemampuan siswa melafalkan kosa kata pada materi Name of Fruits dengan repetition drill
2. Meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami arti kalimat sederhana mengenai materi Fruits Taste menggunakan media index card match
3. Meningkatkan kemampuan siswa untuk membuat kalimat Yes/No Question about Fruits menggunakan talking stick games
4. Meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan kalimat sederhana menggunakan bentuk singular/plural buah – buahan

Penulis Gilang Kissa Perdana Wibowo, S.Pd

Tanggal 12 Oktober 2022
26 Oktober 2022
9 November 2022
23 November 2022

Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah
12 Oktober 2022
1. Rendahnya kemampuan siswa melafalkan kosa kata nama buah
2. Peserta didik kurang dilibatkan untuk belajar bersama kelompok
3. Sebagian besar motivasi belajar peserta didik masih sangat kurang
4. Peserta didik lebih banyak mendengar penjelasan dari guru

26 Oktober 2022
1. Siswa kurang memahami arti kalimat sederhana mengenai materi Fruits Taste
2. Sebagian besar peserta didik masih sangat kurang baik dalam memahami kalimat.
3. Penggunaan media oleh pendidik dalam mengajar terasa masih kurang
4. Pembelajaran belum berpusat pada siswa.

9 November 2022
1. Siswa belum mampu membuat Yes/No Question about Fruits
2. Sebagian besar peserta didik belum memahami konsep kalimat tanya
3. Peserta didik kurang praktik bertanya tentang materi

23 November 2022
1. Siswa masih membuat kesalahan penulisan singular/plural dalam kalimat sederhana mengenai Fruits
2. Sebagian besar peserta belum bisa membedakan singular/plural
3. Peserta didik belum bisa membuat kalimat menggunakan singular/plural

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan
Agar bisa dijadikan sumber inspirasi untuk guru-guru lain dalam menerapkan pembelajaan inovatif beserta penggunaan media dan metode yang lebih berpusat pada siswa.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Membantu peserta didik saat menemui kesulitan dalam berdiskusi maupun saat mereka membacakan/menuliskan jawaban di depan kelas serta menyusun LKPD supaya peserta didik paham dalam menentukan solusi atas masalah
Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
1. Tantangan terbesar yang saya hadapi saat pelaksanaan praktik adalah menumbuhkan keaktifan, rasa keinggintahuan peserta didik dalam bertanya mengenai materi
2. Memunculkan rasa percaya diri mereka dalam menyampaikan hasil belajar sehingga hasil belajarnya bisa meningkat.
3. Karakteristik siswa yang bervariasi sehingga guru harus lebih memahami siswa secara individu

Siapa saja yang terlibat?
Yang terlibat dalam proses ini adalah guru dan siswa

Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut
1. Menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung praktik pembelajaran seperti menyiapkan proyektor
2. Memberikan motivasi kepada siswa dan menarik minat siswa dalam belajar
3. Berkomunikasi kepada seluruh siswa secara bergantian agar mereka semua aktif mengikuti pelajaran serta paham dengan materi dan hasil belajarpun bisa meningkat.

Strategi apa yang digunakan
Saya menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning yang pada prosesnya lebih berpusat pada siswa.

Bagaimana prosesnya
1. Guru mengajukan pertanyaan mendasar yang mengarahkan siswa pada masalah.
2. Membuat siswa belajar dalam grup
3. Guru memonitor diskusi siswa
4. Menanyakan apa kesulitan yang mereka hadapi
5. Siswa membacakan hasil di depan kelas
6. Guru dan siswa mengevaluasi hasil pembelajaran

Siapa saja yang terlibat
Yang terlibat dalam proses ini adalah guru dan siswa

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
PPT, Video, Proyektor, Flashcard, Stik kayu, Index Card
Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut


Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?
Dampak dari pembelajaran yang telah dilaksanakan selama 4 pertemuan, adalah siswa mulai tampak bersemangat mengikuti pembelajaran karena guru tidak hanya berceramah. Siswa terlihat aktif dalam pembelajaran setelah digunakan media serta games yang sesuai materi.

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Efektif, siswa menjadi lebih tertarik dalam pembelajaran

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?
Adapun respon orang lain terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan adalah menanggapi positif dan berharap pembelajaran selanjutnya guru dapat lebih kreatif dalam membangun keaktifan siswa menggunakan media dan metode pembelajaran yang menarik.

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?
Persiapan perangkat pembelajaran yang matang, pemilihan media dan metode pembelajaran sesuai materi

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?
Guru semakin terlatih untuk memilih model pembelajaran yang tepat. Yaitu pembelajaran inovatif yang lebih berpusat pada siswa
Diubah oleh synthesis13 08-12-2022 05:12
0
87
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.5KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.