Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lindungibaliAvatar border
TS
lindungibali
Polemik Kereta Cepat Jakarta Bandung Bikin Mati KA Argo Parahyangan
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) buka suara soal isu operasi KA Argo Parahyangan akan ditutup saat Kereta Cepat Jakarta-Bandung beroperasi tahun depan.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, merespons polemik yang berkembang di masyarakat setelah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan KA Argo Parahyangan akan disetop setelah Kereta Cepat Jakarta-Bandung beroperasi. Dia bilang sejauh ini rencana itu tengah dibahas.

"Sejauh ini masih pembahasan ya. Kan masih lama, masih bulan tujuh (operasi KCJB). Jadi, belum ada untuk mensetop dan sebagainya," ujar Arya saat dihubungi detikcom, Sabtu (3/12/2022).

Baca juga: Kereta Cepat JKT-BDG Selesai Juni 2023, KA Argo Parahyangan Jadi Saingan?

Arya menyebut di antara pertimbangan menyuntik mati KA Argo Parahyangan adalah harga tiket dan waktu tempuhnya. Dia bilang tiket KA Argo Parahyangan Eksekutif biasa dibanderol seharga Rp 150.000-170.000 dengan waktu tempuh tiga jam.

"Kemudian, apalagi kalau Luxury. Luxury itu Rp 400 ribu. Nah, itu akan 3 jam. Ini kereta cepat Rp 250 ribu 30 menit," kata Arya.

Sementara itu, tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) diperkirakan berada di angka Rp 125.000 untuk rute terdekat dan Rp 350.000 untuk rute paling jauh.

Hal lain yang dipertanyakan andai KA Argo Parahyangan disetop adalah stasiun terakhir dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung itu berbeda. Kereta Cepat Jakarta-Bandung tidak finis di Kota Bandung, tetapi di Padalarang.

Arya menyebut nantinya bakal ada feeder dari Padalarang atau angkutan yang terintegrasi khusus dengan kereta cepat. Nantinya, feeder mengangkut penumpang menuju ke Kota Bandung hingga total waktu tempuh Jakarta-Bandung jadi sekitar 1 jam. Karena itulah, menurutnya kereta cepat lebih praktis khususnya bagi orang-orang kelas menengah atas.

"Itu kan jadi pertimbangan-pertimbangan bagi penikmat kereta, apalagi kereta eksekutif itu Parahyangan dinikmati kan oleh kelas menengah atas," ujarnya.

"Jadi silahkan saja dipertimbangkan ya. Coba kita lihat mana lebih kita pilih. Yang Rp 150.000-170.000, 3 jam dengan yang Rp 250-300 ribu (sudah termasuk biaya feeder) tapi 1 jam. Coba bandingkan seperti itu. Bagi orang-orang kelas menengah atas," kata Arya.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung diperkirakan beroperasi mulai Juni 2023. Saat ini, pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung mendekati tahap akhir untuk jalur trek kereta sampai konstruksi sistem lainnya.

Baca artikel detikTravel, "Polemik Kereta Cepat Jakarta Bandung Bikin Mati KA Argo Parahyangan" selengkapnya https://travel.detik.com/travel-news...o-parahyangan.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/


Lucu sih kalau sampai kereta Argo yang profitable dan banyak dibutuhkan kelas pekerja malah disuntik mati demi operasional kereta cepat yang diperkirakan bakal boncos besar.

Logika bisnisnya ndak masuk. pantas pak Jonan Ndak pernah setuju sama kereta cepat ini.
muhamad.hanif.2Avatar border
aldonisticAvatar border
riyopwAvatar border
riyopw dan 7 lainnya memberi reputasi
6
1.1K
31
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.