timindo77Avatar border
TS
OWNER
timindo77
Tamsil Dan Kisah #02
3.Sang Rusa

Di Sebuah Hutan, Seekor rusa sedang berada di tepi sebuah kolam yang jernih airnya, Sambil meminum airnya ia bercermin di jenernihan air tersebut.

Ia memandangi sekujur tubuhnya, ia berfikir betapa bagusnya bentuk tubuhnya
dengan tanduknya yang bercabang indah, Namun ia menyayangkan kakinya yang kecil. Ia berfikir keberadaan kakinya yang kecil iini tidak serasi dengan bagian tubuhnya yang atletis dan tanduknya yang bercabang indah itu.

Timbul prasangka buruk dalam dirinya : "Allah tidak adil! Mengapa menciptakan tubuhku yang bagus, tandukku yang indah tetapi kakiku kecil seperti ini!"

Pada saat berfikir demikian, tiba-tiba datanglah seekor harimau lapar mendekatinya dan bersiap menerkamnya, Sang rusa kaget dan segera melarikan diri, Maka terjadilah kejar - kejaran di dalam hutan.

Dengan kakinya yang kecil, Sang rusa jaun meninggalkan harimau, Sambil berlari sang rusa berfikir "Untung kakiku ini kecil, bagaimana kalau kakiku besar? Tentu aku akan dengan mudah di kejar dan di lahap harimau itu"

Saat terjadinya kejar - kejaran tersebut rusa dan harimau itu memasuki hutan yang banyak sekali akar - akar pohon menjuntai dan berdaun lebat, Saat itu rusa melompat ke dedaunan rimbun, akan tetapi karena dedaunan tersebut sangatlah rimbun sehingga membuat tanduknya yang bercabang tersangkut dan sulit untuk keluar darinya, Sungguh celaka!
Akhirnya dengan senyum kemenangan sang harimau dengan mudahnya menerkamnya dan memangsanya

Sebuah episode yang tragis bagis sang rusa !!!

Sang rusa telah salah sangka. Kakinya yang kecil dan membuatnya tidak senang ternyata bermanfaat dan menyelamatkannya dari kejaran harimau,
Sedangkan tanduknya yang indah, yang dia bangga - banggakan Malah justru menjadi penyebab kecelakaannya.

Kaki rusa di tamsilkan (Ibaratkan) Amal - amal Soleh untuk bekal akhirat yang seolah - olah tampaknya kecil (tidak penting) untuk kehidupan setelah kematian, Padahal setelah manusia terbaring sendirian dalam kubur, amalan sholat sedekah shaum, dzikir, zakat, haji, jihad, menuntut ilmu, dan lain - lain yang ternyata
akan menemani dan menyelamatkan manusia
di kehidupan yang hakiki dan abadi.

Sementara tanduk rusa ibarat dunia dan perhiasannya yang hari ini begitu di banggakan, di usahakan dengan sekuat tenaga sampai melupakan hari pertemuan dengan Rabbnya ternyata malah mencelakakanya. Manusia terlena dan tertipu oleh dunia sehingga melupakan bekal dan usaha sesungguhnya menuju ke kampung akhirat.

Sehingga seluruh perhiasan dunia akan di tinggalkan di dunia saja

0
350
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mudzakkaroh
Mudzakkaroh
3Thread10Anggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.