gosyorentaAvatar border
TS
gosyorenta
KESALAHAN FATAL PEMBELI PRODUK APPLE INTER BEKAS
Produk apple itu kan lebih murah yang inter, banding yang garansinya dari ibox. Kalau beli bekas inter, bisa dapet lebih murah lagi. Di sini ga ada yang salah.

Kesalahan fatal orang ketika beli produk apple bekas adalah :
--> ga minta invoice pembelian / nota beli
invoice pembelian itu dikasih sama tokopedia berupa PDF, jadi bisa dikasih ke siapapun sesuai kemauan pembeli.
kalau shopee bisa minta screenshot pembeliannya, yang nyantumin asal tokonya, tanggal pembelian.

Kenapa ini penting?
Orang cari ipad pastinya yang masih garansi, garansi inter adalah yang termurah. jangan seneng dulu garansi panjang, tapi apa yakin bisa narik garansinya?


1. karena ini barang inter, kita seharusnya ga bisa klaim di ibox.
2. udah barang inter, kita ga punya nota beli yang kasih tau asal tokonya = DEAD
cek ane kotakin, bahwa buat narik garansi perlu receipt / bon beli aslinya, dimana itu hanya dimiliki oleh si pembelinya langsung alias distributor/toko tempat kita beli baru.
3. ga bisa asal pergi ke negara manapun buat klaim garansi, tapi wajib negara tempat ipad itu dibeli. Jadi kalau distributornya beli di SG, ya wajib di SG. kalau distrinya beli dari australia, ya bawa ke australia. Siapa yang tau asal negara belinya? ya hanya distributor.
Bisa klian cek lagi yang ane kotakin merah, in the country where you request service. bukan berarti kita bisa seenaknya request dimana, tapi request ini udah otomatis diregis ketika beli baru.

Rantai Barang : Distributor - Tangan pertama - Tangan kedua - Tangan Ketiga - dst tangan seribu - Tong Sampah.
Distributor = Penjual barang segel
Tangan pertama = orang yang beli baru dan dia pakai
Tangan kedua = orang yang beli bekas dari si pembeli baru
Tangan ketiga = orang yang beli bekas dari si pembeli bekas juga
dst

Toko-toko yang jual bekas tangan kedua/ketiga ini biasa yang jadi masalahnya, karena ada beberapa toko itu ga punya juga invoicenya/receiptnya, jadi mereka ga tau, barang itu barunya beli dari toko mana. Jadi suka sia-sia mereka kasih tau "garansi on, garansi panjang" karena garansinya susah buat diclaim dan mereka sendiri ga bisa bantu. Apalagi yang tangan ketiga, tutup mata ini barang dulunya beli baru dari mana

Kalau kita tanya ke toko penjual tangan kedua/ketiga tentang garansinya, pasti jawab akan dibantu karena jarang banget ada yang klaim garansinya jadi cuman untuk penenang pembeli aja. Tapi kalau betul kejadian barangnya berapa bulan kemudian ada masalah, toko ga bakal bisa bantu, alias kalian harus pergi ke singapur sendiri buat claim garansinya ke official apple store. Biaya OTW ke sana vs harga devicenya belum seimbang, bisa jadi harga devicenya lebih murah. Lagian seharusnya klaim garansi itu gratis, tapi ga gratis karena ada biaya perjalanan.

Itu menurut saya fatal banget. Jadi kalau beli bekas, inter apalagi ibox, wajib ada nota pembelian atau ga seminimalnya screenshot pembelian online si pembeli aslinya (tangan pertama) biar kalau ada masalah kita bisa minta bantuan ke toko distributor yang jual baru, untuk klaim garansi di negara asalnya. Semahal-mahalnya cuman ongkir domestik Pulang pergi dari alamat kita ke toko distributor.

Ini penting biar pembeli tangan kedua/ketiga dan seterusnya tau, jangan sampai kalau ada masalah dan mau klaim garansi kebingungan karena toko tempat kalian / pembeli itu beli ga tau asal barangnya, toko pembelian barunya darimana, sehingga berpotensi no respon/toko tempat belinya menghilang di telan segitiga bermuda lepas tangan ga mau tanggung jawab padahal diawal udah ngomong tenang bakal dibantuin. Akhirnya apa? Bingung kan.

Buat toko-toko yang menjual sebagai tangan kedua/ketiga juga jangan asal menjual dan cari untung doang, harus diperhatiin notanya itu biar nanti konsumen kalian mau klaim garansi, ga perlu rusuh di dalem toko, bak bik buk tanya sana situ ga paham tentang garansinya, yang akhirnya mempengaruhi reputasi toko. Reputasi toko itu penting demi kelangsungan bisnis kalian juga bukan... Mana mau juga kan kalian bayarin pembeli kalian ke Singapur buat klaim garansi doang.

Ini berlaku buat barang yang bergaransi ga resmi di Indonesia....
Diubah oleh gosyorenta 26-09-2022 14:38
0
925
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
TULIS AJA KASKUS
TULIS AJA KASKUS
946Thread398Anggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.