Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
91
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/632500078e64f62e2b261b53/21-hewan-dengan-perawakan-menyeramkan-yang-ternyata-tidak-berbahaya
Hanya karena hewan memiliki perawakan indah dan berukuran kecil belum tentu hewan tersebut aman bagi manusia. Berlaku juga sebaliknya, hewan yang berperawakan menyeramkan dan berukuran besar belum tentu berbahaya bagi manusia. Alam liar penuh dengan segala pengaturannya yang membuat ekosistem dapat berjalan dengan baik. Indahnya warna-warni yang ditampilkan oleh hewan-hewan kecil kadangkala menjad
Lapor Hansip
17-09-2022 06:00

21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

icon-verified-thread

21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Hanya karena hewan memiliki perawakan indah dan berukuran kecil belum tentu hewan tersebut aman bagi manusia. Berlaku juga sebaliknya, hewan yang berperawakan menyeramkan dan berukuran besar belum tentu berbahaya bagi manusia. Alam liar penuh dengan segala pengaturannya yang membuat ekosistem dapat berjalan dengan baik.

Indahnya warna-warni yang ditampilkan oleh hewan-hewan kecil kadangkala menjadi penanda bahwa hewan tersebut mengandung racun. Kemudian hewan-hewan dengan perawakan menyeramkan justru merupakan adaptasi morfologinya untuk menjauhinya dari predator.

Pada thread kali ini kita akan mengamati beberapa hewan menyeramkan yang ternyata tidak berbahaya sama sekali bagi manusia. Penasaran seperti apa hewan-hewan tersebut, yuk cermati thread berikut!

—oOo—

Quote:1. Humpback Anglerfish (Melanocetus johnsonii)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Walaupun memiliki wujud yang menyeramkan hewan ini sama sekali tidak berbahaya bagi manusia karena hanya ditemui di laut dalam dengan kedalaman minimal 2000 meter kebawah. Karena habitat yang terlalu ekstrim ini membuat hewan ini tak bisa bertemu dengan manusia. Manusia juga tak ada satupun yang dapat menyelam hingga kedalaman 2000 meter.


Quote:2. Sand tiger shark (Carcharias taurus)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Spesies hiu yang dikenal sebagai hiu macan pasir ini memiliki perawakan mengerikan karena ukurannya yang besar dan juga susunan gigi yang tajam. Namun hingga saat ini tak ada kasus kematian manusia yang disebabkan serangan dari hiu ini. Hal ini disebabkan ikan ini memiliki gerakan yang lambat dan tidak memiliki sifat agressif. Satu-satunya kasus gigitan oleh ikan hiu ini dilakukan untuk melindungi diri dari manusia. Jadi jika kita berpapasan di lautan ikan ini tak akan berani menyerang manusia kecuali jika manusia melakukannya duluan.


Quote:3. Frilled Shark (Chlamydoselachus anguineus)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Habitat ikan ini yang spesifik hanya terdapat di kedalaman 1570 m membuat binatang ini tak berbahaya bagi manusia. Perbedaan habitat yang begitu ekstrem membuatnya tak dapat bertemu dengan manusia. Satu-satunya kasus penyerangan manusia oleh ikan ini yaitu ketika manusia ingin membawanya keluar dari habitat aslinya. Efek dekompresi akibat perbedaan tekanan membuatnya langsung bersifat agresif untuk menyelamatkan diri.


Quote:4. Giant Isopod (Bathynomus giganteus)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Isopoda raksasa ini hanya dijumpai di dasar laut dengan kedalaman minimal 100 meter. Disamping ukurannya yang besar dan mengerikan. Binatang ini sama sekali tak berbahaya bagi manusia. Hal ini disebabkan hewan ini hanya berperan sebagai dekomposer bangkai ikan di dasar laut. Jadi hewan ini tak tertarik oleh organisme hidup. Jika isopoda yang kita temui di daerah pantai hanya berukuran kurang dari 1 cm, isopoda di dasar laut justru bisa mencapai panjang 36 cm.


Quote:5. Hercules beetle (Dynastes hercules)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Kumbang ini memiliki capit yang tajam untuk berkelahi dengan sesama pejantan lain. Namun kasus manusia tercapit oleh kumbang ini hampir tidak terdengar karena capitan dari kumbang ini hanya digunakan untuk melindungi diri. Selain memiliki capit yang tajam kumbang ini juga memiliki tubuh sangat keras yang mampu menahan beban 80x lebih berat daripada tubuhnya.


Quote:6. Camel spider (Galeodes arabs)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Laba-laba ini tidak berbahaya bagi manusia walaupun memiliki gigitan yang sakit. Hal ini disebabkan hewan ini tak memiliki kelenjar berbisa yang dapat merancuni manusia. Jadi satu-satunya mekanisme pertahanan dari serangga ini hanyalah gigitan tajamnya. Beruntungnya gigitan tajamnya tidak menimbulkan penyakit lanjutan setelahnya


Quote:7. Basking Shark (Cetorhinus maximus)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Sebagai salah satu spesies hiu terbesar kedua, basking shark justru merupakan hewan tak berbahaya. Ukuran rata-ratanya mampu mencapai 6-8 meter dengan berat rata-rata ketika dewasa mencapai 5200 kg. Disamping wujudnya yang mengerikan ternyata ikan hiu ini hanya memangsa plankton, krill dan ikan-ikan kecil. Jadi ikan ini sesekali membuka lebar mulutnya untuk menghisap organisme kecil tersebut. Lihatlah bagian rahangnya tidak ada gigi tajam sama sekali.


Quote:8. Manta ray (Manta alfredi)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Ikan pari laut tidak berbahaya sama sekali dibanding ikan pari air tawar karena ia tidak memiliki kelenjar berbisa. Ikan pari laut juga merupakan binatang santai dan senang bermain. Jadi ketika berhadapan dengan manusia biasanya binatang ini tidak terganggu dan bisa diajak bermain. Hal inilah yang mendasari penggambaran ikan pari pada film Finding Nemo sebagai ikan atraktif yang begitu ceria.


Quote:9. Sea pig(Scotoplanes globosa)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Bentuknya menyerupai polip ubur-ubur yang menyengat. Namun sebenarnya babi laut tidak berbahaya sama sekali bagi manusia karena keberadaannya yang hanya dapat dijumpai pada kedalaman 1000 meter. Binatang ini terkenal sebagai binatang pengasuh yang sering menjalin simbiosis komensalisme dengan bayi kepiting laut dalam Neolithodes diomedea. Karena mengandung racun holothurin, binatang ini tak dapat dikonsumsi manusia.

bayi kepiting laut dalam berlindung dibawah babi laut agar tidak termakan oleh predator


Quote:10. Milk snake (Lampropeltis triangulum)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Ular susu menyerupai corak tubuh ular berbisa sehingga keberadaannya ditakuti para predator. Ular ini melakukan adaptasi mimikri atau merubah warnanya menyerupai Coral Snake yang berbisa sangat mematikan di dunia. Binatang ini cocok sekali dijadikan hewan peliharaan karena sangat aman. Tapi hati-hati ketika agan menemuinya di alam liar bisa-bisa yang ditemukan malah bukan ular ini.


Quote:11. Gharial (Gavialis gangeticus)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Memiliki ukuran sebesar 3-6 meter membuat binatang ini sering disalah artikan sebagai buaya. Gharial tidak akan menyerang mangsa berukuran besar seperti manusia sebagai contoh, karena rahangnya yang kecil dan gigitannya yang lemah membuat binatang ini hanya mengkonsumsi ikan. Sayangnya populasi binatang ini makin terancam punah dan hanya spesifik ditemui di beberapa bagian perbatasan antara India dan Nepal.


Quote:12. Vulture(Gyps fulvus)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Sebagai salah satu burung berukuran besar yang cukup mengintimidasi burung ini tidak akan menyerang manusia sama sekali. Burung vulture rupanya hanya berperan sebagai detrivor yang memakan bangkai-bangkai hewan yang telah selesai dimangsa predator lainnya. Namun bila agan dalam posisi sekarat dan tak mendapat pertolongan sama sekali burung ini akan menunggu sampai agan mati baru mengkonsumsinya.


Quote:13. Wolfish (Anarhichas lupus)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Walaupun dinamakan ikan serigala, ikan ini tak memiliki perilaku agressif dan membahayakan bagaikan serigala. Ikan ini biasa hidup di dasar laut dan manusia tak perlu takut akan kehadiran ikan ini karena ia hanya mengkonsumsi ikan kecil dan udang-udangan. Perawakan yang menyeramkan ini justru membuatnya terhindar dari beberapa predator.


Quote:14. Marine hatchetfish (Argyropelecus gigas)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Tak perlu takut terhadap ikan ini walaupun wujudnya jelek dan buruk. Rupanya ikan ini hanya berukuran 12 cm dan ikan ini tidak bisa membahayakan siapapun. Selain itu ikan ini hanya dapat ditemui pada minimal kedalaman 182 meter membuat ikan ini tak tersentuh manusia.


Quote:15. Aye-aye (Daubentonia madagascariensis)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Disamping perawakannya yang menyeramkan bahkan disebut-sebut warga lokal Madagascar sebagai pembawa kematian, bintang ini tidak mengancam keselamatan manusia sama sekali. Binatang ini merupakan spesies endemik yang terdapat di Madagascar dan hanya aktif ketika malam hari untuk berburu buah-buahan.


Quote:16. Whip Scorpion (Mastigoproctus giganteus)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Kalajengking seperti ini mungkin sering agan jumpai dipekarangan. Wujudnya yang menakutkan membuat binatang ini kerapkali ditakuti dan langsung dibunuh begitu saja. Padahal whip scorpion tidak menggigit kita. Bila terancam, binatang ini hanya akan menyemprotkan zat berbau cuka yang membuat kita terganggu.


Quote:17. European yellow-tailed scorpion (Tetratrichobothrius flavicaudis)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Walaupun berwujud seperti kalajengking berbisa yang sungguh berbahaya, kalajengking ini tidak memiliki racun yang kuat seperti kalajengking pada umumnya. Sehingga jika kita disengat oleh kalajengking ini rasanya hanya seperti disengat lebah dan tidak menimbulkan rasa sakit luar biasa atau kematian.


Quote:18. Giant African millipede (Archispirostreptus gigas)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Kaki seribu berukuran jumbo ini justru tidak berbahaya sama sekali bagi manusia karena tidak berbisa ataupun beracun. Jumlah pasang kakinya ada 256 buah yang mana panjang maksimalnya bisa mencapai 38 cm. Binatang ini dapat menjadi hewan peliharaan karena aman dan cukup besar.


Quote:19. Goliath Birdeater (Theraphosa blondi)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Laba-laba besar pemakan burung ini memang sungguh mengerikan bila hanya melihat wujudnya saja. Ternyata laba-laba ini tidak berbahaya bagi manusia karena tidak memiliki racun yang cukup kuat. Rasa digigit laba-laba ini hanya seperti disengat tawon. Namun dalam kondisi normal laba-laba ini tak akan mengigit manusia dan merupakan binatang kalem yang dapat dijadikan peliharaan.


Quote:20. Whale Shark(Rhincodon typus)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Dibalik ukurannya yang besar dan panjang yaitu 5,5-10 meter dengan bobot rata-rata 19.000 kg. Paus ini tidak membahayakan manusia karena tidak menggigit sama sekali. Paus ini menghisap plankton dan krill sehingga rahangnya tidak berisikan gigi tajam. Binatang ini juga merupakan hewan ceria yang senang diajak main. Bila seorang penyelam bertemu dengan anak ikan ini maka si anak ikan akan mengikuti penyelam dan mencoba bermain dengannya.


Quote:21. Vampire bat (Desmodus rotundus)
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya

Kelelawar vampir memang mengigit dan menghisap darah namun hal tersebut tak perlu ditakuti manusia sebab kelelawar vampir hanya berani mendekati binatang ternak dan hewan-hewan lain. Tak ada kasus gigitan dari hewan ini ke manusia. Kalaupun gansis tergigit jangan khawatir karena gansis tak akan menjadi vampir.


—oOo—

Itu dia 21 hewan dengan wujud menyeramkan yang justru tidak berbahaya sama sekali bagi manusia. Setelah melihat daftar di atas ternyata ada beberapa hewan menyeramkan berukuran besar yang ternyata makanannya hanya makhluk mikroskopik semata. Pasti gansis bingung mengapa makhluk tersebut bisa berukuran sebesar itu padahal hanya memakan organisme yang tak terlihat oleh mata.

Jadi ukuran besar tersebut (selain karena genetika) disebabkan karena hewan tersebut langsung memakan dari produsen primer atau konsumen pertama sehingga transfer energi yang didapatkan oleh hewan tersebut jauh lebih efisien dibanding hewan karnivora.

Makin tinggi tingkatan trofik makin sedikit energi yang didapat. seperti ikan hiu karnivor sebagai top predator contohnya. ukurannya mau bagaimanapun tak dapat melebihi paus yang makanannya sangat melimpah dan tak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk makan.

Bagaimana menurut gansis? hewan nomor berapa yang paling gansis takuti namun sebenarnya tak berbahaya. Tulis di kolom komentar!


Sumber : Disini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
52.3K Anggota • 911.6K Threads
Halaman 1 dari 3
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 06:01
Klik emoticon untuk melihat thread terbaru dompet-jadi-peci


profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldo12 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 06:42
No. 3 kok jadi mengingatkan sesuatu ya...
emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldo12 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 06:49
Sereem juga yakk.. tapi lebih serem sambo deh.. emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iipafro dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 06:51
tetep aja sereeeem
emoticon-Takut emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
s.c.a. dan dompetjadipeci memberi reputasi
2 0
2
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 06:53
No 7 cm makan plankton.. Tp klo kesedot pas dia buka mulut, metong jg emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldo12 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 06:54
Tetep aja seyem2 emoticon-Takut
Kecuali Manta Ray emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
s.c.a. dan dompetjadipeci memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 07:00
Just because those mofo is not dangerous, doesn't necessarily mean it can't kill you.
profile-picture
profile-picture
s.c.a. dan dompetjadipeci memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 07:06
Syukurlah mereka ternyata baik hati emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
s.c.a. dan dompetjadipeci memberi reputasi
2 0
2
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 07:06
Karena biasanya yg seram itu bahaya gan emoticon-Ngakak

Quote:
mampir ke HTane dulu gan emoticon-Ngacir,

Mengenal teknologi Brainwave (gelombang otak)

> https://kask.us/iKoJv

Ada attract love juga cocok utk yg masih jomblo emoticon-Big Grin

Berikut beberap contoh kegunaan brainwave, >> klik

profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 07:24
Ini berlaku juga pada manusia, ada yang tampangnya syerem tp penakut dan lekong melambai, dont judge a book by its cover
profile-picture
profile-picture
dompetjadipeci dan s.c.a. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 07:29
Manusia juga seram.
Bawa agama demi kepentingan individu
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 07:35
Kita yang awam dah pasti auto takut itu emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chakim dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 07:41
Tau darimana klo gak berbahaya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
grand.dell dan dompetjadipeci memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 07:54
Whip Scorpion di daerah ane disebut juga tonggeng emoticon-Hansip
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 08:11
ane suka banget thread thread penambah ilmu macem ini. semangat terus gan emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diki174 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 08:25
Hewan piaraan kaki seribu??? Serius gan, ane mah geli emoticon-Takut
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 08:49
Kl digigit ogah ah, pasti kerasa sakit jgemoticon-Leh Uga
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 09:05
Kalo didaarat ada hewan lucu tpi justru berbahaya,..
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 09:17
ngery juga yg vampir yah emoticon-Takut
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
21 Hewan dengan Perawakan Menyeramkan yang Ternyata Tidak Berbahaya
17-09-2022 09:57
setingan!
Diubah oleh monyetragil
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
0 1
-1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia