Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Yudi
  • Dari Canada,dan..Kini Aceh Cerita tentang Tsunami

masramidAvatar border
TS
OWNER
masramid
Dari Canada,dan..Kini Aceh Cerita tentang Tsunami
..

(Sebelumnya Dari Canada ke Medan dan Danau Toba)



[/Aceh menikmati Masakan

 Kami segera naik ke tempat tidur, lelah karena hari yang panjang.

Saya dan suami sangat berterima kasih kepada Eka dan Anief dan sopir mereka Rahmankarena telah membawa kami ke Danau Toba dan berjalan jalan di Medan.

Minggu 27 Oktober berjalan-jalan bawah terik matahari. Anak  gadis-mereka menunjukkan kepada kami masjid, sawah, ladang jagung, tebu, pepaya, dan sebagainya.

Eka membeli durian yang kami bagikan. Aromanya yang kuat bisa dirasakan hingga jarak 2 km.
 Saya sudah memakannya 37 tahun yang lalu tapi saya lupa rasanya , tetapi saya masih memakannya tiga porsi. 

Kami melihat kantor arsitek tempat Hanie bekerja, kantor gubernur, kantor pos juga disebut "Titik 0 Medan", kantor walikota, rumah gubernur, rumah walikota, mural yang dilukis di dinding rumah, rumah sakit Medan, Pecinan dengan kuil Buddha Vihara Setia Budi yang besar (kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara) dan Little India dengan kuil Sri Mariamman yang indah.

Kami akhirnya makan malam di restoran Koki Sunda.  Saya menyadari betapa beruntungnya saya dapat mewujudkan impian saya untuk kembali ke Indonesia bersama pasangan saya untuk bertemu dengan teman-teman Indonesia saya tercinta.

Saya harap saya bisa membalas budi suatu hari nanti.

 Di pagi hari, kami mengucapkan selamat tinggal kepada Amalia dan Hanie, pengurus rumah tangga dan kucing liar yang diberi makan Amalia setiap hari dan mereka telah berganti nama menjadi "kitty".

Eka dan Anief membawa kami ke restoran untuk sarapan khas Indonesia dengan nasi, daging, dan sayuran. Semuanya pedas tapi enak! Anief memanfaatkan kesempatan itu untuk memberikan dua cincin cantik kepada Claude. 

Eka telah menawari kami pijat tetapi saya malah menyarankan untuk mengunjungi tiga kuil Buddha yang terlihat sehari sebelumnya. Karena dia dan suaminya adalah Muslim, mereka menunggu kami di luar kuil. Kami mulai dengan candi terbesar, Vihara Setia Budi, dan kemudian mengunjungi dua lainnya. Yang paling tua menurut kami paling menarik karena terbagi menjadi beberapa bagian yang dekorasinya sangat berwarna-warni dan menarik. Apalagi candi ini ramai dikunjungi umat yang sedang beraksi.

Kami berempat kemudian pergi ke stasiun kereta. Kami minum kopi dan donat, menikmati saat-saat terakhir kami bersama. 

Perpisahan, memilukan dan menyentuh. Akankah kita bertemu lagi suatu hari nanti? 

Kami mengundang mereka untuk datang dan melihat kami di Kanada tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk tidak menunggu 37 tahun karena kami akan terlalu tua untuk itu.

Saya merasa seperti kehilangan teman saya lagi seperti ketika kami meninggalkan satu sama lain 37 tahun yang lalu di Medan.

Naik kereta api, perjalanan 30 menit menuju bandara Medan berlalu dengan cepat. Hidung kami terpaku ke jendela, penasaran untuk melihat pemandangan. Kami melihat banyak sawah tetapi juga kemiskinan dan tanah yang ternoda oleh sampah di dekat jalur kereta api. 

Setelah China, Hong Kong dan Singapura yang sangat terstruktur, kaya dan bersih, kontrasnya sangat mencolok di Medan.

Penerbangan kami Medan – Banda Aceh dengan Lion Air hanya berlangsung satu jam. Ketika kami tiba, dengan emosi kami menemukan Akhyar menunggu kami di pintu keluar penerbangan domestik. 

"Pemimpin kelompok" saya 37 tahun yang lalu sekarang berusia 63 tahun tetapi dia hampir tidak berubah! Di atas vannya, kami berbicara panjang lebar tentang kehidupan kami masing-masing dan para peserta Canada World Youth (CWY) lainnya.

Kami berhenti untuk minum kopi di restoran yang mengkhususkan diri di dalamnya. Taufan, salah satu peserta CWY yang tergabung dalam rombongan dari Alberta dan saya kenal pada tahun 1982, datang menemui kami di restoran. Betapa senangnya bertemu lagi setelah bertahun-tahun!

Akhyar kemudian mengantar kami ke rumahnya. Melewati pusat kota, dia menunjukkan kepada kami beberapa bangunan penting yang akan kami kunjungi selama kami tinggal di sini. 

Rumahnya terletak di tengah-tengah antara pusat kota dan pantai. Haman, istri Akhyar, tiba beberapa menit setelah kami. Dia melayani kami teh hitam dan pisang goreng sebagai sambutan.

Rumahnya besar dan interiornya terlihat seperti museum dengan dekorasi tradisional dan indahnya. Kamar lantai 2 kami dengan kamar mandi dan balkon sangat besar dan menawan . Kami diterima seperti raja!

Kami mandi air dingin yang baik dan menghabiskan sisa malam di kamar kami, pergi tentang waktu luang kami (menulis, membaca dan melaporkan di Youtube) sambil menggigit mangga dan pisang yang ditawarkan oleh tuan rumah kami.



Tempat dulu tsunami....[/
Kami menikmati sarapan tradisional Indonesia yang enak dengan Akhyar: nasi disajikan dalam daun pisang, labu matang, dan kopi hitam. Kami kemudian pergi untuk hari itu dengan Akhyar. Dia berangkat untuk menunjukkan kepada kita pemandangan Banda Aceh.

Kami mulai dengan pasar ikan di Fisherman's Wharf. Pemandangan pasar yang indah mengingatkan kita pada pasar ikan M'Bour di Senegal. Dermaga itu penuh sesak dengan para nelayan yang sibuk mendaratkan hasil tangkapan mereka hari itu. 


Aceh..

Tawar-menawar itu berjalan dengan baik. Beberapa ikan benar-benar membuat saya terkesan dengan ukurannya dan yang lain dengan warnanya yang indah.

Akhyar kemudian membawa kami ke perahu yang mendarat di atap sebuah rumah saat tsunami 2004. Perahu dibiarkan di tempat menyaksikan kekuatan gelombang destruktif dari ketinggian 32 meter. Kapal itu menyelamatkan 59 orang selama tragedi itu. 

Dari rumah, hanya dinding yang tersisa. Seorang wanita memberi kami sertifikat yang membuktikan kunjungan kami ke tempat kejadian. 

Yang lain memperkenalkan kami pada buku yang dia tulis menggambarkan peristiwa itu. Kedua korban selamat dari tsunami yang mematikan (300.000 orang meninggal di kuburan massal besar di Banda Aceh), mereka menceritakan kisah memilukan mereka di mana anggota keluarga mereka tewas.

Teman saya Akhyar kehilangan salah satu putranya (18), kedua orang tua dan enam kerabat (9 total). Dia berada di Medan saat tragedi itu. Istrinya, yang berada di rumah, berlari bersama dua putranya ke atap gedung terdekat segera setelah gempa.

 Mereka melihat ombak turun dari jalan, merobek segala sesuatu yang dilaluinya. Air, puing-puing dan pohon pisang tumbang mengalir ke rumah mereka, meninggalkan sekitar satu meter puing-puing dan lumpur di lantai pertama. 

Mereka harus menunggu bantuan sebelum mereka bisa meninggalkan atap tempat mereka memanjat. Rumah mereka tahan karena pintu dan jendela yang terbuka karena Hanum baru saja dibersihkan dan dia membiarkannya terbuka untuk ventilasi rumah.

Sepulangnya dari Medan, tiga hari setelah tsunami dan masih tanpa kabar dari kerabatnya, Akhyar akhirnya bisa pulang ke rumahnya. 

Dari bandara, dia naik ojek (tujuh kali lipat dari harga biasanya karena kelangkaan bensin) dan dia harus melangkahi mayat dan berton-ton sampah di 350 meter terakhir yang memisahkannya dari rumahnya yang masih berdiri. 

Seseorang datang kepadanya untuk memberi tahu dia bahwa istrinya masih hidup tetapi salah satu dari lima putranya hilang. Dua hari kemudian, masih dalam kesedihan yang tak terlukiskan, dia mengetahui bahwa orang tua dan enam kerabatnya telah meninggal. 

Dia, istrinya, dan empat putra mereka yang masih hidup menghabiskan beberapa hari di tempat penampungan. Akhyar kemudian mengirim mereka ke Medan di mana mereka disambut di sebuah restoran yang didirikan untuk menerima pengungsi.

Ketika keluarganya kembali ke Banda Aceh, mereka tinggal di lantai 2 rumah mereka selama enam bulan, hancur oleh bencana dan masih shock,

Setelah itu, mereka membutuhkan waktu dua tahun untuk membersihkan semua yang bisa diselamatkan. Hari ini, rumah itu indah dan penuh dengan benda-benda dekoratif. Hanya pintu-pintu kotor yang menyimpan jejak tragedi itu dan tanda di dinding dapur yang menunjukkan ketinggian air naik: 160 cm dari tanah. 

Tanggal naas 26 Desember 2006 tertulis tepat di sebelahnya.
Akhyar menerima $500 CAD sebagai kompensasi finansial dari sebuah LSM atas kehilangan harta bendanya.

 Kota, 40% hancur, menerima bantuan dari beberapa negara untuk membantu para korban: kamp darurat, obat-obatan, pakaian, makanan.

Rumah-rumah yang dibangun setelah tsunami dengan bantuan internasional semuanya identik. Beberapa warga kota menolak untuk mengubah lingkungan dan bersikeras membangun kembali rumah mereka di tempat yang sama seperti sebelumnya. 

Pembersihan besar-besaran kota dan tanah pertanian serta pembangunan rumah berlangsung selama tujuh tahun. 

Lima belas tahun setelah tragedi itu, kehidupan terus berjalan di Banda Aceh. Penduduknya masih belum pulih dari luka batin mereka, tetapi kami merasa bahwa mereka tangguh dan dijiwai oleh kekuatan untuk hidup.



.[center]
[center]Temanku 37 tahun lalu, waktu yang terlalu cepat

Kami melanjutkan kunjungan kami ke Museum Negeri Banda Aceh. Boneka binatang sumatera, pakaian dan barang kuno tradisional, dll. dipamerkan di gedung pertama.

Saya meninggalkan Banda Aceh...Padang ,Bukittinggi dan segala perniknya .


https://voyagesdemarieblog.com/2019/...monde-2019-20/[center

angelpesekAvatar border
angelpesek memberi reputasi
1
185
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Yudi
Yudi
19Thread6Anggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.