Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masit88Avatar border
TS
masit88
Mengenal Jenis Digital Marketing


Seiring laju pertumbuhan teknologi digital, para pemilik bisnis pun ikut memanfaatkan pemasaran digital menggunakan strategi digital marketing. Hal ini menggambarkan sebuah perubahan; baik cara pandang pemilik bisnis terhadap kondisi pasar maupun terhadap strategi pemasaran. Di mana, saat ini lebih mudah untuk memasarkan produk atau jasa dari sebuah bisnis (branding) kepada calon konsumen. Bahkan dengan biaya promosi yang jauh lebih murah tapi efektif dan efisien. Untuk itu mari ikuti pembahasan Mengenal Jenis Digital Marketing dari MAS-IT ini.


Strategi pemasaran digital atau digital marketing ini memang memberikan banyak kemudahan bagi pemilik bisnis untuk memperluas jangkauan pemasaran produk atau jasanya. Strategi ini dijalankan dengan memanfaatkan berbagai platform online yang terkoneksi dengan jaringan internet. Mulai dari pembuatan website, penggunaan media sosial, strategi iklan ads pada mesin pencari google, optimasi SEO website untuk unggul di mesin pencari google, pembuatan manajemen konten website, dan lain sebagainya.


Strategi digital marketing dengan memanfaatkan berbagai platform online ini dapat dengan mudah memasarkan sebuah produk atau jasa kepada calon konsumen di manapun berada dalam waktu yang singkat, tepat, dan efisien. Proses pemasaran ini sangat terukur karena disesuaikan dengan target audiens yang diinginkan. Atau dengan kata lain, pemasaran produk atau jasa dengan strategi digital marketing ini lebih efektif karena hanya menyasar calon konsumen yang sesuai dengan produk atau jasa yang dijual.


Selain itu, memudahkan untuk membangun komunikasi bisnis yang lebih tepat sasaran dengan calon konsumen. Kondisi ini menjadikan banyak pelaku usaha baru yang menjalani bisnis jasa digital marketing. Salah satunya Jasa Digital Marketingdari MAS-IT ini.


Mengenal Jenis Digital Marketing

Digital marketing adalah salah satu bidang usaha pemasaran digital yang profesional. Jasa digital marketing MAS-IT ini dihadirkan untuk membantu para pemilik pebisnis mengembangkan usahanya. Jasa digital marketing MAS-IT membantu para pemilik bisnis membuat, merumuskan serta mengelola seluruh rencana strategis pemasaran yang dilakukan secara digital.

Berikut beberapa jenis digital marketing yang MAS-IT tawarkan antara lain:
1. Pembuatan Website Bisnis

Pembuatan website bisnis/pict. freepik.com



Dalam menjalankan sebuah bisnis di era digital marketing seperti ini, memiliki website bisnis merupakan sebuah keharusan. Website bisnis memiliki peran sangat penting sebagai ujung tombak pemasaran produk atau jasa. Website adalah media promosi yang sangat efektif.


Pembuatan website bisnis ini tentu disesuaikan dengan permintaan dan bisnis yang dijalankan oleh pemilik website. Mulai dari hosting, domain, desain, menu, tampilan dan isinya. Semua informasi dari produk atau jasa yang ditawarkan dapat dimasukkan ke dalam website dan bisa diakses oleh calon konsumen dari mana saja.

Memiliki website bisnis juga dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap produk atau jasa (kredibilitas) yang ditawarkan oleh sebuah bisnis (brand). Website bisnis ini dapat memasarkan produk atau jasa dengan target pasar yang lebih luas jangkauannya.

Untuk pembuatan website bisnis berbasis wordpress, jasa digital marketing MAS-IT biasanya memberikan layanan dari pembuatan website hingga maintenance untuk mengantisipasi jika ada kendala yang dihadapi pemilik bisnis.

2. Optimasi SEO (Search Engine Optimization) Website

Optimasi SEO website?ilustrasi: mas-it



Sebuah website bisnis dibangun untuk memenuhi keinginan pemilik bisnis. Dan berfungsi sebagai media promosi yang efektif. Oleh karenanya, agar tujuan tersebut bisa dicapai, sebuah website bisnis mesti dioptimalisasi agar mudah ditemukan di mesin pencari. Cara yang paling efektif adalah dengan optimasi mesin pencari (SEO atau search engine optimization).



Saat ini hampir 90% lebih pengguna internet di Indonesia menggunakan mesin pencari google untuk menemukan apa yang dicarinya, maka website bisnis mesti dioptimasi ke search engine google. Optimasi website ini mesti dilakukan oleh orang benar-benar  ahli dalam menerapkan strategi SEO.

Seorang yang benar-benar ahli SEO akan mengoptimalisasi website sesuai dengan algoritma yang diinginkan oleh mesin pencari google. Optimalisasi ini bertujuan agar website bisnis mudah dirayapi (crawled) oleh google. Strategi ini dikenal dengan teknik SEO on page.

Selain itu, diperlukan strategi untuk meningkatkan nilai dari sebuah website bisnis. Website bisnis yang memiliki nilai yang tinggi menjadi alat ukur google untuk menempatkan peringkatnya di halaman mesin pencari google.

3. Pembuatan Email Bisnis
Sebuah bisnis atau perusahaan akan terlihat profesional kalau menggunakan email bisnis. Email bisnis ini biasanya menggunakan nama domain website. Biasanya jasa digital marketing MAS-IT mengerjakan sekalian pada saat pembuatan website.
Jumlah email bisnis yang bisa dibuat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

4. Manajemen Konten (Content Management)
Manajemen konten (content management) ini berkaitan dengan pengelompokan, pengkategorian, dan penstrukturan dalam sebuah bangunan website sehingga informasi terkait website bisnis dapat disimpan, dipublikasikan, dan dibaca oleh pengunjung website. Hal ini juga bertujuan untuk membangun kepercayaan calon konsumen. Untuk memperoleh kepercayaan calon konsumen terhadap produk atau jasa dari sebuah binis (brand), maka manajemen kontennya mesti dibuat dengan terstruktur, jelas dan menarik. Sehingga akan membentuk persepsi positip calon konsumen ketika mengunjungi website bisnis.

Oleh karenanya, semua konten yang ada di dalam webite, mesti dibuat dengan jelas, baik halaman, sub halaman, judul, sub judul, gambar, keterangan gambar, meta title, url, meta deskripsi, maupun kata kunci utama (focus keyword) yang dioptimasi. Setiap konten mesti menargetkan kata kunci utama (focus keyword) yang berbeda-beda.

Adapun tujuan dari manajemen konten (content management) ini adalah:
- Membangun kesadaran merek (brand awareness)
Menciptkan ketertarikan terhadap produk atau jasa (interest)
Menghadirkan rasa untuk memiliki (desire)
- Meningkatkan pembelian produk atau pengunaan jasa (conversion)

Tahap pengerjaan manajemen konten ini merupakan hal yang mesti diperhatikan secara serius. Calon konsumen harus terlebih dahulu dipengaruhi dengan brand awareness. Kalau brand awareness sudah terbangun, maka potensi desire hingga conversion akan tercapai dengan sendirinya.

5. Ggoogle Ads
Selain optimasi SEO website bisnis, ada juga strategi yang dapat dengan mudah memperkenalkan produk atau jasa dari sebuah bisnis (brand) kepada calon konsumen di mana pun berada. Strategi ini dikenal sebagai strategi iklan berbayar.
Ada banyak media yang bisa dipakai dalam dunia digital marketing, salah satunya adalah Google Ads. Google Ads merupakan iklan berbayar yang ditampilkan di beberapa platform, seperti penelusuran (search engine) google, display, dan YouTube, berdasarkan kata kunci (keyword) yang ditargetkan.

Google Ads merupakan salah satu pilihan yang banyak digunakan untuk melakukan promosi produk atau jasa. Dengan strategi Google Ads, produk atau jasa yang diiklankan akan muncul di laman awal mesin pencarian Google. Iklan jenis ini dikenal dengan istilah pay per click. Dengan tampil di awal laman, potensi traffic dan conversion pun semakin besar.

Berdasarkan tempat tayangnya, Google Ads dibagi menjadi beberapa macam, yakni:
Iklan Penelurusan
Produk atau jasa akan tayang di laman pencarian google setelah pengguna mengetikkan keyword yang relevan, misalnya keyword jasa digital marketing MAS-IT.
Iklan Display
Berbentuk teks dan gambar yang akan tayang di seluruh jaringan google. Produk atau jasa yang ditayangkan bisa menjangkau calon konsumen hingga ke berbagai penjuru dunia.
Iklan Video
Dalam format video di YouTube dengan durasi 1-3 detik. Tayang di awal video. Atau di samping kanan atas channel youtube.
Iklan Aplikasi
Iklan aplikasi ini akan ditampilkan di semua jaringan google.

6. Facebook Ads

Facebook ads/pict. freepik.com



Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang paling ramai digunakan penduduk dunia saat ini. Potensi ini sudah ramai dimanfaatkan oleh pemilik usaha/bisnis untuk memasarkan produk atau jasanya. Salah satu fitur andalan Facebook yang sangat familiardigunakan Facebook Ads.



Fitur berbayar ini disiapkan facebook secara khusus untuk para pemilik usaha bahkan bisa digunakan oleh setiap orang untuk promosi dan menjual produk atau jasanya.

Selain jangkauan konsumen yang luas, hadirnya fitur Facebook Adverts Manager menjadikan iklan di Facebook otomatis tayang di akun pengguna facebook (audience) yang tertarget berdasarkan kondisi demografinya (jenis kelamin, usia, lokasi, pekerjaan, pendidikan, minat, koneksi, kebiasaan, dan sebagainya).
Fitur ini memungkinkan untuk mengevaluasi kinerja iklan, misalnya berapa kali iklan ditampilkan, berapa banyak user yang mengklik, sampai data rinci mengenai cost per click/like/conversion.
Ada beberapa jenis Facebook Ads yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yaitu:
– Page Post Engagement
– Page Likes
– Click to Website (call to actionnya mengarah ke website bisnis)
– Website Conversion (checkout, leads, atau registration)
– Event Responses (buat event dengan target market spesifik)
– App Instal/Engagement (jual aplikasi buatan sendiri)

Jika masih mengalami kesulitan untuk mengelola facebook ads, bisa menggunakan jasa digital marketing MAS-IT.

7. Instagram Ads
Instagram Ads adalah sebuah platform iklan di media sosial yang memungkinkan untuk membuat iklan di feed Instagram dan Instagram stories. Instagram Ads sangat mudah untuk digunakan. Beriklan di Instagram Ads adalah salah satu hal yang harus dilakukan bila calon konsumen yang ditargetkan adalah pengguna Instagram.

Sejak diakuisisi oleh Facebook pada 2012 lalu, kedua platform  disatukan dengan Facebook Ads Manager. Sehingga, setiap tahapan dalam membuat iklan di Instagram hampir serupa dengan cara membuat iklan di Facebook. Namun, harus membuat halaman Facebook terlebih dahulu sebelum membuat Instagram Ads.

Cara buat Instagram Ads
Lalu bagaimana cara membuat Instagram Ads? Terlebih dahulu buat akun Instagram Bisnis agar proses pengelolaan iklan menjadi lebih mudah. Berikut langkah sederhananya:
– Buka Facebook Ads Manager
– Pilih pembuatan iklan t­erpandu
– Tentukan tujuan iklan
– Klik tujuan iklan
– Pilih jenis iklan
– Tulis nama iklan dan pilih tujuan trafik
– Tampilkan promo
– Tentukan target konsumen (pemirsa khusus, lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, penargetan terperinci, koneksi)
– Tentukan penempatan (pilih instagram)
– Pilih jadwal sesuai kebutuhan dan budget (satu minggu, dua minggu, satu bulan, atau enam bulan)
– Hubungkan dengan Akun Instagram
– Pilih format iklan (karosel, gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide, koleksi)
– Buat teks (deskripsi detail tentang iklan)
– Pilih gambar, Tulis judul, dan Masukkan link website bisnis
– Pembayaran

Demikianlah pembahasan Mengenal Jenis Digital Marketing yang ditawarkan oleh MAS-IT.
Semoga bermanfaat.

0
358
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.3KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.