masit88Avatar border
TS
masit88
Tips Optimasi SEO Sejak Website Dibuat




Saat ini, tujuan utama dari pembuatan website bisnis adalah agar menjadi unggul di mesin pencarian google. Dengan unggul di mesin pencari google, maka potensi traffic dan konversi semakin besar. Brand awareness pun bisa tercipta.
Untuk mencapai tujuan tersebut, sebuah website membutuhkan optimasi yang dikenal dengan search engine optimization (SEO). Dengan optimasi SEO, website bisa menempati peringkat teratas di mesin pencari google tanpa harus mengeluarkan biaya iklan.



Lalu bagaimana cara optimasi SEO website agar bisa menempati peringkat teratas? Berikut ada 5 tips optimasi SEO sejak website dibuat.


Merancang SEO sejak website dibuat


Karena SEO merupakan elemen penting dalam pemeringkatan website di mesinpencari google, maka sudah menjadi keharusan untuk menerapkan SEO ke dalam website yang dibuat. Dengan penerapan SEO, website menjadi mudah dioptimasi sehingga dapat deindex oleh mesin pencari google dan membantu calon konsumen menemukan website tersebut.
Optimasi SEO yang diterapkan pada website tidak hanya soal keyword saja, tetapi juga soal pengaturan cache, keamanan data pengunjung website, serta desain website yang responsif di berbagai device.


Siapkan Data
Sebelum website dibangun, secara teknis, perlu mempersiapkan semua data yang dibutuhkan untuk mendesain website; mulai dari logo usaha dan gambar yang dibutuhkan untuk website, serta ukuran dan type gambar yang direkomendasikan untuk digunakan pada website. Logo dan gambar yang dibutuhkan harus berkualitas baik.
Harus menghindari logo dan gambar yang berkualitas rendah dan tidak terlihat modern. Karena pengunjung website akan meninggalkan website yang gambarnya berkulitas buruk. Ini akan mengakibatkan bounce rate yang tinggi dan dapat berakibat pada peringkat website di mesin pencari.


Menggunakan Jasa Copywriter
Website yang dibuat harus SEO friendly di mana antara isi konten dan desain website saling melengkapi. Untuk itu, web designer dan copywriter mesti menentukan guidline brand sejak awal website dibuat. Ini bertujuan untuk menghindari deskripsi dan desain yang tidak sesuai dengan jenis usaha (branding)  yang dijalankan. Biasanya mereka menggunakan wireframes dari awal halaman pertama website.
Adapun peran penting copywriter dalam mendesain website sejak awal agar SEO friendly; diantaranya:
Menulis deskripsi yang bisa dibaca oleh pengunjung website dan mesin
pencari.
Menyatukan target keywords dalam deskripsi.
Membuat CTA yang bisa membuat pengunjung website bertindak.
Menulis di HTML, membuat link internal dari halaman website satu ke
halaman lain.
Membuat meta tag.
Mengoptimalkan URL untuk pencarian dan menulis alt tag untuk gambar di website.


Tips optimasi SEO sejak website dibuat | pixabay.com

SEO Pasca Pembuatan website
Setelah proses pembuatan website selesai, pengerjaan optimasi langsung segera dilakukan sehingga lebih cepat terindex oleh gogle.
Membuat daftar SEO yang bisa diterapkan pada setiap proyek desain website merupakan salah satu cara agar lebih paham hal-hal yang mesti dilakukan. Dan bisa menemukan cara yang lebih efisien untuk optimasi SEO website.
Pada prinsipnya, optimasi SEO pada website dterapkan dengan beberapa cara di antaranya; technical SEO, design SEO, SEO on-page dan SEO off-page serta support SEO berkelanjutan.



Technical SEO
Adapun technical SEO yang harus diperhatikan:
Hosting website dengan uptime 99%
Domain yang mudah dikenali
Sertifikat SSL
Firewall
Pengaturan cache (browser, objek, page, dll)
Backup otomatis
Terhubung dengan Google Analytics dan akun Google Search Console
Terhubung dengan tracking e-commerce
XML sitemap yang dikirimkan ke Google
Sitemap terpisah untuk gambar dan video
Menyiapkan robots.txt

Design SEO
Sementara design SEO menitikberatkan pada website yang responsif dan bisa dibuka di segala jenis device terutama mobile. Memiliki CTA yang jelas dan menarik di setiap halaman website.
Semua link, icon, tombol dan formulir sudah diuji dan dapat berfungsi dengan baik. Ini agar bisa membuat pengunjung merasa nyaman berada di website sampai melakukan konversi sebagai tujuan akhirnya.

SEO on page
Selain itu, optimasi SEO On-page juga menjadi sangat penting setelah technical SEO dan design SEo. Optimasi SEO on page biasanya dikerjakan oleh copywriter atau content writer.
Adapun hal yang mesti dikerjakan oleh copywriter atau conten writer; di antaranya::
Menyusun deskripsi dengan kepadatan focus keyword antara 1-3% dari total kata yang ada dalam descripsi.
Membuat meta title 50-60 karakter yang berisi focus keyword di dalamnya.
Membuat meta description 150-160 karakter yang mengandung focus keyword.
Memeriksa danmemastikan setiap konten tidak error.
Menyertakan internal link yang relevan di tiap halaman.
Menyiapkan gambar beserta alt tag gambar tiap halaman website.
Membuat header berisi focus keyword dengan 300 kata atau lebih.
Membuat kalimat tidak lebih dari dua baris dan paragraf tidak lebih dari lima baris.
Menganalisis konten website yang sama, serta mengecek plagiarisme konten.


SEO off page
Selanjutnya adalah mengerjakan SEO off page atau biasa disebut local SEO. Local SEO sangat membantu pengunjung yang mencari produk atau jasa dan mengunjungi perusahaan secara offline.
Website bisnis perlu memiliki Google My Business sebagai local SEO yang bisa memasukkan focus keyword, geo-specific keyword, produk atau jasa yang dijual, alamat website, lokasi perusahaan dan informasi kontak seperti telepon, email, dan lainnya.
Pengujian kecepatan website dan halaman website menjadi penting untuk dilakukan selama proses optimasi dijalankan. Selain itu harus melakukan monitoring terkait keamanan, blacklist Google, peringkat keyword.
Pengujian ini bisa dilakukan dengan menggunakan google analytics dan google console. Bisa juga dengan menggunakan tools seperti, semrush, ahrefs, moz dan lain sebagainya.



SEO untuk Traffic dan Konversi
Proses optimasi SEO sebuah website bisnis merupakan keharusan. Tanpa optimasi SEO, sebuah website akan sulit ditemukan di mesin pencari karena belum diindex oleh google. Untuk melakukan optimasi SEO sebuah website secara maksimal, dibutuhkan kerjasama antara web designer dan copywriter.


Adapun tugas web designer adalah mengerjakan tampilan UI/UX website yang menarik dan interaktif. Sementara itu seorang copywriter berkewajibanmembuat narasi yang mampu menarik pengunjung website melakukan konversi. Kerjasama ini menghasilkan optimasi SEO yang maksimal dan profesional. Ini akan berdampak pada traffic dan konversi sebagai tujuan dari dibuatnya website bisnis.


Demikian ulasan singkat dari MAS-IT terkait Tips Optimasi SEO Sejak Website Dibuat. Semoga bermanfaat.

0
227
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.1KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.