News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
44
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62fc623049772a4b3a65c49c/pemerintah-di-flores-awasi-kelompok-gerakan-kristen-yang-berasal-dari-china
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China Agustus 16, 2022 Para angora Gereja Tuhan yang Maha Kuasa (Almighty God) mengadakan sebuah reli untuk mengenang 30 tahun pembantaian di Lapangan Tiananmen di Capitol, Washington, AS pada 4 Juni 2019. (Foto: AFP) Pemerintah Kabupaten Manggarai di Provinsi Nusa Tenggara Timur menyatakan sedang mengawasi sebuah kelompok ger
Lapor Hansip
17-08-2022 10:36

Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China

Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
Agustus 16, 2022
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
Para angora Gereja Tuhan yang Maha Kuasa (Almighty God) mengadakan sebuah reli untuk mengenang 30 tahun pembantaian di Lapangan Tiananmen di Capitol, Washington, AS pada 4 Juni 2019. (Foto: AFP)

Pemerintah Kabupaten Manggarai di Provinsi Nusa Tenggara Timur menyatakan sedang mengawasi sebuah kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China dan terus berupaya menggaet orang-orang Katolik untuk bergabung dengannya.
Dalam sebuah pernyataan, Gondolpus B. Nggarang, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Manggarai, mengatakan saat ini mereka “melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap orang-orang yang diduga terpapar” gerakan yang disebut Gereja Tuhan yang Maha Kuasa (Church Almighty God, CAG) itu.
CAG, juga dikenal sebagai Eastern Lightning, diyakini memiliki sekitar 3-4 juta anggota di Tiongkok. Kelompok ini dilaporkan dibidik rezim Komunis karena sikap anti-pemerintahnya, sementara kelompok-kelompok Kristen arus utama melihatnya sebagai gerakan pemujaan yang radikal.
Nggarang menyatakan, di kabupaten Manggarai, kelompok ini dipimpin oleh seorang ibu bernama Maria Fatima Susur, dan gencar melakukan perekrutan anggota baru, termasuk anak-anak sekolah melalui media sosial.
“Sasaran mereka adalah ibu-ibu dan kaum perempuan lainnya, baik yang ada hubungan keluarga dengan mereka, maupun tetangga di sekitar tempat tinggal mereka,” katanya.
Ia mengatakan, mereka mengetahui keberadaan kelompok ini setelah pada Mei dilaporkan oleh Yohanes Latus, suami dari Susur karena isterinya itu “tidak lagi ke Gereja Katolik untuk mengikuti Misa.”
“Suaminya tidak setuju karena ajaran kelompok itu berbeda dengan keyakinannya sebagai orang Katolik. Anak-anak mereka sempat dipengaruhi oleh ibu mereka, tapi mereka tidak mau mengikutinya,” katanya.
Ia menjelaskan, karena Susur terus berupaya membujuk suami dan anak-anaknya untuk mengikuti kelompok itu, ia akhirnya diusir dari rumahnya.
Nggarang mengatakan, mereka telah mencaritahu lebih dalam tentang kelompok ini lewat salah satu anggota mereka, seorang siswi sebuah Sekolah Menengah Kejuruan di Ruteng, di mana mereka menemukan bahwa kelompok ini mengajarkan bahwa “Tuhan Yesus melakukan karya keselamatan untuk umat manusia, namun karya-Nya belum tuntas atau belum selesai.”
“Karena itu Tuhan datang lagi untuk kedua kalinya dan Tuhan datang melalui seorang perempuan yang berada di China dan merupakan pimpinan tertinggi dari kelompok ini,” jelasnya.
Perempuan di China itu merujuk pada Yang Xiangbin, yang disebut-sebut sebagai pimpinan Eastern Lightning, meski pemimpin sebenarnya adalah kekasihnya, Zhao Weishan, yang pertama kali mulai memproklamirkan keilahian Yang.
Nggarang mengatakan, kelompok ini meyakini bahwa “karya keselamatan di dunia ini menjadi sempurna karena Tuhan sendiri yang melakukan tugasnya melalui pimpinan ini dan ajarannya,” katanya.
“Kelompok ini meyakini bahwa perempuan merupakan manusia istimewa karena Tuhan datang melalui perempuan,” katanya.
Ia mengatakan, kelompok ini tidak memiliki tempat untuk ibadah, dan kebanyakan melakukan koordinasi lewat grup dalam aplikasi WhatsApp.
Selama tahun ini mereka sudah melakukan dua kali pertemuan tatap muka di kabupaten itu, salah satunya adalah di sebuah Gua Maria di Golo Curu, pinggiran kota Ruteng.
Ia mengatakan, dari grup WhatsApp yang mereka selidiki, anggota kelompok ini sekitar 700 orang di seluruh Indonesia, di mana terbanyak adalah di Kabupaten Manggarai dan tersebar di tiga kecamatan.
Dari grup WhatsApp itulah, kata Nggarang, para anggota mereka mendapat doa, peneguhan, dan doktrinasi ajan, juga sejumlah buku.
Ia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Manggarai telah menengagendakan pertemuan dengan para kepala sekolah SMP dan SMA/SMK untuk menyampaikan keberadaan kelompok ini.
“[Kami juga] menyampaikan himbaun kepada umat Kristen, melalui pastor paroki atau pendeta Protestan, dan meminta para camat untuk memantau pergerakan aliran atau kelompok ini,” katanya.
Didirikan pada tahun 1991, CAG dikenal karena menggunakan taktik perekrutan ilegal seperti penculikan untuk ekspansi.
Laporan media mengatakan Zhao dan Yang pindah ke AS pada tahun 2000 dan mengawasi operasi CAG dari New York City.
Pasangan itu telah menyatakan perang terbuka melawan Partai Komunis Tiongkok, melabelinya sebagai “naga merah.”
CAG telah dilarang di China karena sikap anti-pemerintahnya dan terdaftar di antara Xie Jiao [gerakan keagamaan yang dilarang] seperti kelompok sekte kontroversial lainnya, Falun Gong.
Romo Laurensius Sopang, Pastor Paroki Gereja Roh Kudus di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat mengatakan, dia tidak memiliki informasi mengenai keberadaan kelompok itu di parokinya.
“Namun, di antara para imam, keberadaan kelompok ini menjadi bahan diskusi. Kami akan senang bekerja sama dengan pemerintah untuk mengurangi pengaruh mereka,” katanya.

https://indonesia.ucanews.com/2022/0...al-dari-china/



Quote:Asal Usul Gereja Tuhan Yang Maha Kuasa dan Alasan Mengapa disebut Bidat Sesat? Cek Faktanya
 
- 16 Agustus 2022, 18:36 WIB
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
Gereja Tuhan Yang MahaKuasa /Miju/Youtube.com


MEDIA KUPANG - Beberapa waktu lalu sempat viral di media terkait dengan penyebaran aliran gereja di Nusa Tenggara Timur tepat di Pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Saking hebohnya berita tersebut, membuat banyak tafsir dan komentar dari berbagai kalangan. 
Terbaru dari Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Manggarai Timur dilaporkan bahwa  sudah ada Keluarga yang menganut aliran ini. Malah isteri dari keluarga tersebut memaksa suami untuk ikut menganut aliran tersebut.
Sebenarnya dari mana asal Gereja Tuhan yang Maha Kuasa yang heboh tersebut? dan Kenapa aliran ini disebut sesat oleh Gereja arus utama?
Dilansir Media Kupang dari katolikku.com, Selasa 16 Agustus 2022, Gereja Tuhan yang Maha Kuasa (dalam bahasa Mandarin: Quannengshen) mulai menyebar melalui media sosial dan menghebohkan sejumlah kantong-kantong katolik, termasuk gereja katolik di NTT.

Gereja Tuhan yang Maha Kuasa (TYMK) adalah gerakan agama tersembunyi dan menyimpang secara teologis, yang dimulai di negara RRC pada tahun 1991.
Meskipun kelompok itu telah dilarang oleh Partai Komunis Cina karena sikap anti-pemerintah mereka, kelompok mereka bertumbuh dan dianggap sebagai sekte hari kiamat yang berpengaruh.

Gereja Tuhan yang Maha Kuasa juga dikenal sebagai Kilat dari Timur (Eastern Lightning), nama yang didasari penafsiran Matius 24:27: “Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.”
Kelompok ini percaya bahwa Allah telah datang menjelma sebagai manusia lagi, kali ini sebagai seorang wanita Cina bernama Yang Xiangbin, yang menjuluki dirinya “Kilat Deng.” Yang adalah sosok pemimpin umum Kilat dari Timur, namun pemimpin sejatinya rupanya adalah “imam agung” dan kekasihnya, bernama Zhao Weishan, lelaki yang pertama kali menyatakan bahwa Yang bersifat ilahi.

Pada tahun 2000, Zhao Weishan dan Yang Xiangbin bermigrasi ke Amerika Serikat, dan dari sana mereka mengawasi jalannya Gereja Tuhan yang MahaKuasa dari kota New York City.
Yang Xiangbin dijuluki sebagai “Kristus zaman terkahir” dan “Tuhan yang Maha Kuasa” karena mereka meyakini bahwa wanita itu adalah Kristus yang telah datang kedua kalinya guna menyelesaikan pekerjaan Allah.
Yang menyampaikan pesan yang kemudian direkam sebagai firman Allah bagi zaman akhir. (Meskipun Yang dianggap sebagai jelmaan Allah, ia dianggap berbeda dari Yesus Kristus, yang juga merupakan inkarnasi Allah yang berbeda). Alkitab mereka anggap sebagai rekaman karya Allah di masa lalu yang sudah kadaluarsa. “Itu hanya sebuah rekaman bersejarah tentang karya Allah, dan kesaksian bagi kedua tahap karya Allah yang sudah lewat, dan tidak memberi pengertian tentang pekerjaan Allah”.
Oleh karena itu, mereka menegaskan bahwa Alkitab tidak cukup berdiri sendiri dan harus dilengkapi dengan pesan dari Tuhan yang MahaKuasa, atau “Kristus zaman terakhir.”

Kelompok ini mengajar bahwa Allah Perjanjian Lama dikenal dengan nama Yehovah. Pada zaman Perjanjian Baru, Allah dikenal dengan nama Yesus Kristus.
Sekarang, pada zaman akhir, Ia dikenal sebagai Tuhan Maha Kuasa. Karya-Nya, melalui Kristus wanita ini, berbeda dengan karya para rasul-rasul terdahulu.
Meskipun Allah menggunakan para rasul, karya mereka terbatas oleh kemampuan manusiawi mereka. Gereja Tuhan yang Maha Kuasa adalah sesuatu yang dikaryakan oleh Allah Sendiri.
Menurut situs web mereka, kelompok ini “didirikan oleh Tuhan Maha Kuasa sendiri, dan dipimpin serta digembalakan secara pribadi oleh Dia, dan bukan sama sekali didirikan oleh manusia manapun.”
Pada waktu itu, yang mereka sebut sebagai Zaman Kerajaan, Allah sedang melaksanakan Penghakiman Takhta Putih-Nya. Semua denominasi dan sekte Kristen lain telah kehilangan Roh Kudus, dan seluruh kuasa-Nya sekarang dipusatkan pada Gereja Tuhan yang MahaKuasa.

Gereja Tuhan yang MahaKuasa menolak konsep Allah Tritunggal, dan sebaliknya mengajarkan bentuk doktrin modalisme.
Sang Bapa, Putra, dan Roh Kudus mereka anggap sebagai tiga wujud Allah yang berbeda, bukan tiga Pribadi. “Trinitas tidak pernah ada dalam alam semesta.
Allah tidak mempunyai Bapa atau Putra, apalagi konsep sebuah sarana yang bersama digunakan oleh sang Bapa dan Putra: Roh Kudus. Semua ini adalah kekeliruan yang terbesar dan tidak ada di dunia kita.”
Menurut ajaran Gereja Tuhan yang Maha Kuasa, Yesus telah mengampuni dosa manusia pada Zaman Kasih Karunia, namun keselamatan-Nya tidak lengkap, karena kodrat berdosa masih tertinggal di dalam manusia.
Pada zaman ini, di dalam Zaman Kerajaan, melalui ajaran Kristus Zaman Akhir, manusia akhirnya dapat dibebaskan dari dosa dan ditahirkan secara menyeluruh. Keselamatan sejati ini tersedia bagi semua orang menaati ajaran Tuhan yang Maha Kuasa yang diungkapkan pada akhir zaman.

Gereja Tuhan yang MahaKuasa hadir di Hong Kong, New York, dan San Fransisco, serta di negara RRC. Ada berbagai laporan yang mengatakan bahwa kelompok ini menggunakan rayuan se*su*l, penculikan, uang suap, cuci otak, dan pemerasan demi memasukkan anggota baru dan memastikan mereka tidak pergi.
Kelompok ini sering menjadikan ibu rumah tangga, orang miskin, dan gereja tidak resmi sebagai sasaran mereka; dengan berteman dahulu dan dengan pelan-pelan berusaha meyakinkan mereka bahwa Yang Xianbing adalah jelmaan Allah. Pada tahun 2002, anggota Kilat dari Timur diduga menculik tiga puluh empat pemimpin Persekutuan Injil Cina (China Gospel Fellowship), jaringan Kristen yang tidak resmi di RRC, dan menyandera mereka selama dua bulan.
Pada Agustus 2014, lima anggota Gereja Tuhan yang Maha Kuasa diadili di Yantai, Shandong, atas dugaan pembunuhan terhadap seorang wanita berusia 37 tahun yang terjadi di sebuah restoran – wanita ini dipukul hingga mati karena menolak bergabung dengan kelompok mereka. Pada Februari 2015, dua orang dari lima pelaku dihukum mati atas tindakan kriminal itu.

Gereja Tuhan Maha Kuasa diselimuti oleh kerahasiaan dan berbagai alias, dan anggotanya menggunakan taktik yang kasar dan bahkan tidak segan melakukan kejahatan yang mengerikan demi keutuhan kelompok mereka.
Gereja Tuhan yang MahaKuasa telah memenuhi semua kriteria sebuah kultus atau sekte sesat, dan umat Kristen diharapkan mengingat himbauan dari Alkitab: “Sebab ternyata ada orang tertentu yang telah masuk menyelusup di tengah-tengah kamu…Mereka adalah orang-orang yang fasik, yang menyalahgunakan kasih karunia Allah kita untuk melampiaskan hawa nafsu mereka, dan yang menyangkal satu-satunya Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus. Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus” (Yudas 1:4,19). ***

https://mediakupang.pikiran-rakyat.c...tanya?page=all




Diubah oleh dragonroar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 7 lainnya memberi reputasi
6
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
24.2K Anggota • 641.9K Threads
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 10:44
jesus is white not yelliow..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerryreality850 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 10:54
Rebutan member sampe kiamat emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 10:55
Apakah karena di negara asalnya ga boleh sama Xi Jinping
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerryreality850 dan 3 lainnya memberi reputasi
1 3
-2
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 11:01
Bidah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
accretia8 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 11:02
Ngumat yaman radikalemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 4 lainnya memberi reputasi
2 3
-1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 11:03
nantii pasti ditangkepin densus gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
accretia8 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 11:10
Selama Tuhan nya sama sih ga perlu berantem lah....


Jangan kaya 4L yg jadi tertawaan setiap hari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 11:12
chingchong menlen strikes again. Habis nyebarin kung flu sekarang nyebarin aliran sesat🗿
Diubah oleh damedane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
accretia8 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 11:17
Gereja WhatsApp?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 11:17
Dipageri biar tidak jadi domba yang tersesat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 11:34
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Nunggu fatwa Majelis Romo Indonesia dulu apakah aliran tersebut sesat atau tidak.

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 11:41
pemimpinnya di bikin baliho trus disembah gak?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 11:48
gampang banget ya bikin gereja, nikmatnya perpuluhan umat, emoticon-Big Grin emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 11:59
tambahin mulus amoinya emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 12:20
Xie jiao (ajaran sesat) dari minion paok cabang menlen emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 12:44
Quote:
"... dan terus berupaya menggaet orang-orang Katolik untuk bergabung dengannya."


Diiming-imingi mie instan? emoticon-Confused

Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus
Pemerintah di Flores awasi kelompok gerakan Kristen yang berasal dari China
17-08-2022 14:16
Aliran sesat kahemoticon-Bingung
0 0
0
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia