News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62fa1176e03a804e690a2a60/mempelajari-sistem-monitoring-suhu
Suhu adalah sebuah besaran yang dapat menyatakan tingkat dingin maupun panas. Makhluk hidup bisa merasakan suhu tanpa bantuan alat hanya dengan mengandalkan organ dan indra yang ada di tubuh. Namun tidak dapat menentukan besaran suhu yang sedang dirasakan pada saat itu juga. Untuk bisa mengukur atau menentukan besaran suhu membutuhkan bantuan alat seperti termometer. Termometer berfungsi untuk men
Lapor Hansip
15-08-2022 16:27

Mempelajari Sistem Monitoring Suhu

Suhu adalah sebuah besaran yang dapat menyatakan tingkat dingin maupun panas.
Makhluk hidup bisa merasakan suhu tanpa bantuan alat hanya dengan mengandalkan organ dan indra yang ada di tubuh. Namun tidak dapat menentukan besaran suhu yang sedang dirasakan pada saat itu juga.

Untuk bisa mengukur atau menentukan besaran suhu membutuhkan bantuan alat seperti termometer. Termometer berfungsi untuk mengukur suhu dan perubahan suhu. Termometer memiliki banyak jenis dan bentuk sesuai dengan  fungsinya masing - masing. 

Contohnya menentukan suhu badan dengan termometer merkuri atau air raksa atau menentukan suhu ruangan dengan termometer termokopel. Inilah beberapa contoh penggunaan termometer yang berbeda - beda sesuai dengan kebutuhannya.

Kenapa Perlu Monitoring Suhu?

Kita wajib tahu bahwa sesuatu yang berlebihan adalah hal yang tidak baik. Maka dari ini, jika suhu yang ada pada benda ataupun udara berlebihan maka bisa berdampak buruk bagi lingkungan dan makhluk hidup. Makanya sangat penting untuk melakukan monitoring suhu.

Bagaimana Sistem Monitoring Suhu Bekerja?

Sistem monitoring suhu masih sangat berkaitan dengan industri manufaktur. Industri manufaktur adalah sebuah perusahaan yang memiliki kegiatan utama untuk memproduksi dan mengolah bahan mentah atau setengah jadi menjadi barang yang sudah siap digunakan. Proses monitoring suhu ini berguna untuk menjaga kelancaran  dan keseimbangan proses produksi agar dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan dan target  produksi pun tercapai.

Banyak dari kita masih melakukan Proses monitoring suhu, pengukuran, dan penyimpanan data dengan cara manual ( konvensional ), misalnya proses pencatatan dari data monitoring suhu dan data lainnya masih menggunakan kertas dan tinta yang memiliki resiko kerusakan akibat basah, robek, hilang, dan lain - lain. 

Juga ketika melakukan pemantauan secara manual, jika ada masalah pada suhu ruangan yang harus di pantau secara realtime dan kita tidak mendapatkan laporan secara langsung maka di takutkan akan merusak barang/produk yang ada di  dalam ruang tersebut. 





0
Masuk untuk memberikan balasan
education
Education
3.9K Anggota • 16.9K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia