Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
30
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62ecd4c124e8fb6ed71c5054/alarming-deployment--empat-pesawat-pengebom-b-2-spirit-usaf-ditempatkan-di-australia
B-2 USAF terbang bersama F-35 RAAF. Foto: USAF photo by Tech. Sgt. Dylan Nuckolls Empat pengebom siluman B-2 Spirit ditempatkan di Australia saat China meluncurkan latihan militer besar-besaran ke sebuah pulau yang memiliki pemerintahan sendiri tersebut. Angkatan Udara AS (USAF) mengirimkan 20% kekuatan pesawat pengebomnya ke Australia, dari citra satelit Planet Labs; tampak 4 bomber B-2 Spirit te
Lapor Hansip
05-08-2022 15:28

Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia

Quote:
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia

B-2 USAF terbang bersama F-35 RAAF.

Foto: USAF photo by Tech. Sgt. Dylan Nuckolls

Empat pengebom siluman B-2 Spirit ditempatkan di Australia saat China meluncurkan latihan militer besar-besaran ke sebuah pulau yang memiliki pemerintahan sendiri tersebut.


Angkatan Udara AS (USAF) mengirimkan 20% kekuatan pesawat pengebomnya ke Australia, dari citra satelit Planet Labs; tampak 4 bomber B-2 Spirit telah berada di Amberley Airbase, Queensland. Keempat pesawat itu berasal dari 509th Bomb Wing yang bermarkas di Whiteman Air Force Base, Missouri, mereka dikerahkan dalam misi bertajuk Pacific Air Forces Bomber Task Force.

Dua B-2 Spirit tiba di Amberley pada 10 Juli, sementara dua B-2 lainnya tiba pada 12 Juli 2022. Sementara itu meski B-2 telah mengunjungi Australia sebelumnya, kunjungan kali ini adalah penyebaran pertama B-2 ke negara itu sebagai bagian dari Bomber Task Force (BTF). BTF sendiri merupakan misi yang sering dilakukan USAF untuk menempatkan pesawat pengebomnya di pangkalan udara milik sekutu.

Pengerahan pengebom B-2 Spirit juga merupakan bagian dari Enhanced Air Cooperation Initiative di bawah kesepakatan Force Posture Agreement antara AS dan Australia, yang mencakup pengerahan rotasi pesawat AS dari semua jenis ke Australia untuk pelatihan dan latihan bersama dengan RAAF (Angkatan Udara Australia). USAF dan RAAF juga merencanakan untuk bereksperimen dengan pengisian bahan bakar B-2 dari tanker KC-30 RAAF. Selain itu, USAF megatakan jika kehadiran mereka juga bertujuan untuk melatih kesiapan dan kekuatan serangan penetrasi jarak jauh.

Beberapa bulan terakhir memang sudah terlihat peningkatan penyebaran B-2 di Australia. Misalnya, pada bulan Maret 2022, B-2 Spirit melakukan misi di Indo-Pasifik dengan lima pesawat tempur yang berbeda, termasuk dua F-35A, dua EA-18 Growler, dan dua F/A-18F Super Hornet dari RAAF, dua F-16C, dan sebuah kapal tanker KC-135 dari USAF.

Quote:


Menurut juru bicara Departemen Pertahanan Australia, sepasang B-2 pertama yang tiba di Amberley akan tetap di sana sepanjang bulan Juli dan Agustus, dan berencana untuk terlibat dalam berbagai latihan Angkatan Pertahanan Australia (ADF) seperti Latihan 'Koolendong' dan Latihan 'Arnhem Thunder.' Koolendong sendiri baru saja berakhir pada akhir bulan Juli lalu, ketika Australian 13th Brigade melawan musuh fiktif yang diperankan tentara AS. Dalam latihan tersebut, pengebom B-2 juga berpartisipasi dalam latihan dengan F-35 Australia terbang di atas Pangkalan Udara Curtin.

Meningkatnya kehadiran B-2 berkemampuan nuklir USAF di Indo-Pasifik mengirimkan pesan yang kuat ke China, mengingat pengebom B-2 adalah salah satu dari tiga kaki triad nuklir AS. Pesan itu datang ketika ketegangan di Indo-Pasifik berada pada titik tertinggi sepanjang masa karena latihan militer China di perairan sekitar Taiwan sebagai tanggapan atas kedatangan Ketua DPR AS Nancy Pelosi di pulau itu dengan pesawat pada 2 Agustus, meskipun ada beberapa peringatan  dari China.

Quote:
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia

Empat B-2 terlihat dari foto satelit. Foto: Planet Labs


Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) telah meluncurkan latihan angkatan laut besar-besaran di lima wilayah di sekitar Taiwan yang tumpang tindih dengan perairan teritorial negara pulau itu. Latihan tersebut mencakup latihan menembak langsung yang telah memaksa pelayaran komersial dan lalu lintas penerbangan untuk mengubah rute untuk menghindari latihan militer.

China juga telah menembakkan sekitar 16 rudal balistik Dongfeng pada hari Kamis (04/08/2022), di mana 5 diantaranya nyasar ke zona ZEE Jepang. Aksi uji coba rudal itu kemungkinan juga akan menghambat ekspor atau impor barang dari Jepang dan Korea Selatan. Menurut Ambrose Linn, mantan anggota Dewan Pengembangan Logistik Hong Kong, biaya logistik bisa naik 10%. Barang-barang yang sangat dibutuhkan akan dipindahkan dari kapal ke pesawat untuk pengiriman lebih cepat.


The Black Jet


B-2 Spirit adalah pesawat yang lahir dari Black Program Amerika yang sangat rahasia pada era Perang Dingin, dari program ini Amerika sukses membuat berbagai pesawat dengan teknologi paling canggih pada masanya. Dimulai dengan membuat pesawat mata-mata U-2 Dragon Lady, pesawat mata-mata paling cepat SR-71 Black Bird, pengebom siluman B-2 Spirit yang mahal serta satu-satunya pesawat pengebom yang diberi kode F, yakni F-117 Night Hawk. Yang unik, semua pesawat yang lahir dari Black Program tersebut memakai warna kamuflase hitam.

Awalnya pihak Paman Sam akan memproduksi 132 pesawat B-2, namun jumlah itu dikurangi menjadi 75, dan pada tahun 1990-an jumlahnya menyusut lagi menjadi 21 pesawat setelah bubarnya Uni Soviet. Pesawat bomber ini memang dirancang untuk menjatuhkan bom nuklir di kawasan Uni Soviet jika sewaktu-waku Perang Dingin pecah. Namun, setelah negara komunis tersebut bubar, peran B-2 hanya sebagai bomber konvensional.

B-2 Spirit merupakan salah satu pesawat USAF yang paling mahal dalam biaya produksi, perawatan dan operasional. Satu unit B-2 Spirit dibanderol dengan harga US$ 2 Miliar atau setara Rp 29,490 Triliun, harga ini belum termasuk perangkat senjata yang dibawanya. Untuk perawatannya tergolong cukup lama, untuk satu jam penerbangan pesawat B-2 membutuhkan perawatan mencapai 124 jam. Untuk per jam terbangnya pesawat futuristik ini menghabiskan biaya US$ 130.159 setara dengan Rp 1,77 Miliar.

Quote:
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia

B-2 saat kunjungan ke Australia pada Maret 2022. Foto: Department of Defense Australia


Sebagai tambahan informasi pesawat B-2 harus diletakkan di dalam hanggar dengan fasilitas AC, hal ini dilakukan untuk menjaga lapisan siluman (stealth) pada badan pesawat. B-2 dirancang untuk terbang begitu rendah dan cepat sehingga radar akan kesulitan mengidentifikasinya, fitur stealth adalah keunggulan utama pesawat tersebut. Tanpa lapisan siluman (stealth), pesawat ini akan mudah di deteksi karena terbangnya tidak terlalu cepat.

B-2 juga punya desain sayap terbang yang unik karena tidak memiliki bagian vertikal, seperti ekor. Fungsinya untuk memantulkan kembali gelombang radar lawan. Permukaan badan pesawat juga dibuat halus, hal ini dilakukan untuk menghamburkan gelombang radar sepenuhnya, membuat pesawat tampak seperti burung kecil jika dilihat pada radar.

Untuk mesin, pesawat dibekali 4 mesin General Electric F118-GE-100 turbofan, mesin ini memiliki kecepatan maksimal sampai 1.010 km/jam dengan jarak jelajah maksimal 11.000 km. Untuk ketinggian maksimal yang bisa dicapai adalah 15.000 m. Pesawat memiliki panjang 21 m, rentang sayap 52.4 m dan tinggi 5.18 m. Untuk payload senjata yang dibawanya bisa sampai 18.000 kg yang terdiri dari berbagai jenis bom seperti bom nuklir B61 dan B8, Mk82, Mk84 serta JDAM.

Meski di tahun 2019, tingkat kesiapan misi pengebom B-52 lebih baik dari B-2, yakni adalah 66%. Akan tetapi pengebom B-2 punya kesiapan tingkat misi 60%, lebih baik dari pengebom B-1 yang punya tingkat kesiapan misi 46%. Terlepas dari rumitnya perawatan dan mahalnya biaya operasional, bomber futuristik ini masih bisa memberi efek detterent di era modern.


Quote:



Referensi Tulisan: eurasiantimes.com & TheDrive.com
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Masuk untuk memberikan balasan
militer
Militer
1.7K Anggota • 18.6K Threads
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
05-08-2022 15:29
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia

Dongfeng berterbangan, siluman berdatangan, ekspor barang macet di tengah jalan. Siapa yang harus disalahkan ? emoticon-Ngacir


@yoseful,@gonugraha76
@mynameisant,@nowbitool, @jlamp, @jagotorpedo @gabener.edan, @black.robo, @banditos69, @PhaantomPain @gepyan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
05-08-2022 15:46
4 pembom roh b2 yg bs mnghantui RRT kapan pun dr aussie...... Lah, hrs nya di pasang ke guam aja tuh, ato di okinawa..... Kalo dr aussie..... Melewati desa konoha yg terbesar di khatulistiwa tuh, gan.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lizarazil dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
05-08-2022 15:56
Moga aja tensi makin menurun, biar makin kondusif situasi di LCS dan khususnya Taiwan. Jangan ulangi kesalahan pakde Putin yg menginvasi Ukraina sampe abis2an gara2 dipanas2in geng NATO
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
05-08-2022 17:47
Pesawat B-2 Spirit ini cakep & seksi. Cuma isi perutnya yg bikin panas dingin kl sdh terbang ditambah susah bener di deteksi.
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
05-08-2022 18:04
B-2 ini bisa kedetect radar gak gan? emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
05-08-2022 18:53
Kalo Ukraina Vs Russia vs NATO agak jauh ..

Yang ini kayaknya lumayan serem.. mudahan mudahan tensi mereda..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
05-08-2022 19:39
ni B-2 kan punya history panas lg ma china thn 99 ...
ya ini maksudnya Alarming Deployment ...moga ja ga makin rumit ...

refer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
05-08-2022 21:25
eeehhh...anu..
sapa tau ikutan latihan Super Garuda Shield...
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
05-08-2022 23:48
Bukannya ingin terjadinya perang, tetapi Si Pig memang 11 12 dengan Putin.

Gelap mata merasa sudah paling hebat sejagat.

Tim horenya di konoha memang buta dengan kekuatan militer sesungguhnya. Putin dan Pig sampai detik ini masih pakai komponen2 penting buatan Mamarika dan negara2 anggota NATO utk semua perangkat utama militernya.

Serang Ukrania 3 bulan saja sudah kehabisan peluru.

Lebih kuat Putin dibandingkan dgn Pig di atas kertas, konon Pig mau melawan Mamarika dkk?? WTH.

Biarkan mereka bermimpi krn itu maunya...
Diubah oleh gagal.jadi.nabi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
06-08-2022 03:50
Wadidaw....emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
06-08-2022 08:02
B-2 parkir di australia jadi urusan, sementara kita masih sibuk ngurusin mobil parkir sembarangan di gang2 sempit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
06-08-2022 08:08
Cuman latihan dan tidak mungkin Northrop Grumman B 2 Spirit stand by dalam jangka waktu lama di Australia karena RAAF AFB tidak punya fasilitas pemeliharaan dan perawatan bomber sekelas B 2 Spirit yang terkenal rumit karena memerlukan perlakuan khusus, special tools n equipment, teknisi khusus, logistik parts dan amunisi serta SOP yang sangat ketat karena termasuk dalam USAF most valuable asset.

Sudah menjadi kebiasaan bagi USAF untuk merawat, memperbaiki dan menyiapkan serta menerbangkan most valuable assetnya di AFB milik USAF sendiri untuk menjaga SOP MRO, kerahasiaan dan perlindungan asset serta data.
Untuk kawasan Asia Pasifik, Andersen AFB di Guam yang dikendalikan oleh non flying USAF 36th Wings - Pacific Air Force Eleventh Air Force yang bertugas memberikan dukungan teknis dan non teknis kepada armada expenditionary USAF dan pihak lain yang telah memperoleh persetujuan ketika menjalankan misinya di kawasan Asia Pasifik.
Diubah oleh gonugraha76
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
06-08-2022 08:08
Co-pilot: Kep, kita ambil shortcut atau belok kanan kita puterin dulu?
Capt Pilot: Ya elah, ngapain juga muter-muter segala, mereka gak bisa lihat kita. kocak..

Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
06-08-2022 19:10
Jg ampe konflik dah tuh china Taiwan

Jebakan hipokrit ny asu tuh emoticon-fuck3
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia