Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
135
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62bf94c5b2dc727de51086fd/kenapa-memberi-utang-itu-lebih-mudah-dibanding-menagih-utang-ini-alasannya
Memberi utang lebih mudah dibandingkan menagih utang? Perlu diketahui, ini dia alasannya Memberi utang atau pinjaman kepada saudara atau teman terdekat, mungkin Agan Sista pernah melakukan hal ini sebelum akhirnya dikecewakan karena utang tersebut tidak kunjung dibayar sampai berbulan-bulan atau sampai bertahun-tahun. Permasalahan utang piutang memang masih menjadi permasalahan bagi banyak orang G
Lapor Hansip
02-07-2022 07:43

Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya

icon-verified-thread
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
Memberi utang lebih mudah dibandingkan menagih utang?
Perlu diketahui, ini dia alasannya


Memberi utang atau pinjaman kepada saudara atau teman terdekat, mungkin Agan Sista pernah melakukan hal ini sebelum akhirnya dikecewakan karena utang tersebut tidak kunjung dibayar sampai berbulan-bulan atau sampai bertahun-tahun.

Permasalahan utang piutang memang masih menjadi permasalahan bagi banyak orang GanSis, baik itu yang memberi utang tapi tidak kunjung mendapatkan pembayaran, atau orang yang berhutang tapi tidak kunjung bisa membayar.

Bukan hanya itu, masalah orang yang ditagih utang lebih galak saat ditagih utang juga tidak luput mewarnai drama utang piutang yang seringkali sampai menimbulkan dendam bahkan berujung tindakan kriminal dan lain sebagainya.

Adapun yang menjadi permasalahan disini, kenapa kebanyakan orang mudah memberi utang namun kesulitan saat menagih utang?

Mungkin banyak Agan Sista yang penasaran dan ikut bertanya-tanya. Mari kita coba bongkar apa yang menjadi alasan orang-orang lebih mudah memberi utang dibandingkan menagih utang.


Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya


Datang memelas dengan menjelaskan banyak masalah yang tengah dihadapi dan meminta bantuan utang untuk menyelesaikan semua masalah dengan janji akan segera membayar dalam waktu dekat saat sudah ada uang. Jika kondisinya seperti ini, maka beberapa alasan ini bisa menjadi penyebab kenapa seseorang bisa dengan mudah memberi utang.


1. Simpati dan Empati

Perasaan kasihan kepada orang terdekat yang sedang mendapat masalah dan butuh bantuan, ini menjadi alasan kenapa dengan mudahnya seseorang bersimpati untuk meminjamkan uang.

Bentuk empati inilah yang dimanfaatkan oleh orang yang hobi berhutang, mereka yakin bahwa seseorang akan memberi pinjaman utang jika cerita yang dijual sangat mendramatisir.

2. Perasaan Tidak Enak

Meskipun sudah beberapa kali memberi utang tapi tidak kunjung dibayar, seseorang masih memiliki kecenderungan untuk tetap memberi utang karena perasaan tidak enak.

Perasaan tidak enak untuk menolak karena alasan masih saudara dekat, teman, atau sahabat adalah sebab kenapa seseorang dapat dengan mudah memberi utang.

3. Mampu Memberikan Pinjaman

Mudah memberi utang karena memang mampu memberi pinjaman juga menjadi alasan kenapa Agan Sista tidak berpikir terlebih dahulu saat memberikan utang kepada orang lain GanSis. Tetapi tidak semua orang yang mampu akan terus mampu GanSis, sedangkan orang yang membantu belum tentu akan mendapatkan bantuan saat mereka membutuhkan bantuan, jadi ini harus dijadikan sebagai pelajaran.

Tiga alasan di atas adalah alasan kenapa seseorang dapat dengan mudah memberikan pinjaman, sedangkan di bawah ini adalah alasan kenapa menagih utang itu susah.


Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya


1. Tidak Tega

Alasan pertama kenapa Agan Sista sulit dalam menagih utang adalah karena perasaan tidak tega GanSis.

Masih banyak orang yang tetap menjual drama kehidupan saat ditagih utang yang kemudian akan membuat si penghutang mundur teratur karena merasa kasihan.

2. Tidak Berani

Orang yang memiliki utang lebih galak dari yang memberi utang, tentu akan membuat ketar-ketir saat akan menagih utang GanSis.

Tidak sedikit kasus utang piutang yang mana orang yang diberikan utang mencak-mencak saat ditagih utang karena sudah jatuh tempo. Bahkan ada juga orang yang mengutang sampai bermain kasar kepada si penagih utang.

3. Tidak Ada Jaminan

Selain dua alasan di atas, alasan tidak adanya jaminan atas utang yang diberikan juga nembuat seseorang sulit saat menagih utang GanSis.

Saat tidak ada jaminan utang maka seringkali orang yang berhutang akan semena-mena terhadap si pemberi utang, bahkan tega berkata kasar atau mengata-ngatai si pemberi utang dengan perkataan yang tidak baik.

Beda keadaan jika ada jaminan utang, maka saat si penghutang sulit untuk ditagih maka pemberi utang berhak menyita jaminan utang yang sudah diberikan.

Itulah GanSis alasan kenapa memberi utang lebih mudah dibandingkan menagih utang.

Akan sangat lebih baik jika Agan Sista berpikir terlebih dahulu sebelum memberikan pinjaman utang kepada teman atau keluarga. Jika memang ada kemungkinan untuk tidak dibayar maka kalian sudah harus ikhlas saat kemungkinan tersebut benar-benar terjadi.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa diambil oleh Agan Sista semua.


Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
56.3K Anggota • 914K Threads
Halaman 2 dari 5
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 09:50
Quote:Original Posted By eyzadotz87
pokoknya jangan sekali2 urusan utang putang. gak akan kelar. PERCAYALAH

emoticon-Cape d... iya gan, begitu memang

Quote:Original Posted By Rinka17
Sudah tidak mau berurusan dengan orang-orang seperti itu

emoticon-Matabelo iya gan

Quote:Original Posted By choeilandtseng
Ane biasa jawab case utang menghutang :

Ente butuh temen, mari kita jalin hubungan Persahabatan
Ente butuh duit, silakan ente jalin hubungan sama Perbankan


emoticon-Cool

emoticon-Ngakak nah gitu ya

Quote:Original Posted By xixi_chixi
Orang yg berhutang sampai ga bayar..dari awal minjem blm tau bakal balikin apa engga. Kalopun nanti ada duit, setelah ditimbang2..kebutuhan lain banyak yg blm dicukupi. Sehingga ga ada budget bayar utang. 🙄

emoticon-Cape d... kayaknya sih emang begitu ya
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 09:53
Quote:Original Posted By Mystheary
Gua lebih ikhlas dibilang pelit sambil dimaki2, daripada nanti harus ngemis duit kembali...

emoticon-Ngakak sama gan

Quote:Original Posted By beluluk
karena utang adalah suatu hobi, jadi mereka ga nyaman kalo ga punya utang emoticon-Cool

emoticon-Matabelo utang jadi hobi ya sekarang

Quote:Original Posted By red.mind
Memberi hutangan.. Jgn ngarepin dikembalikan...
Tagih nya di akhirat saja... Lumayan buat ngurangin dosa ente...

emoticon-Matabelo berat kalau utangnya banyak

Quote:Original Posted By black.robo
Masalah utang piutang dgn teman & sodara itu ribetnya minta ampun.

Kl sekarang ada temen bahkan sodara yg pinjem duit tp mereka track record ruwet, langsung tak arahin buat pinjol aja.

emoticon-Traveller

emoticon-Ngakak mending gitu emang gan
profile-picture
black.robo memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:01
Kalau urusan uang gak usah empati empati, memberikan hutang tanpa bukti tertulis adalah tanda donasi.

Capek kerja kok rela hasilnya untuk orang gak jelas. emoticon-linux2
profile-picture
pard0 memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:04
ane kalau ngutangin orang udah biasanya bikin asesmen kolektibilitas. ane hampir selalu ngutangin ke orang yang menurut ane komitmen balikin, jadi selama ini pun duit ane balik terus.

kalaupun ada 1 atau 2 yg gak balik, karena dari awal ane udah tau kemungkinan kecil gak balik. itu pun ngasih karena kasihan dan ngasihnya dikit, gak berharap balik dan nothing to lose.

sisanya kalau menurut ane kolektibilitas kecil dan minta jumlah besar, nggak ane kasih. biasanya sih ane cari cari alasan lagi gak punya duit juga wkwk
profile-picture
masnukho memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:05
kalau ngutangin orang buat biaya hidup
berarti udah siap duit kagak balik emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:11
meminjamkan = mengiklaskan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:21
berani ngutangin juga harus berani kehilangan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:21
seperti yang sudah sudah, kalau ada temenmu mo pinjam duit 1jt. kasi aja dia 100rb. dan bilang ke dia ga usah di balikin bilang aja km bantu dia sebagai seorang teman
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:22
Ya intinya... kalau lu berani ngasi pinjam duit berapapun nominalnya entah itu ke sodara, temen, genda, gundik, selingkuhan dll asumsikan saja bahwa duit lu kagak bakalan balikemoticon-Betty
profile-picture
aripmaulana memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:26
Quote:Original Posted By meridianasyl
Kalau urusan uang gak usah empati empati, memberikan hutang tanpa bukti tertulis adalah tanda donasi.

Capek kerja kok rela hasilnya untuk orang gak jelas. emoticon-linux2

emoticon-Cape d... mulai sekarang harus tega

Quote:Original Posted By saint90s
ane kalau ngutangin orang udah biasanya bikin asesmen kolektibilitas. ane hampir selalu ngutangin ke orang yang menurut ane komitmen balikin, jadi selama ini pun duit ane balik terus.

kalaupun ada 1 atau 2 yg gak balik, karena dari awal ane udah tau kemungkinan kecil gak balik. itu pun ngasih karena kasihan dan ngasihnya dikit, gak berharap balik dan nothing to lose.

sisanya kalau menurut ane kolektibilitas kecil dan minta jumlah besar, nggak ane kasih. biasanya sih ane cari cari alasan lagi gak punya duit juga wkwk

emoticon-2 Jempol boleh ditiru nih, dari pada kecewa uang gak balik

Quote:Original Posted By shiitdamn
kalau ngutangin orang buat biaya hidup
berarti udah siap duit kagak balik emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak iya, karena biaya idup aja ngutang gimana cara bayar utangnya

Quote:Original Posted By pasukan.pocong
meminjamkan = mengiklaskan

emoticon-Matabelo seperti itulah konsep utang piutang
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:26
Ngutangin orang resikonya adalah gak dibayar

Kalau gak mau terima resiko itu ya gak usah dipinjemin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:27
Quote:Original Posted By parto.klepat
berani ngutangin juga harus berani kehilangan

emoticon-Ngakak iya gan

Quote:Original Posted By home.utd
seperti yang sudah sudah, kalau ada temenmu mo pinjam duit 1jt. kasi aja dia 100rb. dan bilang ke dia ga usah di balikin bilang aja km bantu dia sebagai seorang teman

emoticon-Matabelo iya gan, ikhlas ya

Quote:Original Posted By sangguinis
Ya intinya... kalau lu berani ngasi pinjam duit berapapun nominalnya entah itu ke sodara, temen, genda, gundik, selingkuhan dll asumsikan saja bahwa duit lu kagak bakalan balikemoticon-Betty

emoticon-Matabelo iya gan
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:28
asal bisa kirim selfie sambil pegang KTP, nanti ogut pinjemin emoticon-Cool
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:36
Yang minjemin dan yang ngutang salah semua, yang benar hanya uangnya.
profile-picture
pard0 memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:42
saya sih udah kapok minjem2in

kecuali ke orang yg bener2 ane percaya,tau diri,tau malu,dan komitmen
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:45
kalau ane, biasanya tiap minjemin uang, belum pernah minta uang ane untuk dibalikin. Mungkin karena ane selalu pakai uang dingin untuk minjemin uang. Jadi kalau gak balik ya gak pa2, kalau balik ya ane anggap itu bonus. emoticon-Ngakak

Diubah oleh made1945
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:49
emoticon-ridingsenja

Ninggalin jejak dulu bro,,
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:52
males minjemin makanya, w sih kasih seiklas duit itu bakal ilang,
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:52
Quote:Original Posted By made1945
kalau ane, biasanya tiap minjemin uang, belum pernah minta uang ane untuk dibalikin. Mungkin karena ane selalu pakai uang dingin untuk minjemin uang. Jadi kalau gak balik ya gak pa2, kalau balik ya ane anggap itu bonus. emoticon-Ngakak

emoticon-Matabelo wah mantap sih gan ente. Kadang orang tuh minjemin gak peduli uang dingin atau uang kebutuhan sehari-hari

Quote:Original Posted By sariandbudi01
emoticon-ridingsenja

Ninggalin jejak dulu bro,,

emoticon-2 Jempol terima kasih gan
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:59
Kadang kenyataan tak seperti yang diharapkan....
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia