others
Pencarian Tidak Ditemukan
link has been copied
232
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62bd74eda25f601775653056/ganja-medis-untuk-pika
Seorang ibu di CFD Bundaran HI, Jakarta dengan membawa poster tulisan “ TOLONG, ANAKKU BUTUH GANJA MEDIS” viral di media sosial (26/06). Ibu tersebut bernama Santi Warastuti, meminta Mahkamah Konstitusi segera mengabulkan gugatannya tentang penggunaan ganja medis untuk anaknya, Pika yang mengidap cerebral palsy.
Lapor Hansip
30-06-2022 17:03

GANJA MEDIS UNTUK PIKA

Past Hot Thread
GANJA MEDIS UNTUK PIKA

Seorang ibu di CFD Bundaran HI, Jakarta dengan membawa poster tulisan “ TOLONG, ANAKKU BUTUH GANJA MEDIS” viral di media sosial (26/06). Ibu tersebut bernama Santi Warastuti, meminta Mahkamah Konstitusi segera mengabulkan gugatannya tentang penggunaan ganja medis untuk anaknya, Pika yang mengidap cerebral palsy.

Apa itu Cerebral Palsy?


Aksinya tersebut mengundang banyak perhatian dari publik dan kalangan pemerintah. Salah satunya yaitu Wakil Ketua Komisi IX DPR-RI Charles Honoris, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, hingga Wakil Presiden KH. Maruf Amin.

Santi Warastuti bersama kuasa hukum, Singgih Tomi Gumilang sempat bertemu dengan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Daco untuk membahas kajian ganja medis yang diguat oleh Santi dan dua temannya di Mahkamah Konstitusi.



Cerita Pika


Wakil Presiden Ma’ruf Amin pun meminta ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk segera membuat fatwa mengenai pembolehan ganja untuk kebutuhan medis agar nantinya bisa dijadikan pedoman bagi DPR untuk membuat regulasi tersebut.

Hal ini pun direspon oleh Menkes Budi Gunadi Sadikin, ia akan segera menerbitkan aturan untuk melakukan riset ganja medis secepat mungkin.

Foto aksi mereka


emoticon-Matabelo


Bukti Ilmiah Ganja Medis



Ganja (Cannabis sativa) mengandung lebih dari 600 zat kimia. Di antara mereka, yang paling terkenal adalah Δ9-tetrahydrocannabinol (THC) dan phytocannabinoid cannabidiol (CBD).


THC dikenal karena efek psikotropiknya - zat yang bikin "high". Namun produk yang mengandung THC juga digunakan untuk meredakan rasa sakit, kejang-kejang, dan pusing.

Adapun CBD memiliki sifat anti-inflamasi, anti-epilepsi, anti-psikotik, dan meredakan kegelisahan (anxiety). Terdapat reseptor untuk CBD dalam tubuh manusia dan zat itu juga diketahui berinteraksi dengan reseptor serotonin, neurotransmiter yang beperan dalam mengatur suasana hati dan rasa kantuk.



Menurut David Casarett, peneliti ganja medis di Universitas Pennsylvania, mayoritas produk ganja medis dan minyak CBD umumnya mengandung konsentrasi CBD yang tinggi dan THC yang sangat rendah sehingga tidak menyebabkan high.



Di Indonesia, ganja termasuk Narkotika Golongan I yang menurut Pasal 8 UU Narkotika dilarang digunakan untuk pelayanan kesehatan. Bagaimanapun, ayat dua pasal tersebut menyebutkan Narkotika Golongan I dapat digunakan untuk penelitian dalam jumlah terbatas setelah mendapat persetujuan dari Menteri dan BPOM.

Pengetahuan mengenai efek ganja medis pada anak-anak dan remaja dengan kondisi kronis masih terbatas, meski ada bukti ilmiah kuat yang mendukung penggunaannya pada anak-anak dengan gangguan kejang yang langka.



Sebuah studi yang terbit pada 2021 menganalisis data dari 90 pengasuh anak-anak berusia di bawah 18 tahun yang menggunakan perawatan ganja medis di Swiss. Sekitar 66% partisipan studi melaporkan perbaikan kesehatan. 

Studi tersebut menyimpulkan bahwa perlu dilakukan uji klinis acak (randomized control trial, RCT) dengan THC dan CBD yang terstandarisasi untuk menilai kemanjuran ganja medis dalam merawat berbagai penyakit serta efek jangka panjangnya pada anak-anak.

Kami juga melakukan riset literatur yang ditulis dalam buku Hikayat Pohon Ganja, merinci tanaman ganja setidaknya bisa dijadikan obat untuk 30 penyakit. Penyakit dimaksud yakni alzheimer, glaukoma, masalah buang air, radang sendi, kanker sampai cerebral palsy (CP).
Diubah oleh lgn.or.id
profile-picture
cho2late memberi reputasi
44
Masuk untuk memberikan balasan
lingkar-ganja-nusantara
Lingkar Ganja Nusantara
111 Anggota • 15 Threads
Halaman 1 dari 6
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:01
Alkohol untuk medis
0 0
0
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:02
Semoga segera dapat ganja medisnya ❤️
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:04
nama anaknya pikachu
ya, semoga di kabulkan
jangan sampe seperti fidelis, yg istrinya meninggal setelah dia di penjara
GANJA MEDIS UNTUK PIKA

ane tambahin link, ini pengobatannya membaik setelah pake ganja medis di Australia https://amp.suara.com/news/2021/09/1...legalkan-ganja
Diubah oleh ushirota
profile-picture
kokonaga memberi reputasi
17 0
17
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:04
dikajinya lama ga ya, ntar keburu koit duluan bre
profile-picture
yunvarizal memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:08
Jadi ingat dlu pernah ada kasus di Kalimantan, suami tanam ganja demi istri nya. Padahal, dia udh mohon² untuk melegalkan ganja demi medis, namun gak drespon sma pemerintah. Dan akhirnya dia dipenjara karena nanam ganja demi pengobatan istri nya. pdahal saat penggunaan ganja, istrinya menjadi lebih baik, namun krn suaminya dipenjara, gak ad pengobatan lewat ganja, akhirnya istrinya meninggal. Kenapa harus ada kasus dlu, bru pemerintah bertindak. Jangan egois, ambil sisi negatif, namun pikirin juga org² yg butuh emg krn keperluan medis
profile-picture
Qivfuk memberi reputasi
8 0
8
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:10
Kalau untuk pengobatan sesuai anjuran dokter dan tidak ada alternatif lain "SETUJU".
(NODEBAT)
profile-picture
ntchwaidumela memberi reputasi
1 0
1
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:12
mungkin kah di legalkan di wakanda?? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:14
Mana ni yg mau berantas ganja? 😅
0 0
0
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:14
saya cuma bisa berdoa, agar putrinya ibu Santi Warastuti segera sembuh

aamiin
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:14
Rockstar.
0 0
0
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:14
Nih gan info istri ane ngurus yg sama pasien kasus thread ada 4 anak di kampung ga butuh tuh ganja2 an dengan bpjs PBI obat2 yg isisnya psikotropik tuh dikasih gratis tinggal ke puskesmas dan itu rutin abis tinggal minta , ane ama istri aja bingung yg kaya gini bisa viral
profile-picture
SoupAyam memberi reputasi
1 0
1
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:16
Kalo regulasi, dan pengawasannya bagus boleh dah utk terapi medis. Asal jgn sampe pecandu" sampah itu ngikut nimbrung ngebul ganja dgn bebas. Gblk itu namanya.
profile-picture
yoshitake memberi reputasi
4 0
4
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:16
Cimeng for medical...

Semoga diambil manfaatnya. Jauhkan dari para cimengers...

GANJA MEDIS UNTUK PIKA

Bukan pilihan utama buat terapi, masih ada obat lainnya.
Diubah oleh jlamp
profile-picture
SoupAyam memberi reputasi
4 10
-6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:17
masih pro kontra sih... kalo sampe legal bakalan brutal para pemabok... dan yang sakit sakitan gak akan mikirin / sempet mikirin hal gituan... cuman mikirin diri sendiri aj legalkan ganja nyet!!! emoticon-Angkat Beer
yang dari kemaren teriak2 legalkan ganja kenapa gak mikirin solusinya kalo sampe kata legal ini bebas? cuman bilangjual aja di apotek.. lah apotek abal2 minta stok dikasih, tinggal pemabok bikin resep dokter palsu dapet ganja ehhh ayok nge gele emoticon-Ngakak


Okeee kolom reply penuh kardun celana cangkring emoticon-Ngakak pake full hijab makanya kardun pd nimbrung cobak korban sipit??? BORO2 ADA YG PERDULI GUE KOMEN GINI BANGSHAD emoticon-fuck2
Diubah oleh blezzernet
profile-picture
Gailham memberi reputasi
3 1
2
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:17
Pengobatan herbalemoticon-Cool
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
2 0
2
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:19
profile-picture
kokonaga memberi reputasi
1 0
1
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:23
Dewan terlalu malas untuk membuat uu tentang legalitas ganja medis, krn aturan turunannya banyak sekali. Termasuk tentang peredaran dan legalitas penanaman sendiri di lahan pribadi, dan monitoring penggunaannya.

Banyak celah yg harus dipikirkan,
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:29
Quote:Original Posted By slarkkk
dikajinya lama ga ya, ntar keburu koit duluan bre


Musa udah keburu meninggal duluan gan emoticon-Berduka (S)

Musa
profile-picture
nurulardiantoro memberi reputasi
2 0
2
GANJA MEDIS UNTUK PIKA
01-07-2022 10:32
dimari bakal giting dipojokan bor
profile-picture
uforenang memberi reputasi
0 17
-17
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Jalan Panjang Legalisasi Ganja Medis
jalan-panjang-legalisasi-ganja-medis
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia