Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masit88Avatar border
TS
masit88
Mengenal Digital Marketing


Apa Itu Digital Marketing dan Jenisnya?
Trend digital marketing saat ini kian menjamur di kalangan masyarakat, terutama bagi para pelaku bisnis. Kemudahan serta efektivitas pun menjadi alasan mendasar untuk beralih ke platform digital. Arus digitalisasi secara tegas “memaksa” semua urusan bsinis mesti bersahabat dengan dunia digitalasasi. Memasarkan sebuah produk dari usaha yang dijalankan memang memerlukan strategi yang tepat, mudah, efisien dan efektif. Digital marketing menjadi sebuah model yang paling cocok untuk dunia bisnis saat ini. Strategi digital marketing dianggap yang paling mampu menjawab tantangan bisnis yang penuh persaingan di era digital ini.
Membahas tentang digital marketing menjadi sesuatu yang menarik untuk dikuliti lebih jauh. Agar bisa memberikan gambaran yang lebih detail tentang digital marketing, maka perlu mengetahui apa itu digital marketing dan mesti mengenal ada berapa jenis digital marketing sebagai strategi pemasaran yang diklaim paling tepat dan hebat ini?


Kalau kita mencari kata kunci untuk digital marketing di mesin pencari google, kita akan disuguhkan dengan begitu banyaknya orang menulis tentang kata kunci yang satu ini. Lantas apa itu digital marketing dan apa saja jenis digital marketing itu? Bagaimana memanfaatkan digital marketing agar sukses menjalankan sebuah bisnis? Mari kita simak ulasan singkat dari MAS-IT berikut ini.


Apa Itu Digital Marketing?



Strategi digital marketing merupakan solusi paling murah, mudah dan efektif mendekatkan produk atau jasa kepada konsumen.

Digital marketing adalah semua aktifitas pemasaran (marketing) seperti promosi baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa dengan menggunakan media digital berbasis internet.


Seiring berkembangnya teknologi komputer dan internet, digital marketing semakin dikenal luas. Strategi digital marketing semakin mudah menjangkau milyaran orang dengan lebih efektif dan biaya yang jauh lebih murah dari strategi pemasaran konvensional yang sangat mahal. Digital Marketing dapat dikatakan mewakili semua aktifitas marketing secara online.


Apa Saja Jenis Digital Marketing?
Ada banyak pilihan saat hendak memasarkan sebuah produk atau jasa secara digital. Lalu, apa saja jenis digital marketing yang dapat diimplementasikan dalam sebuah strategi digital marketing? Berikut jenis-jenisnya;


1. Content Marketing
Content Marketing adalah jenis Digital Marketing yang fokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar atau pengunjung tertentu. Tujuannya menarik para konsumen yang potensial untuk melakukan konversi terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Misalnya; Postingan Blog, Video, Podcast, E-Book, Postingan Media Sosial; Facebook, Instagram, LinkedIn, Twiter dll.


2. Search Engine Optimization (SEO)

Mengoptimalkan Google My Business sebagai cara meningkatkan search engine optimization sebuah bisnis.

SEO atau Search Engine Optimization adalah proses mendapatkan traffic berkualitas baik baik secara gratis maupun berbayar. Jika tujuan untuk menarik banyak pengunjung, diharuskan mengoptimalisasi konten seperti menentukan kata kunci yang relevan untuk judul, deskripsi, isi website, serta membangun backlink yang relevan. Tanpa hal ini, website akan sulit di temukan pengunjung.


SEO merupakan komponen penting dalam digital marketing, dengan stabilnya alur pengunjung pada website, tentunya akan mendapatkan keuntungan yang lebih.


3. Search Engine Marketing (SEM)
Search Engine Marketing (SEM) merupkan salah satu strategi digital marketing yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website pada hasil mesin pencarian (SERPs) seperti Google, Yahoo, dan Bing. Search engine marketing juga dikenal sebagai pencarian berbayar (paid search), klik berbayar (pay per click), atau iklan pencarian berbayar (paid search adversiting). Yang harus dikerjakan adalah melakukan bid pada kata kunci yang digunakan pengunjung di mesin pencari saat mencari suatu produk atau informasi. Sehingga website atau iklan yang dibid muncul di hasil pencarian.



Dengan paid search google adwords, google meenempatkan halaman sebuah website pada halaman teratas di mesin pencari.

Bisa dilihat pada URL dari hasil pencarian google terdapat tanda “Ad”. Hal ini menandakan bahwa website tersebut menggunakan Paid Search Google Adwords dimana google akan meletakan website tersebut pada halaman teratas hasil pencarian.


4Social Media Marketing (SMM)


Postingan di platform media sosial dapat membantu membangun komunikasi dengan para konsumen atau calon konsumen.

Social Media Marketing merupakan strategi penggunaan platform media sosial untuk menarik pelanggan. Penggunaan platform media sosial bertujuan agar dapat membangun hubungan harmonis dengan pelanggan. Social Media Marketing meliputi mendengarkan kebutuhan, usul dan saran pelanggan, memulai percakapan dengan mereka, dan berbagi informasi.


5. Pay – Per – Click Advertising (PPC)
Pay per click adalah merupakan model pemasaran seperti Google Adwords dimana pengiklan membayar untuk setiap orang-orang yang berkunjung ke website kita. Besaran tarif per klik nya bisa ditentukan sendiri. Semakin tinggi biaya per klik nya, semakin besar pula iklan website kita tampil di halaman teratas.


6. Affiliate Marketing
Affiliate Marketing adalah salah satu jenis Digital Marketing dimana sesorang menjalin hubungan bisnis dengan pebisnis atau perusahaan untuk mendapatkan komisi atas traffic bisnis yang kita timbulkan.


Affiliate Marketing merupakan salah satu cara popular yang digunakan banyak orang untuk meningkatkan penghasilan sebagian usahanya dari bisnis online. Jika program afiliasi marketing kita berjalan dengan baik, akan mendapatkan passive income yang baik juga.


Yang dikerjakan adalah meletakan link menuju website relasi pebisnis, setiap pelanggan yang mengklik link tersebut dan terjadi transaksi, kita akan mendapatkan komisi.


7. Email Marketing
Email marketing adalah salah satu metode digital marketing yang banyak diminati. Menggunakan Email sebagai media promosi suatu produk atau jasa.
Email marketing juga berfungsi menjalin hubungan dengan para konsumen dan calon konsumen. Email marketing yang dikirim kepada konsumen atau calon konsumen tidak sekedar interaksi sosial, namun harus meninggalkan kesan menarik kepada mereka mengenai produk yang sedang ditawarkan.


Banyak hal yang dapat mendukung strategi email marketing ini, mulai dari konten yang dibuat hingga waktu mengirim email tersebut. Satu hal yang pasti, email marketing wajib dijadikan salah satu Strategi Marketing.


8. Instant Messaging Marketing
Instant Messaging Marketing atau lebih dikenal pemasaran via pesan singkat termasuk model tren komunikasi bisnis terkini. Misalnya mengirim pesan untuk menawarkan promosi produk atau jasa dengan menggunakan pesan Whatsapp dan Facebook Mesengger.


Dari kedelapan jenis digital marketing ini, kalau dikerjakan dengan baik dan benar maka akan memberikan hasil yang sangat menguntungkan bagi sebuah bisnis dalam memasarkan produk atau jasanya. MAS-IT.ID menawarkan Jasa Digital Marketing untuk membantu perusahaan Anda tumbuh dan berkembang dengan teknologi yang terupdate.

0
259
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.3KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.