Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

icajuniyantiAvatar border
TS
icajuniyanti
Perang Dengan Malaria, Dinas Kesehatan Pinai Papua Lakukan Persiapan
Memberantas malaria, kini Dinas kesehatan PinaiPapua, melakukan pelatihan On Job training bagi petugas laboratorium di RS dan Puskesmas, ditambah dengan pembagian kelambu berinsektisida di seluruh distrik melalui Puskesmas, juga pasokan obat anti Malaria standar dan Rapid Diagnostik Test, Pelatihan Kader, Workshop Malaria.


Irma Sari selaku Pj.Program Malaria Dinas Kesehatan Paniai mengatakan sampai dengan detik ini, berdasarkan data laporan penyakit dari Puskesmas dan RSUD, malaria masih menjadi penyumbang Diagnosa Penyakit di Paniai.

“Sehingga ini berpotensi menimbulkan kematian dan kejadian luar biasa atau wabah jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat,” kata Irma Sari ketika menggelar pelatihan Kader Malaria yang terstandar di aula Dinas Kesehatan Paniai.

Pelatihan Kader Malaria untuk Kabupaten Paniai dan Dogiyai sebanyak 23 kader yang terdiri dari 11 Kader Paniai, 12 Kader Dogiyai akan dilatih selama enam hari oleh tujuh fasilitator yang kompeten dari Paniai, Nabire dan Jayapura.

Dengan adanya pelatihan Ia berharap kader dapat melakukan pemeriksaan malaria dengan Rapid Diagnostik Test(RDT) dan dapat memberikan pengobatan malaria sesuai standar pengobatan yang berlaku.

“Para Kader yang dilatih juga akan mendapat informasi sederhana tentang Malaria, sehingga kader dapat memberikan promosi kesehatan tentang Malaria seperti bagaimana masyarakat dapat menjalankan pola hidup sehat sehingga terhindar dari penyakit Malaria, pencatatan dan pelaporan,” katanya.

Sekretaris DinasKesehatan PaniaiMaria Nawipa mengatakan, kader yang dilatih kali ini akan melakukan praktek lapangan di wilayah kerja Puskesmas Enarotali.

“Selanjutnya mereka yang sudah mendapat pelatihan akan disebut Kader Malaria sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no 41 tahun 2018 tentang Pelaksanaan Deteksi Dini dan Pemberian Obat Anti Malaria Oleh Kader Malaria Pada Daerah dengan Situasi Khusus,” kata Nawipa.

Dengan terbentuknya KaderMalaria ini, kata dia, diharapkan percepatan Eliminasi Malaria dapat segera terwujud demi meningkatkan derajat kesehatan di Kabupaten Paniai.

0
111
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Blogger Indonesia
Blogger Indonesia
1.9KThread707Anggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.