icajuniyantiAvatar border
TS
icajuniyanti
Malaysia Deklarasikan 5 Intergitas Wartawan
Bertepatan dengan hari wartawan nasional HAWANA, Malaysia mendeklarasikan Melaka 2022. Deklarasi yang dihadiri Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob berisikan lima pernyataan sikap.

Pendeklarasian tersebut dibacakan oleh tokoh media Malaysia di hadapan Perdana Menteri, MenteriKomunikasi dan Multimedia Malaysia Annuar Musa, Dirjen Informasi dan KomunikasiPublik Kemkominfo Usman Kasnong, para pimpinan media dari Indonesia dan sejumlah undangan yang hadir.

Adapun isi kelima pernyataan tersebut alah, dimana kewartawanan dipelihara dan diakui sebagai instittusi negara, menghormati hak wartawan menjalankan tugas, menjunjung undang-undang dan prinsip rukun negara, kewartawanan bermartabat integritas dan memerangi berita palsu.

Menyambut deklarasi tersebut, menteri Malaysia Ismail Sabri mengatakan bahwa pendeklarasian tersebut merupakan bukti komitmen dan keseriusan kelompok wartawan dalam membantu memperkukuhkan hubungan Keluarga Malaysia, serta menjaga keharmonian negara melalui profesionalisme kewartawanan itu sendiri.

“Saya menyambut baik Deklarasi Melaka dan berharap semua wartawan dapat terus mendukung prinsip dan tanggungjawab yang berkaitan dengan etika dan profesionalisme bidang kewartawanan,” kata Ismail.

Ia mengakui bahwa profesi kewartawanan harus tetap bebas dan berfungsi tanpa gangguan dan campur tangan pihak lain bagi menjamin kebebasan bersuara di negara ini.

Menurut dia pemerintah tidak pernah menghalangi media menyiarkan laporan berita yang adakalanya dijadikan panduan pihak berwajib untuk mengambil tindakan susulan seperti bertindak menyalurkan bantuan untuk kesejahteraan warga.


0
54
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Blogger Indonesia
Blogger Indonesia
1.9KThread708Anggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.