Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

icajuniyantiAvatar border
TS
icajuniyanti
Keren! Pemuda Papua Bertani Tanaman Organik di Selandia Baru
MARIBACA, Belajar dari pengalaman, merupakan guru terbaik. Pengalaman yang dimanfaatkan tentu akan sangat bermanfaat bagi kehidupan ke-depannya.

Belajar dari kisah ArnoldYoman pemuda papua yang berhasil membuat lahan pertanian di Selandia Baru.

Sebelumnya mar berkenalan dengan Arnold Yoman, beliau merupakan pemuda papua yang cerdas, ia merupakan putra bungsu Pendeta Socratez Yoman, Presiden Persekutuan Gereja-Gereja Baptis di Papua Barat.

Yoman, terbang ke Selandia Baru untuk menggapai impiannya pada tahun 2019. Ia berangkat berdasarkan beasiswa pemerintah Indonesia untuk belajar di Awatapu College di Palmerston North.

Departemen InternasionalAwatapu College memiliki program di Manawatū yang melibatkan siswanya dalam praktek bisnis selama musim panas pertama mereka terpisah dari teman dan keluarganya di luar negeri dan Yoman menjadi salah satu penemira beasiswa tersebut.

 “Saya disambut menjadi sukarelawan oleh pertanian dan kafe Wholegrain Organics dan saya sangat menyukainya dan meminta untuk tetap tinggal setelah liburan selesai,” katanya.

Yoman menjadi sukarelawan di pertanian Wholegrain Organics selama liburan sekolah dan setelah itu menjadi sangat bergairah sekaligus berbakat untuk menekuni hortikultura.

Awatapu College mulai bekerja dengan Wholegrain Organics dan dapat melanjutkan pekerjaannya hingga mendapatkan kredit National Certificate of Educational Achievement (NCEA).

Tanggung jawab Yomanadalah dalam program ‘makanan langsung’ dari Wholegrain Organics, dimana ia bertanggung jawab menanam, memelihara, dan memanen produk organik untuk masyarakat.

Menyelesaikan 500 jam praktek Yoman akan menyelesaikan lebih dari 500 jam prakteknya pada akhir pekerjaan sukarela itu. Kini dia berada di tahun terakhir sekolahnya dan ingin melanjutkan studinya di Selandia Baru untuk belajar hortikultura di Universitas Lincoln di Canterbury, tahun depan.

Program ‘makanan langsung’ dari Wholegrain Organics telah berjalan sejak 2015, skema nirlaba yang bekerja dengan kaum muda dalam program komunitas itu meliputi kegiatan seperti pertanian sayuran regeneratif dan dapur pelatihan serta toko makanan. 

Pendidik teknologi pangan, nutrisi, dan hortikultura, Gosia Wiatr, mengatakan bahwa mereka senang melibatkan kaum muda karena memberi mereka akses ke kesempatan belajar yang berkualitas dan inklusif. “Etos kerja Arnold telah menjadi penyemangat bagi anak muda lainnya dalam program ini.

Siswa internasional selalu menjadi bagian besar dari program kami, jadi kami ingin mendukung siswa yang terpisah dari keluarga mereka selama liburan. “Kami senang dengan kisah sukses mereka, saat siswa menemukan jalur karir baru, meningkatkan bahasa Inggris mereka dan sebagai hasilnya memperkaya waktu mereka selama di Selandia Baru.


0
152
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Blogger Indonesia
Blogger Indonesia
1.9KThread708Anggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.