Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

icajuniyantiAvatar border
TS
icajuniyanti
Papua Larang Hewan Berkuku Genap Masuk, Kenapa?
Demi menjaga kesehatan masyarakat Papua, dinas pertanian dan pangan provinsi Papua, kini melaranghewan berkuku genap masuk ke Papua. Hal tersebut merupakan upaya pencegahan penyebaran virus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Cenderawasih.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Samuel Siriwa di Jayapura. Tidak hanya melarang masuk, Pihaknya juga akan melakukan serologi terhadap PMK di daerah sebaran
“Kami juga meningkatkan biosekuriti di lokasi peternakan hewan berkuku genap, serta segera menempatkan dokter hewan berwenang dan pejabat otoritas veteriner melalui keputusan kepala daerah,” ucap kepala dinas pertanian dan provinsi.

Beliau juga menghimbau untuk para pengusaha peternakan yang ada, agar melapor jika menemukan kasus kesakitan atau kematian pada hewan ternak dengan disertai atau tanpa-tanda yang mengarah pada PMK.

 “Silahkan aktif melapor jika ada kasus, bahkan kami akan membentuk posko pengaduan melalui WhatsApp Group provinsi dan kabupaten/ kota,” katanya. Hal senasa disampaikan Dokter Hewan, Ririn Dirgahayu Sitorus.
Dirinya mengatakan langkah pencegahan masuknya PMK harus dilakukan sejak dini dengan melarang lalu lintas hewan berkuku belah atau hewan berkuku genap yaitu sapi, kambing, kerbau, dan domba.

Selain itu, melakukan pembinaan kepada peternak agar paham terhadap ciri-ciri penyakit tersebut, sehingga cepat melapor ke petugas jika ada menemukan kasus yang mengarah kepada penyakit tersebut. “Kami juga akan melakukan surveilans terhadap hewan-hewan yang ada di Papua guna pengawasan,” kata Ririn.

Adapun berikut jenis hewan berkuku genap yang dimaksud adalah, sapi, kerbau, kambing dan domba.


0
233
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Blogger Indonesia
Blogger Indonesia
1.9KThread714Anggota
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.