Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rasya354Avatar border
TS
rasya354
Data Bermanfaat Tentang Internal Gear Pump

Data Bermanfaat Tentang Internal Gear Pump


Apa itu Internal Gear Pump?

Gear Pump merupakan tipe pompa perpindahan positif( PD). Gear Pump memanfaatkan aksi roda gigi maupun roda gigi berbalik guna mentransfer cairan. Roda gigi yang berbalik memajukan segel cair dengan rumah pompa serta menciptakan hisap di saluran masuk pompa. 

Cairan, ditarik ke dalam pompa, ditempatkan di dalam gigi roda gigi yang berputar dan dipindahkan ke pembuangan. Gear Pump membagikan aliran yang halus serta leluasa pulsa sebanding dengan kecepatan putaran roda giginya.

Terdapat 2 desain Gear Pump bawah: 

eksternal serta internal

Gear Pump eksternal terdiri dari 2 roda gigi yang identik serta silih terpaut yang didukung oleh poros terpisah. 

Internal Gear Pump beroperasi dengan prinsip yang sama, namun 2 roda gigi yang silih mengunci mempunyai dimensi yang berbeda, yang satu berbalik di dalam yang lain. 

Roda gigi yang lebih besar( rotor) merupakan roda gigi internal, ialah gigi yang menonjol ke dalam. Di dalamnya terdapat roda gigi eksternal yang lebih kecil( katrol– cuma rotor yang digerakkan) yang dipasang di tengah.

Ini dirancang buat mengunci dengan rotor sehingga gigi persneling masuk ke satu tempat. Suatu pinion serta bushing yang terpasang pada rumah pompa menahan sheave pada letaknya. 

Pembagi ataupun pengatur jarak senantiasa berupa bulan sabit mengisi kekosongan yang terbuat oleh posisi pemasangan katrol yang tidak terletak di tengah serta berperan selaku segel antara port masuk serta keluar.

Postingan ini menarangkan Internal Gear Pump secara lebih rinci.

Gimana metode kerja Internal Gear Pump?

Terdapat 3 sesi dalam siklus kerja Internal Gear Pump: pengisian, transfer, serta pengiriman.

Dikala roda gigi keluar dari jaring di sisi saluran masuk pompa, mereka menghasilkan volume yang diperluas. 

Cairan mengalir ke dalam rongga serta ditahan oleh gigi roda gigi dikala roda gigi terus berbalik melawan casing pompa serta partisi.

Cairan yang terperangkap dipindahkan dari saluran masuk ke saluran keluar, di dekat rumahan.

Dikala gigi gir jadi silih bertautan di sisi pelepasan pompa, volumenya menurun serta cairan dituntut keluar di dasar tekanan.

Toleransi yang ketat antara roda gigi serta casing membolehkan pompa buat meningkatkan hisapan di saluran masuk serta menghindari cairan bocor kembali dari sisi pelepasan( meski kebocoran lebih bisa jadi terjalin pada cairan dengan viskositas rendah).

Apa fitur serta khasiat utama dari Internal Gear Pump?

Gear Pump kompak serta simpel dengan jumlah bagian yang bergerak terbatas. Gear Pump tidak bisa menandingi tekanan yang dihasilkan oleh pompa bolak- balik ataupun laju aliran pompa sentrifugal, namun mereka menawarkan tekanan serta efisiensi yang lebih besar daripada pompa baling- baling ataupun lobus.

Internal Gear Pump mempunyai keahlian hirup yang lebih baik daripada desain roda gigi eksternal serta lebih sesuai buat cairan dengan viskositas besar, walaupun mereka mempunyai rentang pembedahan yang bermanfaat dari 1cP sampai lebih dari 1. 000. 000cP.

Sebab output berbanding lurus dengan kecepatan rotasi, Internal Gear Pump umumnya digunakan buat pembedahan dosis serta pencampuran. Volume internal yang rendah membagikan pengukuran yang andal dari cairan yang melewati pompa serta oleh sebab itu kontrol aliran yang pas.

Internal Gear Pumpbisa dirancang buat menanggulangi cairan kasar. Walaupun biasanya dibuat dari besi tuang ataupun baja tahan karat, paduan serta senyawa baru membolehkan pompa menanggulangi cairan korosif semacam asam sulfat, natrium hipoklorit, besi klorida, serta natrium hidroksida.

Apa batas Internal Gear Pump?

Internal Gear Pump merupakan self- priming serta bisa mengangkut kering, walaupun ciri primingnya bertambah bila roda gigi basah. Roda gigi wajib dilumasi oleh cairan yang dipompa serta tidak boleh kering buat waktu yang lama. 

Sebagian desain Gear Pump bisa dijalankan di kedua arah sehingga pompa yang sama bisa digunakan buat muat serta merendahkan muatan kapal, misalnya.

Toleransi yang ketat antara roda gigi serta rumah berarti pompa tipe ini rentan terhadap keausan, paling utama apabila digunakan dengan cairan abrasif ataupun umpan yang memiliki padatan yang terperangkap. 

Gear Pump eksternal mempunyai 4 bantalan dalam media yang dipompa serta toleransi yang ketat, oleh sebab itu, kurang sesuai dibanding desain roda gigi internal buat menanggulangi cairan abrasif. 

Buat aplikasi ini, Internal Gear Pump lebih kokoh dengan cuma satu bantalan( terkadang 2) berjalan dalam cairan. Gear Pump wajib senantiasa mempunyai saringan yang dipasang di sisi isap buat melindunginya dari padatan besar serta berpotensi beresiko.

Biasanya, bila pompa diharapkan buat menanggulangi padatan abrasif, dianjurkan buat memilah pompa dengan kapasitas yang lebih besar sehingga bisa dioperasikan pada kecepatan yang lebih rendah buat kurangi keausan. 

Tetapi, wajib diingat kalau efisiensi volumetrik dari Gear Pump menurun pada kecepatan serta laju aliran yang lebih rendah. Gear Pump tidak boleh dioperasikan sangat jauh dari kecepatan yang dianjurkan.

Buat aplikasi temperatur besar, berarti buat membenarkan kalau kisaran temperatur pengoperasian cocok dengan spesifikasi pompa. Perluasan termal dari housing serta roda gigi kurangi jarak leluasa di dalam pompa serta ini pula bisa menimbulkan kenaikan keausan serta, dalam permasalahan ekstrem, kegagalan pompa.

Terlepas dari aksi penangkalan terbaik, Gear Pump kerap kali aus pada roda gigi, rumahan, serta bantalan bersamaan waktu. Dikala jarak leluasa bertambah, terdapat pengurangan bertahap dalam efisiensi serta kenaikan slip: kebocoran cairan yang dipompa dari pelepasan kembali ke sisi isap. 

Slip aliran sebanding dengan hub dari celah antara gigi roda gigi serta rumahan, sehingga dalam praktiknya keausan mempunyai sedikit pengaruh sampai titik kritis tercapai, di mana di luar itu kinerja menyusut dengan kilat.

Gear Pump terus memompa melawan tekanan balik serta, bila hadapi penyumbatan hilir, hendak terus memencet sistem hingga pompa, pemipaan, ataupun perlengkapan yang lain kandas. 

Walaupun sebagian besar Gear Pump dilengkapi dengan katup pelepas sebab alibi ini, senantiasa dianjurkan buat memasang katup pelepas di tempat lain dalam sistem buat melindungi perlengkapan hilir.

Kecepatan yang lebih rendah, jarak leluasa yang lebih besar, serta volume internal yang lebih besar dari Internal Gear Pump buatnya lebih sesuai buat cairan sensitif geser semacam santapan, cat serta sabun daripada desain roda gigi eksternal.

 Internal Gear Pump pula lebih disukai kala kebersihan berarti sebab kesederhanaan mekanisnya serta kenyataan kalau mereka gampang dibongkar, dibersihkan, serta dipasang kembali.

Apa aplikasi utama Internal Gear Pump?

Internal Gear Pump serbaguna dengan rentang viskositas pengoperasian yang efisien dari 1cP sampai 1. 000. 000cP. Mereka kerap digunakan dalam cairan tipis semacam air, pelarut serta bahan bakar minyak, namun unggul dalam memompa cairan kental semacam aspal, coklat serta perekat. 

Internal Gear Pump pula mempunyai rentang temperatur pembedahan yang lebar( sampai 400°C), buatnya sesuai buat memompa cairan yang susah semacam tar serta belerang cair.

Sebagian aplikasi Internal Gear Pump yang khas merupakan:

1. Bahan bakar minyak serta minyak pelumas
2. Resin serta Polimer
3. Alkohol serta pelarut
4. Aspal, bitumen serta tar
5. Busa poliuretan( isosianat serta poliol)
6. Produk santapan semacam sirup jagung, cokelat, serta selai kacang
7. Cat, tinta, serta pigmen
8. Sabun serta surfaktan
9. glikol

Ringkasan

Internal Gear Pump menggerakkan cairan dengan kesekian kali membungkus volume senantiasa di dalam roda gigi yang silih mengunci, mentransfernya secara mekanis buat membagikan aliran leluasa pulsa yang halus sebanding dengan kecepatan putaran roda giginya.

Internal Gear Pump serbaguna, sanggup beroperasi pada rentang viskositas serta temperatur fluida yang luas. Mereka lebih disukai buat desain roda gigi eksternal dalam aplikasi yang mengaitkan cairan viskositas besar, pada temperatur besar serta dengan cairan yang memiliki padatan. 


Desain roda gigi internal umumnya beroperasi pada kecepatan rotasi yang lebih rendah daripada desain roda gigi eksternal, mempunyai respon balik yang lebih besar, serta oleh sebab itu kurang rentan terhadap keausan dalam aplikasi ini. Buat alibi yang sama, Internal Gear Pump pula lebih sesuai buat memompa cairan yang sensitif terhadap geser.

provocator3301Avatar border
emineminnaAvatar border
emineminna dan provocator3301 memberi reputasi
2
623
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.