Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

Β© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sutanjugaAvatar border
TS
sutanjuga
Dilema Pengemudi Transportasi Online
π”–π”’π”©π”žπ”ͺπ”žπ”± π”‘π”žπ”±π”žπ”«π”€ 𝔑𝔦
π•‚π”Έπ•Šπ•‚π•Œπ•Šπ•¦π•₯π•’π•Ÿπ•›π•¦π•˜π•’

ilustrasi transportasi online (google.com)

SAHABATKASKUS - Sebuah pendapat biasanya didasarkan pada data data pendukung, untuk menguatkan pendapat tersebut,
Dithread kali ini saya akan mengemukakan sebuah pendapat yang dasarnya hanya pada kebingungan atas situasinya.
Dimana orang orang yang terlibat begitu banyak, dan pendiri kegiatan tersebut banyak diapresiasi.
Saya tidak bisa paham dikarenakan saya tidak ada dasar pengetahuan atau pendidikan dibidang ekonomi, jadi saya harap dari thread ini ada yang paham soal ekonomi dan sejenisnya bisa meluruskan apa yang menjadi pendapat atas kebingungan yang saya rasakan.

Transportasi online, itulah yang menjadi pembahasan kali ini, sebenarnya kebingungan saya itu dimulai dari mulai berkembangnya transportasi online, semakin bingung lagi setelah pendiri salah satu transportasi online mendapat apresiasi atas prestasinya.

Kebingungan itu dimulai ketika awal sekali seorang teman lama mengajak untuk ikut bergabung sebagai mitra transportasi online, diawal pembicaraan saya tertarik juga, apalagi seolah sifatnya tidak terikat, jadi saya beranggapan boleh jugalah ini.
Sebab hitungan sederhana saya (maklum bukan ekonom hehehehe) kalaulah saya berangkat kerja melalui sebuah jalan yang ada orang mau ikut dan membayar (bukan nebeng hehehehe) tentulah itu menguntungkan setidaknya perjalanan saya sendiri artinya dibiayai untuk bahan bakarnya, ya hanya sesederhana itu sih pemikiran saya.

Namun setelah akan ikut mendaftar sebagai mitra ternyata banyak aturan yang berlaku, artinya ini sedikit membingungkan karena sebagai mitra namun pekerjaan nya diatur dan dimonopoli dalam pelaksanaannya. Maksudku kan seharusnya untuk sebuah kemitraan ada nilai yang sama dalam kemitraan ini, namun saya lihat seperti ada keharusan untuk mengantarkan pelanggan yang sudah diatur oleh pihak perusahaan.
Kalau seperti itu dalam hitungan sederhana saya tentulah tidak menguntungkan buat pengemudi.

Akhirnya saya urung mendaftar, dan teman saya yang menemani untuk saya mendaftar bertanya kenapa tidak jadi ?, Agar tidak menyinggung perasaan waktu itu saya alasan tiba tiba ditelepon perusahaan tempat saya kerja ada emergency, gitu aja saya sampaikan. Dan sepertinya hal itu dimaklumi nya.

Namun belakangan dia sering mempertanyakan kapan jadi daftar, dan selalu menunjukkan kalau ia dapat pemasukan sekitar satu jutaan perhari (pada waktu itu transportasi online belum seramai sekarang). Saya tetap tidak tertarik sampai akhirnya dia tak pernah menghubungi lagi mungkin sebal kesaya atau gimana.

Ke tidak tertarikan saya adalah karena, dengan jumlah yang didapat tersebut dikurangi jumlah operasional kendaraan bergerak rasanya tidak menguntungkan, saya sudah sampaikan kalau itu sepertinya tidak menguntungkan kan nilainya apalagi belum dikurangi modal, tetapi teman saya mengatakan kalau bahan bakar cuma habis sekitar 200 ribuan katanya (mobil teman saya ini LCGC).
Saya tidak berargumen lanjut karena bisa aja jadi ribut dengan teman sendiri.
Karena kalau saya sih kalkulasi modal bukan cuma bahan bakar, tapi kehausan ban , dan jam kerja oli serta jam kerja mesin.

Saya rasa hal itu tidak menguntungkan sama sekali kepada pengemudi transportasi online tersebut, tapi sangat menguntungkan untuk pelanggan transportasi online sendiri.
Sementara pengemudi transportasi online akhirnya akan terbelenggu dilingkaran pekerjaan itu, kendaraannya hancur lalu beli kredit lagi kerja banting tulang bayar kredit kendaraan yang bakal jadi kendaraan hancur.

Jadi sampai saya tulis thread ini saya masih bingung bagaimana sih hitungannya dianggap menguntungkan pekerjaan transportasi online itu.
Apakah kaskuser ada yang bisa menjelaskan bagaimana hitung hitungannya kalau transportasi online itu menguntungkan buat pengemudi nya.

πŸ…ƒπŸ„΄πŸ…πŸ„ΈπŸ„ΌπŸ„°πŸ„ΊπŸ„°πŸ…‚πŸ„ΈπŸ„· πŸ„°πŸ…ƒπŸ„°πŸ…‚ πŸ„ΊπŸ…„πŸ„½πŸ„ΉπŸ…„πŸ„½πŸ„ΆπŸ„°πŸ„½ πŸ„ΊπŸ„°πŸ…‚πŸ„ΊπŸ…„πŸ…‚πŸ„΄πŸ…πŸ„ΊπŸ„΄ πŸ…ƒπŸ„·πŸ…πŸ„΄πŸ„°πŸ„³ πŸ…‚πŸ„°πŸ…ˆπŸ„° πŸ„ΈπŸ„½πŸ„Έ
emoticon-Rate 5 Star + emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Rate - Cendol


Penulis sutanjuga
Referensi : pengalaman pribadi
Gambar : Google
Diubah oleh sutanjuga 24-05-2022 14:11
0
2.4K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThreadβ€’83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Β© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.