TS
haerulnurdin
DRAFT_SURVEY_PROCEDURE_Calculation :
#DRAFT_SURVEY_PROCEDURE_Calculation :
... 👌👇
Prosedur Survei ini Standar Internasional untuk segala jenis kapal. Kapal ini pertama kali disurvei cahaya, untuk menghitung konstannya. Kemudian disurvei ulang setelah dimuat untuk menentukan berat kargo.
#APPARENT_TRIM
Draf Forward (Fwd), Aft (Aft), dan Midships (Mid) dibaca di tanda Port (P) dan Starboard (S). Bacaan P dan S ditambahkan, dan hasilnya dibagi dua.
Draft Aft dikurangi dari draft Fwd, dan hasilnya adalah Apparent Trim. Jika Trim positif, Kapal dipangkas Oleh Kepala; jika Trim negatif, Kapal terpangkas Oleh Stern.
Draf Fwd = (Fwd(P) + Fwd(S)) / 2
= (10.49 + 10.50 ) / 2 = 10.495 m
Draf Aft = (Aft(P) + Aft(s)) / 2
= (10.56 + 10.59) / 2 = 10.575 m
Maksudnya Mid = (Mid(P) + Mid(s)) / 2
= (10.48 + 10.57 ) / 2 = 10.525 m
Trim Apparent = Aft - Fwd = 10.575 - 10.495 = 0.08 m
KOREKSI DRAF KEPADA PERPENDIKULER
Dist F Draft Mark : 1.53 m
Dist A Draft Mark : 8.310 m
LBP = 178 m
LBM = 178 - (1.53 + 8.310 ) = 168.16 m
Koreksi dihitung sebagai berikut:
Draft Aft yang Dikoreksi = (8.310 x 0.08(trim)) / 168.16 + Mean Draft Aft 10.575= 10.5789
Draft Fwd yang Dikoreksi = (1.53 x 0.08(trim)) / 168.16 - Maksud Draft FwD 10.495= 10.494
Aturan untuk menerapkan koreksi:
Dipangkas oleh STERN:
Koreksi Maju = MINUS ( - )
Setelah Koreksi = PLUS ( + )
Dipangkas oleh KEPALA:
Koreksi Maju = PLUS ( + )
Setelah Koreksi = MINUS ( - )
Trim yang Dikoreksi = 10.5789 - 10.494 = 0.0849 m
CATATAN: Nilai ini digunakan dalam Rumus Koreksi Trim untuk menyesuaikan perpindahan
M.O.M = ( Fwd + 6 x Mid + Aft ) / 8 = 3.663 M
= ( 10.484 + 6x 10.525 + 10.5789) / 8
10,5278 m
Arti Draft Arti =10.5278 m
Merujuk pada Stabilitas & Manual Hidrostatik kapal dan Meja untuk nilai-nilai berikut:
Perpindahan
TPC: ton per Centimeter Immersion
MTC: Momen untuk mengubah Trim One Centimeter
LCF: Pusat Flotasi Longitudinal
=====================================
Interpolasi
Perpindahan
10.5278 - 10.52 = 0.0078
Perpindahan Draf
10.52 42145.7
10.53 42189.7
--------------------------
0.01 44
0.0078 x x = 34.32
Perpindahan @ draft 10.5278 = 42145.7 + 34.32 = 42180.02
=====================================
TPC
10.5278 - 10.52 = 0.0078
Draf TPC
10.52 43.96
10.53 43.97
--------------------------
0.01 0.01
0.0078 dan dan = 0.0078
TPC @ draf 10.5278 = 43.96 + 0,0078 = 43,9678
=====================================
LCF
10.5278 - 10.52 = 0.0078
Draf LCF
10.52 0.22
10.53 0.23
--------------------------
0.01 0.01
0.0078 dari z = 0.0078
LCF @ draft 10.5278 = 0.22 + 0.0078 = 0,2278
=====================================
Perhitungan â—‡ Delta MCTC
TAMBAHKAN 50 cm ke Quarter Mean Draft (QM) untuk menemukan MCTC yang sesuai dari tabel Hidrostatik kapal
SUBTRAK 50 cm dari Quarter Mean Draft (QM) untuk menemukan MCTC yang sesuai dari Meja Hidrostatik Kapal
10.53 + 0.5 = 11.03 m MCTC = 514.7
10.53 - 0.5 = 10.03 m MCTC = 485.6
--------------------
D. MCTC = 29.1
=====================================
KOREKSI GRAVITAS KHUSUS
Gravitasi Spesifik (Sg) sebesar 1,025 umumnya diasumsikan
SG = 1.026
Perpindahan Koreksi sg =
42180.02 × 1.026 / 1.025 = 42221.17
=====================================
KOREKSI TRIM
Koreksi Pertama = (C. TRIM x TPC x LCF x 100)/LBP
(0.0849 x 43.9678 x 0.2278 x 100) / 178
= 0.4777
Koreksi kedua = (TxT x D. MCTC x 50)/LBP
((0.0849x0.0849) x 29.1 x 50) / 178
= 0.0589
Koreksi pertama bisa positif (tambah), atau negatif (kurang), tergantung lokasi LCF dan kondisi trim. (Ini berarti tanda LCF dan TRIM)
Koreksi kedua selalu (+) (additive) terlepas dari trim atau faktor lainnya.
=====================================
Perpindahan bersih yang dikoreksi =
42221.17 + 0.4777 + 0.0589 = 42221.70
BERAT
MINYAK BAKAR 491 MT
MINYAK DIESEL 32.6 MT
MINYAK LUBE 15.6 MT
AIR SEGAR 244 MT
AIR BALLAST 965 MT
KONSTAN 295 MT
KAPAL CAHAYA 7918 MT
= BERAT TOTAL : 9961.2 MT
=====================================
Kargo = Perpindahan Bersih - Berat
= 42221.70 - 9961 = 32260.5 MT 👌
https://www.facebook.com/capt.haytham.nouni 👌
... 👌👇
Prosedur Survei ini Standar Internasional untuk segala jenis kapal. Kapal ini pertama kali disurvei cahaya, untuk menghitung konstannya. Kemudian disurvei ulang setelah dimuat untuk menentukan berat kargo.
#APPARENT_TRIM
Draf Forward (Fwd), Aft (Aft), dan Midships (Mid) dibaca di tanda Port (P) dan Starboard (S). Bacaan P dan S ditambahkan, dan hasilnya dibagi dua.
Draft Aft dikurangi dari draft Fwd, dan hasilnya adalah Apparent Trim. Jika Trim positif, Kapal dipangkas Oleh Kepala; jika Trim negatif, Kapal terpangkas Oleh Stern.
Draf Fwd = (Fwd(P) + Fwd(S)) / 2
= (10.49 + 10.50 ) / 2 = 10.495 m
Draf Aft = (Aft(P) + Aft(s)) / 2
= (10.56 + 10.59) / 2 = 10.575 m
Maksudnya Mid = (Mid(P) + Mid(s)) / 2
= (10.48 + 10.57 ) / 2 = 10.525 m
Trim Apparent = Aft - Fwd = 10.575 - 10.495 = 0.08 m
KOREKSI DRAF KEPADA PERPENDIKULER
Dist F Draft Mark : 1.53 m
Dist A Draft Mark : 8.310 m
LBP = 178 m
LBM = 178 - (1.53 + 8.310 ) = 168.16 m
Koreksi dihitung sebagai berikut:
Draft Aft yang Dikoreksi = (8.310 x 0.08(trim)) / 168.16 + Mean Draft Aft 10.575= 10.5789
Draft Fwd yang Dikoreksi = (1.53 x 0.08(trim)) / 168.16 - Maksud Draft FwD 10.495= 10.494
Aturan untuk menerapkan koreksi:
Dipangkas oleh STERN:
Koreksi Maju = MINUS ( - )
Setelah Koreksi = PLUS ( + )
Dipangkas oleh KEPALA:
Koreksi Maju = PLUS ( + )
Setelah Koreksi = MINUS ( - )
Trim yang Dikoreksi = 10.5789 - 10.494 = 0.0849 m
CATATAN: Nilai ini digunakan dalam Rumus Koreksi Trim untuk menyesuaikan perpindahan
M.O.M = ( Fwd + 6 x Mid + Aft ) / 8 = 3.663 M
= ( 10.484 + 6x 10.525 + 10.5789) / 8
10,5278 m
Arti Draft Arti =10.5278 m
Merujuk pada Stabilitas & Manual Hidrostatik kapal dan Meja untuk nilai-nilai berikut:
Perpindahan
TPC: ton per Centimeter Immersion
MTC: Momen untuk mengubah Trim One Centimeter
LCF: Pusat Flotasi Longitudinal
=====================================
Interpolasi
Perpindahan
10.5278 - 10.52 = 0.0078
Perpindahan Draf
10.52 42145.7
10.53 42189.7
--------------------------
0.01 44
0.0078 x x = 34.32
Perpindahan @ draft 10.5278 = 42145.7 + 34.32 = 42180.02
=====================================
TPC
10.5278 - 10.52 = 0.0078
Draf TPC
10.52 43.96
10.53 43.97
--------------------------
0.01 0.01
0.0078 dan dan = 0.0078
TPC @ draf 10.5278 = 43.96 + 0,0078 = 43,9678
=====================================
LCF
10.5278 - 10.52 = 0.0078
Draf LCF
10.52 0.22
10.53 0.23
--------------------------
0.01 0.01
0.0078 dari z = 0.0078
LCF @ draft 10.5278 = 0.22 + 0.0078 = 0,2278
=====================================
Perhitungan â—‡ Delta MCTC
TAMBAHKAN 50 cm ke Quarter Mean Draft (QM) untuk menemukan MCTC yang sesuai dari tabel Hidrostatik kapal
SUBTRAK 50 cm dari Quarter Mean Draft (QM) untuk menemukan MCTC yang sesuai dari Meja Hidrostatik Kapal
10.53 + 0.5 = 11.03 m MCTC = 514.7
10.53 - 0.5 = 10.03 m MCTC = 485.6
--------------------
D. MCTC = 29.1
=====================================
KOREKSI GRAVITAS KHUSUS
Gravitasi Spesifik (Sg) sebesar 1,025 umumnya diasumsikan
SG = 1.026
Perpindahan Koreksi sg =
42180.02 × 1.026 / 1.025 = 42221.17
=====================================
KOREKSI TRIM
Koreksi Pertama = (C. TRIM x TPC x LCF x 100)/LBP
(0.0849 x 43.9678 x 0.2278 x 100) / 178
= 0.4777
Koreksi kedua = (TxT x D. MCTC x 50)/LBP
((0.0849x0.0849) x 29.1 x 50) / 178
= 0.0589
Koreksi pertama bisa positif (tambah), atau negatif (kurang), tergantung lokasi LCF dan kondisi trim. (Ini berarti tanda LCF dan TRIM)
Koreksi kedua selalu (+) (additive) terlepas dari trim atau faktor lainnya.
=====================================
Perpindahan bersih yang dikoreksi =
42221.17 + 0.4777 + 0.0589 = 42221.70
BERAT
MINYAK BAKAR 491 MT
MINYAK DIESEL 32.6 MT
MINYAK LUBE 15.6 MT
AIR SEGAR 244 MT
AIR BALLAST 965 MT
KONSTAN 295 MT
KAPAL CAHAYA 7918 MT
= BERAT TOTAL : 9961.2 MT
=====================================
Kargo = Perpindahan Bersih - Berat
= 42221.70 - 9961 = 32260.5 MT 👌
https://www.facebook.com/capt.haytham.nouni 👌
0
264
0
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
22.5KThread•13.6KAnggota
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru