rizuki77Avatar border
TS
rizuki77
Cara Menjaga Kesehatan Mental di Era Pandemi

Berbicara mengenai kesehatan mental mungkin sebagian orang berpikir bahwa kesehatan mental tak perlu untuk dijaga. Apalagi zaman sekarang, sebagian orang lebih mengutamakan kesehatan fisik dibandingkan kesehatan mental. Kesehatan fisik dapat dilihat dengan kasat mata, akan tetapi kesehatan mental tak terlihat dan sulit untuk ditebak. Mungkin dibalik senyum seseorang pasti ada rasa kekecewaan dan kesedihan yang sedang dirasakan. Walaupun fisiknya sehat dan memiliki tubuh yang prima tapi memiliki kesehatan mental yang buruk, itu bisa mempengaruhi aktivitas dan pola pikir seseorang.

Akibatnya ialah seseorang tersebut moodnya dapat berubah sangat drastis, lalu bisa depresi berlebihan, dan mengakhiri hidupnya dengan jalan yang singkat yaitu bunuh diri. Apalagi diera pandemi saat ini, aktivitas dan pekerjaan masih belum berjalan dengan normal dan orang-orang terpaksa harus beradaptasi dengan sistem yang dijalankan saat ini. Adanya PHK membuat orang-orang harus mencari cara lain untuk bertahan hidup serta ekonomi yang tidak stabil membuat seseorang bisa terguncang secara mental. Semua kesulitan itu bisa menyebabkan kesehatan mental seseorang teganggu. Namun setiap kesulitan pasti akan ada kemudahan. Selama kita masih mau berusaha dan berkarya maka akan ada banyak jalan untuk bisa bertahan diera pandemi ini.

Lalu, apa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental di era pandemi?. Semua hal pasti ada jalan keluarnya dan juga pasti ada caranya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental di era pandemi:

1. Selalu bersyukur setiap hari


Sumber : https://pixabay.com/id/photos/pagi-matahari-terbit-wanita-2243465/

Rasa syukur yang kita panjatkan kepada Tuhan yang maha esa dapat membuat hati dan pikiran kita menjadi tenang dan tentram. Bersyukur dapat membuat kita sadar betapa beruntungnya kita saat ini dan melihat bahwa masih ada orang yang lebih susah dari kita. Perbanyaklah rasa syukur setiap hari agar kita melewati hari demi hari semakin bersemangat dan produktif.

2. Koreksi diri dan luangkan waktu untuk me time


Sumber : https://pixabay.com/id/illustrations/identitas-diri-sendiri-citra-diri-801212/

Setiap orang pasti ada rasa ingin rehat sejenak dari segala aktivitas yang begitu padat. Apakah itu travelling, hang out, dan lain-lain ingin menyendiri dan menikmati waktu untuk sendiri. Me timedapat memberikan ruang untuk perasaan negatif yang sedang dirasakan dan dapat membuat self healing atau penyembuhan sendiri agar pikiran dan hati dapat jernih kembali.

3. Selalu dekatkan diri kepada Tuhan yang maha esa


Sumber:https://pixabay.com/id/illustrations/berdoa-doa-tahajud-muslim-masjid-5839561/

Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan maka hal-hal yang membuat kesehatan mental kita terganggu maka akan bisa teratasi dan membuat diri kita menjadi lebih ikhlas dan sabar. Kalau kita serahkan pada Tuhan, Tuhan pasti akan mendengarkan keluh kesah kita dan akan menunjukkan kepada kita jalan yang terbaik.

4. Apabila ada masalah cobalah untuk minta bantuan kepada orang lain


Sumber : https://pixabay.com/id/vectors/pasien-psikolog-konseling-6139182/

Jangan pendam sendiri apabila kita memiliki masalah yang berat. Dengan bercerita dan meminta bantuan orang lain maka masalah yang sedang kita alami bisa sedikit teratasi. Karena kita adalah makhluk sosial pastinya kita butuh orang lain.

5. Menerima dan mencintai diri sendiri Self Love


Menerima dan mencintai diri sendiri penting rasanya bagi kita semua. Dengan mencintai dan menerima segala kelebihan dan kekurangan yang kita punya, maka kita dapat lebih enjoy dan bahagia dalam menjalani aktivitas. Terkadang banyak orang yang ragu dan pesimis dengan dirinya sendiri. Banyak orang yang mudah putus asa bila mengalami kegagalan, sehingga tak ada rasa semangat untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Untuk itu, kita harus selalu menjaga kesehatan mental. Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Kalau kesehatan fisik mungkin salah satu caranya ialah makan makanan yang bergizi seimbang, olaharaga yang cukup, dan istirahat yang cukup. Akan tetapi kesehatan mental harus juga dijaga dan diberi asupan seperti list cara menjaga kesehatan mental di era pandemi ini. Mari selalu berpikir positif, menjalani aktivitas yang produktif, dan enjoy serta semangat dalam menjalani kehidupan ini. Lakukan yang terbaik dan jadilah versi terbaik dari diri kita sendiri.

 

 

azhuramasdaAvatar border
azhuramasda memberi reputasi
1
697
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.