News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ed9abd91acce56b049840f/implementasi-literasi-data-tekhnologi-dan-manusia-di-sd
Dalam era Revolusi Industri 4.0, SD (Sekolah Dasar) tidak cukup menerapkan literasi membaca dan berhitung (literasi dan numerisasi), tetapi harus menerapkan literasi data, literasi teknologi dan literasi sumber daya manusia atau humanisme. Artikel ini membahas tentang implementasi Literasi Data Tekhnologi dan manusia di SD Di abad 21 ini kemajuan teknologi berkembang sangat pesat, kita membutuhkan
Lapor Hansip
24-01-2022 01:13

Implementasi Literasi Data Tekhnologi dan Manusia di SD


Implementasi Literasi Data Tekhnologi dan Manusia di SD

Dalam era Revolusi Industri 4.0, SD (Sekolah Dasar) tidak cukup menerapkan literasi membaca dan berhitung (literasi dan numerisasi), tetapi harus menerapkan literasi data, literasi teknologi dan literasi sumber daya manusia atau humanisme. Artikel ini membahas tentang implementasi Literasi Data Tekhnologi dan manusia di SD

Di abad 21 ini kemajuan teknologi berkembang sangat pesat, kita membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki 3 pilar penting. Ketiga pilar tersebut terdiri dari literasi, kompetensi dan karakter. Pada World Economic Forum 2015, tiga pilar muncul: penguasaan literasi, kompetensi, dan karakter. Literasi bukan hanya soal membaca dan menulis tetapi juga literasi, literasi data, literasi teknologi, dan manusia. Indonesia saat ini memasuki era Revolusi Industri 4.0. Pertengahan abad ini (revolusi digital) ditandai dengan menyatunya teknologi dan kaburnya batas-batas ruang fisik, digital, dan biologis. Era Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan semakin sedikitnya aktivitas yang terikat secara fisik dengan lokasi geografis karena semua aktivitas manusia beralih dari manual ke digital.

Revolusi Industri 4.0 identik dengan teknologi, karena hampir setiap bidang kehidupan mengalami perubahan dari manual ke digital. Data Direktorat Jenderal PAUD Kemdikbud, Indonesia kini memiliki 33 juta anak usia 0-6 tahun. Guru perlu membangun keterampilan membaca anak, baik yang lama (literasi, numerasi) maupun yang baru (literasi komputer, teknologi, dan humanisme). Guru dan lembaga pendidikan dasar harus diperkuat dengan berbagai cara. Mulai dari kurikulum, sistem, kepemimpinan, model, strategi dan pendekatan pembelajaran dengan penguatan keterampilan membaca abad 21. Salah satunya adalah penguatan literasi guru dan lembaga pendidikan dari literasi lama (literacy, numeracy) ke literasi baru (data, teknologi, SDM/humanisme)

SD (Sekolah Dasar) sebagai dasar penentu kecerdasan intelektual, spiritual, danemosional pada anak, harus memperkuat keterampilan literasi abad 21. Mulai aspek kreatif, kolaboratif, komunikatif, dan pemikiran kritis. SD (Sekolah Dasar) sangat penting memperkuat literasi Data Tekhnologi dan manusia. Di era revolusi industry 4.0 ini siswa SD (Sekolah Dasar) harus mampu menguasai dunia digital, paham komputer. Tujuannya mewujudkan generasi berkompetensi tingkat tinggi, karakter dan literasi untuk menjawab tantangan era Revolusi Industri 4.0.

Lalu implementasi Literasi Data Tekhnologi dan manusia di SD adalah merevitalisasi sistem pembelajaran meliputi kurikulum dan pendidikan karakter, kurikulum berbasis TIK dan kewirausahaan.

Penulis

Nama : Andika Aji Setiawan

NPM : 1903050057

Kelas : 5A

 

0
Masuk untuk memberikan balasan
education
Education
3.1K Anggota • 16.1K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia