News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ecda0425629937c3736162/10-pulau-terbesar-di-dunia
Bumi yang kita huni ini sekitar 70% permukaannya tertutup air, dan taukah kalian bahwa bumi ini memiliki jutaan pulau di atasnya. Pulau sendiri dapat diartikan sebagai tanah atau daratan yang dikelilingi air dengan luas lebih kecil dari benua dan lebih besar dari terumbu karang. Sedangkan kumpulan dari beberapa pulau dinamakan pulau-pulau atau kepulauan. Pulau ada yang berukuran kecil dan ada pula
Lapor Hansip
23-01-2022 11:31

10 Pulau Terbesar Di Dunia

Bumi yang kita huni ini sekitar 70% permukaannya tertutup air, dan taukah kalian bahwa bumi ini memiliki jutaan pulau di atasnya. Pulau sendiri dapat diartikan sebagai tanah atau daratan yang dikelilingi air dengan luas lebih kecil dari benua dan lebih besar dari terumbu karang. Sedangkan kumpulan dari beberapa pulau dinamakan pulau-pulau atau kepulauan. Pulau ada yang berukuran kecil dan ada pula yang besar, berikut ini akan membahas 10 pulau terbesar di dunia.

1. Pulau Greenland
Pulau Greenland terletak di antara Samudra Arktik dan Samudra Atlantik Utara, timur laut Kanada dan barat laut Islandia. Greenland merupakan wilayah independen dari negara Denmark. Luas pulau saat ini ialah 2,166 juta km², Greenland merupakan pulau terbesar di dunia.80% dari seluruh wilayahnya tertutup es dan gletser yang di beberapa tempat ketebalannya mencapai 3 kilometer. Jumlah penduduk di kawasan ini hanya 56.367 jiwa (2020), dimana sebagian besar penduduknya adalah suku Inuit. Greenland adalah wilayah berpenduduk terjarang di dunia. Kurang lebih sepertiga penduduknya tinggal di Nuuk (Ibu kota sekaligus kota terbesar).

2. Pulau New Guinea
10 Pulau Terbesar Di Dunia
Pulau New Guinea atau dikenal juga dengan pulau Papua Nugini yang berada di wilayah Indonesia dan Papua Nugini. Pulau ini merupakan pulau terbesar di belahan bumi selatan. Terletak di sub-wilayah Melanesia di barat daya Samudra Pasifik, dan dipisahkan oleh Selat Torres selebar 150 kilometer dari benua Australia. Luas total pulau ini ialah 786.000 km². Pulau New Guinea merupakan pulau terbesar kedua di dunia. Wilayah pulau New Guinea dikelola oleh dua negara, di barat oleh Indonesia dan di timur oleh Papua Nugini. Wilayah pulau New Guinea didominasi oleh pegunungan tinggi. Pada ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut, Puncak Jaya merupakan titik tertinggi di pulau New Guinea. Pulau New Guinea memiliki deposit tembaga dan emas yang besar, beberapa di antaranya terbesar di dunia.

3. Pulau Kalimantan
Pulau ini terletak diantara Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Pulau Kalimantan yang terletak di bagian tengah barat Samudera Pasifik. Pulau Kalimantan sendiri memiliki luas total 743.330 km², menjadikan Kalimantan sebagai pulau terbesar ketiga di dunia. Luasnya hampir dua kali lipat luas Jerman. Pulau Kalimantan dikelilingi oleh Laut Tiongkok Selatan di bagian barat dan utara-barat, Laut Sulu di utara-timur, Laut Sulawesi dan Selat Makassar di timur serta Laut Jawa dan Selat Karimata di bagian selatan.

4. Pulau Madagaskar
Madagaskar adalah sebuah negara pulau yang terletak di pantai timur Afrika di Samudera Hindia dengan luas 587.041 km². Pulau Madagaskar terbentuk sekitar 88 juta tahun yang lalu, dengan pemisahannya dari anak benua India. Selain pulau utama, beberapa pulau kecil di sekitarnya juga menjadi klaim republik ini, seperti Pulau Juan de Nova, Pulau Europa, Kepulauan Glorioso, Pulau Tromelin Island, dan Bassas da India.

5. Pulau Baffin, Kanada
10 Pulau Terbesar Di Dunia
Pulau Baffin adalah sebuah pulau dari gugus Kepulauan Artik di wilayah Nunavut, Kanada. Pulau Baffin memiliki luas 507.451 km². Pulau di kepulauan Arktik ini menerima cuaca yang sangat dingin dengan suhu rata-rata tahunan -8 derajat Celcius. Pulau Baffin dinamai sesuai dengan nama penjelajah Inggris William Baffin. Pulau ini memiliki banyak fyord atau teluk yang berasal dari pencairan gletser, dan banyak juga ditemukan danau air tawar.

6. Pulau Sumatera
Dengan luas 473.481 km², pulau Sumatera merupakan pulau terbesar kedua di kepulauan Sunda, Indonesia. Juga merupakan pulau paling barat dari kepulauan Indonesia. Pulau Sumatera rentan terhadap gempa bumi dan tsunami yang kuat. Hal ini dikarenakan pulau tersebut berada di zona subduksi lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia.

7. Pulau Honshū, Jepang
10 Pulau Terbesar Di Dunia
Honshū adalah pulau terpadat ke-2 di dunia setelah Jawa dan pulau terbesar di Jepang. Pulau ini terletak di antara Samudra Pasifik dan Laut Jepang, Pulau Honshū merupakan pulau terbesar di Jepang. Pulau Honshū memiliki banyak sejarah penting dan dianggap sebagai daratan utama Jepang. Pulau ini memiliki luas 227.960 km² atau sekitar 60% dari total luas wilayah Jepang. Pulau honshu merupakan rumah bagi beberapa kota penting di jepang, antara lain tokyo, kyoto, hiroshima, yokohama, dan osaka.juga merupakan tempat bagi gunung tertinggi di Jepang, Gunung Fuji.

8. Pulau Victoria, Kanada
10 Pulau Terbesar Di Dunia
Pulau Victoria adalah pulau terbesar kedua di Kepulauan Arktik Kanada. Pulau ini memiliki luas total 217.291 km². Pulau ini pertama kali ditemukan oleh penjelajah Arktik yang bernama Thomas Simpson pada tahun 1838. Pulau ini dinamai Ratu Victoria, yang adalah penguasa Kanada dari tahun 1867 hingga 1901. Pada maret 2020 pulau ini berpenghuni 6.689.377 jiwa.

9. Pulau Inggris Raya
Inggris Raya adalah sebuah pulau yang terletak di Samudra Atlantik Utara di lepas pantai barat laut benua Eropa. Dengan luas 209.331 km², Inggris Raya merupakan pulau terbesar di benua Eropa. Pulau ini termasuk negara bagian atau daerah otonom Britania Raya, yaitu Wales, Skotlandia, dan Inggris.

10. Pulau Ellesmere, Kanada
Ellesmere adalah pulau paling utara dan juga pulau terbesar ketiga di Kanada. Pulau ini meliputi area seluas 196.235 km². Ellesmere adalah pulau terpencil yang terletak di Kepulauan Arktik Kanada. Pulau ini sebagian besar tertutup oleh lapisan gletser dan es. Puncak Barbeau merupakan titik tertinggi dari kawasan ini, Puncak Barbeau sendiri berada pada ketinggian 2.616 meter di atas permukaan laut. Pulau ini dianggap bagian dari Kepulauan Ratu Elizabeth, dengan Tanjung Columbia menjadi titik paling utara di Kanada.
Diubah oleh komdigital
profile-picture
ahfaloomz memberi reputasi
1
Masuk untuk memberikan balasan
education
Education
3.2K Anggota • 16.1K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia