Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
126
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e158b9d9aa860ffa3fefff/etika-saling-menghormati-yang-hilang-di-rimba-jalan-raya
SAHABATKASKUS - Sebuah pengalaman/kejadian yang dilihat sehari hari terkadang kita abaikan, mungkin kita beranggapan itu bukan hal menarik, tapi tidak dengan apa yang aku lihat pada waktu itu, walau awalnya sama seperti sebelumnya bermaksud hendak melupakan apa yang kulihat, tapi ada hal yang menarik yang membuat aku membuatnya menjadi sebuah tulisan, apa yang menjadi alasan hal itu menjadi sebuah
Lapor Hansip
14-01-2022 18:04

Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
SAHABATKASKUS - Sebuah pengalaman/kejadian yang dilihat sehari hari terkadang kita abaikan, mungkin kita beranggapan itu bukan hal menarik, tapi tidak dengan apa yang aku lihat pada waktu itu, walau awalnya sama seperti sebelumnya bermaksud hendak melupakan apa yang kulihat, tapi ada hal yang menarik yang membuat aku membuatnya menjadi sebuah tulisan, apa yang menjadi alasan hal itu menjadi sebuah tulisan sebelumnya simak dulu dua kejadian yang menjadi alasan terhadap tulisan tersebut.

Kejadian pertama

Sebuah minibus berhenti dan menurunkan anaknya untuk sekolah, kebetulan sekolah tersebut berada di pinggir jalan raya, dan berada di sisi sebelah kanan minibus tersebut berhenti, si bapak pengemudi turun sebentar lalu menyeberangkan anaknya ke depan sekolah, tentu waktu yang diambil bapak pengemudi minibus untuk mengantarkan anaknya keseberang jalan menimbulkan kemacetan lintas kendaraan dibelakangnya, dibelakang mini bus itu adalah sebuah angkutan umum (angkot).
Dengan brisik si angkot membunyikan klakson, sambil teriak teriak "Woi cepat kau, macat ini bla bla bla segala macam omelan".
Si bapak tergesa gesa sambil menunjukkan gesture meminta maaf, kemudian naik kemini bus nya dan segera berlalu dari tempat tersebut.
Siangkot pun berteriak setelah minibus bergerak, berujar "huh dasar orang kaya seenaknya saja".

kejadian kedua

Sehari berikutnya, sebuah angkot yang terlihat mirip dengan kejadian pertama (sayang tak terhapal no.plat kendaraan angkot dikejadian pertama, sehingga tak bisa memastikan itu angkot yang sama), berhenti beberapa meter dari persimpangan empat untuk menurunkan penumpang, entah apa penyebabnya si angkot agak lama melayani penumpang yang turun dari angkotnya itu.
Waktu yang diambil angkot tersebut mulai membuat jalanan pada jalur nya menjadi macet, sementara jalur sebelahnya berada pada posisi lampu merah, jelas jalur siangkot menjadi mengular dan menumpuk kendaraan di persimpangan empat tersebut, dibelakang siangkot adalah sebuah minibus yang mulai membunyikan klaksonnya agar siangkot segera bergerak, terlihat siangkot agak terburu-buru, entah karena kesal akhirnya siangkot pun berteliak ke arah belakangnya berkata "hah... Sabarlah orang kaya" sambil mulai bergerak, Rupanya karena kesal sedari tadi menunggu, siminibus membalas berteriak ke arah angkot yg berlalu itu, berkata "Woi,.. cepatlah orang miskin".

Yang mendasari saya menuliskan hal tersebut adalah sebuah pemberitaan di media informasi, yang memberitakan kejar kejaran antara angkutan umum sambil mengacungkan tongkat besi dengan sebuah minibus, yang mana penyebabnya adalah si angkot tidak terima di klakson, dan berita itu mungkin tidak seheboh berita bila ada sikaya vs simiskin atau cerita mayoritas vs minoritas atau cerita prostitusi mahal, kalau cerita yang begitu pastilah akan jadi mashur selama sebulan.

Kembali ke cerita, yang hendak ditanggapi adalah permasalahan yang mendasari timbulnya rasa permusuhan dijalanan dari segi penggunaan atribut kendaraan, (Jadi disini tidak dibahas dari sisi hubungan sosial, mungkin dithread lainnya).

Atribut kendaraan yang dimaksudkan adalah Klakson kendaraan, dimana etika penggunaan klakson inilah yang menjadi pemicu munculnya emosi, lalu emosi tersebut diluapkan ke ucapan ucapan yang bisa saja berpotensi menjadi gesekan permusuhan.

Etika yang baik saat ada kendaraan didepan tidak kunjung bergerak, bunyikanlah klakson singkat sebagai pemberitahuan.
Apabila klakson panjang dan terus menerus justru itu menunjukkan rasa permusuhan dan pemaksaan.

Saling menghormati sesama pengguna jalan dengan menerapkan etika yang baik pada penggunaan atribut kendaraan, akan membuat suasana kondusif dan terhindar dari rasa permusuhan.

Hidup dengan rasa persaudaraan itu lebih bisa dinikmati daripada hidup dengan rasa permusuhan, yang didapat hanya saling membully tanpa ada penyelesaian masalah.

Marilah segalanya diselesaikan secara baik (kekeluargaan), marilah kembali kepada budaya bangsa Indonesia.


Terimakasih sudah berkunjung dan membaca thread sederhana ini


Informasi terakhir mengenai pemberitaan si pengemudi angkot acungkan tongkat besi yang kejar kejaran dengan minibus, hendak di selesaikan secara baik baik menurut humas polda sumut (baca disini)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ezza.i dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.5K Anggota • 906.3K Threads
Halaman 1 dari 4
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
14-01-2022 18:48
Di Jakarta motor nyelonong lampu merah adalah hal yang biasa. Mobil mulai ikut-ikutan ngelawan arah. Juga gak ada yang namanya ngasih jalan, mobil mau jalan dari kondisi parkir dipepet terus dan gak jarang senggolan.

Dan habis itu kalo ada yang kenapa-kenapa, ribut.

Tolol kok dipelihara emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
14-01-2022 20:38
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
15-01-2022 11:31
Sekarang rata-rata pada egois ingin menang dan merasa paling benar , giliran di ingatkan malah ngGASS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
15-01-2022 12:15
Di jalan raya, yang berlaku adalah UU lalulintas.
Semuanya harus tunduk pada peraturan yang berlaku, tidak memandang gender ataupun senioritas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:02
Susah bre, rasanya sekarang selain si pengendara itu sendiri semua ada lawan dijalan raya emoticon-Hammer2
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
1 0
1
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:04
Lha kasus ambulan pasien meninggal karena g ada yg ngalah gimane?
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
1 0
1
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:07
Di medan berdasarkan koran lokal diatas 50% supir angkot pemakai narkoba, ngeri bah.

Baru 2 bulan lalu kejadian supir angkot medan dengan nekatnya terobos palang KA ditabrak KA tewas beberapa penumpang, si supir malah selamat kabur turun dari angkot, dicek positif lagi pakai...
Diubah oleh mewtwo68d
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:07
Ada lagi gan, pada saat di lampu merah.
Baru aja hijau 1 detik, yang belakang udah klakson-klakson terus.
Emang dikira sirkuit Moto GP apaemoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:08
Kejadian di mana itu? Koq Gotham banget aromanya? ..... Woiii orang kaya cepat sikit .... Woiii orang miskin sabar banyak .....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:09
Indonesia semakin sempit
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan sutanjuga memberi reputasi
2 0
2
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:10
Yang klakson panjang itu emang layak di bacok
emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
sutanjuga dan faldytanjungmsr memberi reputasi
2 0
2
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:12
Kalo di medan, kebanyakan warganya gak ngerti rambu2 dan traffic light
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:18
pernah lihat dan misah..pengendara motor ribut dengan sopir kontainer di lampu merah gegara pengendara motor berhenti di jalur kiri, sementara kalo belok kiri jalan terus ngak mengikuti lampu... di klakson sama kpntainer malah marah nyuruh supir kontainer turun ,,turun dong dia sempet adu jotos di pisah orang orang terus polisi datang ... dan tau gimana pengendara motor njelasin nya si hadapan polisi...pura pura bego ngak ngerti rambu ....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:18
Sdm bree..
Kebanyakan mobil murah, jokinya okb idiot gaya sultan. Mobil curut serasa maybach. Angkot otak dengkul. Kl alasan cari makan semua dijalan menuju tujuan cari nafkah. Bahu jalan buat ngetem sm pangkalan. Parkir di minimarket melintang ditengah2 nutup akses masuk ga mikir org berikut yg datang & cari parkir. Pokoke pada ga layak dititipin harta. Boro2 mau rasa persaudaraan dijalan. Belum lg konvoi2 moge & club2 motor gaje. Mirisnya pada tua2 kayak cari jatidiri. Ancuur dah ritme jalanan dibumi pertiwi. Damai saling menghargai cm mimpi bree emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jet1717 dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:18
Efek sim pada nembak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:21
Ane pernah bawa motor dalam keadaan kurang fit dijalanan sumedang lalu ada mobil kijang baru mau keluar dari rumahnya ane tadinya coba nge gas biar bisa lewat sebelum mobilnya ngalangin jalan tapi karena mobilnya maksa, ane jadi ngerem. normal aja sih.

tapi si bapak dalam mobil kelihatan gak suka dan bilang "gak lihat gw mau keluar" ane minta maaf kan karena mungkin ane salah, eh orang didalam mobil terus maki maki ane. goblok emang orang kek gitu banyak masalah di hidupnya kali yah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
om.gembel dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:27
Dilindas aja mereka semuaemoticon-Leh Uga

Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan sutanjuga memberi reputasi
2 0
2
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:28
Tinggal tunggu traffic macam vietnam aja, mungkin bisa perang disini.
GIF
profile-picture
profile-picture
sutanjuga dan 123nd1 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:30
Dah biasa breee, di pondok cabe yang bayar pajak motor doang sama angkot, sisanya ga bayar pajak.

Ane juga naik motor, kadang bawa mobil, dan gedek liat tingkah orang orang itu....

Suatu magrib yang macet, pemobil dan pemotor saling ngamuk.

pemotor pengambil hak orang : "minggir gw buru buru"

pemobil yang diambil haknya : "gw kagak, buru buru"

pemotor pengambil hak orang : "sombong amat loe mentang mentang orang kaya bawa mobil"

pemobil yang diambil haknya : "sombongan elo udah miskin blagu lagi ambil hak orang"

ane yang nongton di motor : emoticon-Leh Uga

Dan ane berlalu dengan muka ceria emoticon-Traveller

Mayan hiburan menjelang malam....
Diubah oleh anakucil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jet1717 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Etika Saling Menghormati Yang Hilang Di Rimba jalan Raya
18-01-2022 12:30
Barusan gw ketemu angkot ngetem di tengah jalan, pertigaan volvo arah pasar minggu, udeh gila kali tuh sopirnya... gw pukul aja spionnya
Diubah oleh hayukdah5683
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia