News
Batal
KATEGORI
link has been copied
36
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61af0606fab399438825dbc0/sepi-penumpang-amp-merugi-yia-bakal-kurangi-jumlah-karyawan
Pandemi Covid-19 membuat PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) berencana melakukan rasionalisasi terhadap sejumlah lini bisnis perseroan termasuk melakukan pengurangan karyawan. Upaya tersebut diambil seiring dengan minimnya pendapatan perseroan selama pandemi Covid-19 berlangsung. PTS General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pand
Lapor Hansip
07-12-2021 13:58

Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan

 Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan

Pandemi Covid-19 membuat PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) berencana melakukan rasionalisasi terhadap sejumlah lini bisnis perseroan termasuk melakukan pengurangan karyawan. Upaya tersebut diambil seiring dengan minimnya pendapatan perseroan selama pandemi Covid-19 berlangsung.

PTS General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, mengatakan sejumlah langkah rasionalisasi akan ditempuh oleh perseroan mengingat selama pandemi Covid-19 jumlah penumpang di Bandara YIA tidak memenuhi target.

Dikatakan Agus Pandu, target penumpang bandara YIA tidak terpenuhi. Pada 2020 silam, perseroan menargetkan jumlah penumpang mencapai 10 juta penumpang. Namun, realisasinya hanya mencapai 98.000 penumpang atau hanya 10 persen.

"Kita itu bisa balance atau malah untung itu kalau jumlah penumpang 10 juta tiap tahunnya. Namun, jika di bawah itu [10 juta penumpang] pasti kita akan merugi. Sehingga kami masih menunggu agar kondisi normal kembali," kata Agus Pandu pada Senin (6/12/2021).

Upaya rasionalisasi yang akan dilaksanakan oleh perseroan sendiri berupa pengurangan jumlah karyawan. Penghematan atau downsizing sejumlah fasilitas yang ada di Bandara YIA. Sampai dengan, pengurangan penggunaan utilitas seperti air dan listrik di bandara.

"Di tahun 2022, kami akan melaksanakan penghematan sekitar 20 persen biaya operasional. Kami mendapatkan anggaran dari pusat itu sekitar Rp300 miliar untuk operasional. Pada 2022, kami hanya mendapatkan anggaran sekitar Rp156 miliar saja," terang Agus Pandu.

"Sehingga ada konsekuensi baik pengurangan personalia maupun yang lainnya. Ini sedang kita bahas. Seperti apa langkah-langkah yang paling bijak untuk diambil oleh PT Angkasa Pura I Persero selaku pengelola Bandara YIA," sambung Agus Pandu.

Kondisi internal yang tidak menguntungkan akhirnya membuat perseroan kesulitan dalam membayar PBB yang akan jatuh tempo pada 8 Desember 2021 mendatang. Pemkab Kulonprogo yang sudah mendapatkan surat dari perseroan juga telah mengambil keputusan.

link


"Sehingga ada konsekuensi baik pengurangan personalia maupun yang lainnya. Ini sedang kita bahas. Seperti apa langkah-langkah yang paling bijak untuk diambil oleh PT Angkasa Pura I Persero selaku pengelola Bandara YIA," sambung Agus Pandu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 14:01
Ajab siskaee nih emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
Cikklancang dan peternakkadrun memberi reputasi
2 0
2
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 14:12
Bandara lama nya masih operasional kah? Kalo iya ya pantes aja sepi
profile-picture
peternakkadrun memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 14:18
padahal udah bagus diendorse siska e3.. eh malah ditangkep.. ga jadi rame dah...
profile-picture
peternakkadrun memberi reputasi
1 0
1
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 14:19
Padahal udah pake BA siskae
0 0
0
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 14:20
bagus biar karyawan BUMN merasakan bagaimana rasanya jobless seperti karyawan perusahaan penerbangan swasta yang tutup karena pandemi ini
profile-picture
ingkak memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 14:29
Ini semua gegara pandemi dan persyaratan prokes sering berubah menyesuaikan ppkm
Klo gak penting banget emang males pergi jauh
Diubah oleh momodtemenku
0 0
0
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 14:32
semua nya sepi dan bangkrut
0 0
0
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 14:36
Paling yg d cut karyawan anak usaha bumn, mcam gapura angkasa dan PKSS.. Mana mungkin karyawan AP1 nya yg d cut...
0 0
0
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 14:40
ribet bgt ..mo liburan ke jogya harus disambung lagi dari bandara ke kota jogya pake kereta bandara..1,5 jam...perjalanan......
profile-picture
profile-picture
arbaniserpong dan slarkkk memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 14:40
Quote:Dikatakan Agus Pandu, target penumpang bandara YIA tidak terpenuhi. Pada 2020 silam, perseroan menargetkan jumlah penumpang mencapai 10 juta penumpang. Namun, realisasinya hanya mencapai 98.000 penumpang atau hanya 10 persen.


Target 10 juta penumpang per tahun itu dibuat atas dasar apa ?? Jumlah penumpang bandara lama Adi Sucipto tahun 2019 (saat sebelum pandemi) saja cuma mencapai 7,1 juta penumpang

Padahal lokasi bandara YIA sangat tidak strategis, jauh dari kota jogja , dan sebagian penumpang tujuan jogja mungkin lebih memilih pindah ke kereta api
profile-picture
crusaders2003 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 14:40
Yang bikin berita keburuburu ngitungnya, 98rbu itu cuma hampir 1 persen dari 10juta.
Kalo dari proyeksi 10juta tapi yang ada hanyan 100rbu kurang sih bukan cuma harus kurangi karyawan tapi bikin sebagian aja yang beroperasi bandaranya. Kalo udah ga pandemi baru hidupin lagi perlahan.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 14:51
jauh sih ya sama jogja kota..
orang milih naik kereta..
0 0
0
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 15:18
siskaeee bisa dijadikan atraksi penarik konsumen emoticon-Request
0 0
0
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 15:20
dibantu promosi oleh siskaeee, bukannya terima kasih emoticon-fuck
Diubah oleh burung.mojo
0 0
0
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 15:33
Dari Tol, Kertajati, YIA, ....

Yuk next apa?

Penasaran sm yg dl punya argumen yg penting infrastruktur kan ada dulu, jadi dulu. Nah, padahal, kalo udh jadi gak ada yg make?

Penghasilan potensial terbesar mungkin malah dr cumafans, seperti dicontohkan mbak itu.
Diubah oleh utjuph
0 0
0
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 15:41
Ga jadi endorse Siskaeee ?!
0 0
0
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 16:01
lokasi nya kayak nyari dragonball
0 0
0
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 16:14
Pada 2020 silam, perseroan menargetkan jumlah penumpang mencapai 10 juta penumpang. Namun, realisasinya hanya mencapai 98.000 penumpang atau hanya 10 persen.


Jauh sekali....
0 0
0
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 16:25
hasil proyek tipu" menlen. bangun bandara jauh dari pusat kota
0 0
0
Sepi Penumpang & Merugi, YIA Bakal Kurangi Jumlah Karyawan
07-12-2021 17:23
1. jauh dari pusat kota DIY
2. bandara lama masih beroperasi
3. PPKM sering berubah, antigen/PCR wajib
emoticon-Cendol Gan emoticon-Toast
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia