News
Batal
KATEGORI
link has been copied
43
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61aed237b0d54d73c46cc1cd/ahli-soal-ppkm-level-3-nataru-batal-langkah-mundur
Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra menilai langkah pemerintah dalam membatalkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 saat Natal dan Tahun baru 2022 (Nataru) di Indonesia merupakan sebuah kemunduran.
Lapor Hansip
07-12-2021 10:17

Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur

Past Hot Thread
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah MundurJakarta, CNN Indonesia -- Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra menilai langkah pemerintah dalam membatalkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 saat Natal dan Tahun baru 2022 (Nataru) di Indonesia merupakan sebuah kemunduran.
Hermawan mengingatkan jumlah kasus kematian Covid-19 yang saat ini relatif rendah dapat kembali melonjak apabila PPKM sepekan saat Nataru tidak diperketat. Ia juga menyoroti capaian vaksinasi pada warga lanjut usia (lansia) yang masih rendah, padahal mereka merupakan kelompok mayoritas yang meninggal akibat Covid-19.

"Jadi kalau PPKM Level 3 dibatalkan, dalam rentang 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 itu sangat berisiko sekali, dan itu langkah mundur pemerintah. Waktu wacana awal itu kan belum ada varian Omicron, ini sekarang Omicron sudah menyebar seharusnya pemerintah semakin memperketat," kata Hermawan saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (7/12).

Hermawan menerangkan sejauh ini memang varian Omicron dinilai tidak memperparah gejala klinis sehingga diharapkan tidak menyebabkan kematian. Namun, ia mengingatkan bahwa temuan kasus-kasus varian Omicron di luaran sana mayoritas menyerang usia muda dan produktif.

Oleh karena itu, pihaknya khawatir apabila masih ada potensi keparahan gejala pada kelompok lansia sehingga berujung kematian. Apalagi apabila berbicara proteksi tambahan pada lansia lewat vaksinasi di Indonesia masih sangat kurang.

Data Kemenkes per 6 Desember Pukul 18.00 WIB menyebutkan baru 11.884.427 orang lansia telah menerima suntikan dosis pertama vaksin virus corona. Sementara itu, baru 7.675.296 orang lansia yang telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin covid-19 di Indonesia.

Dengan demikian, target vaksinasi pemerintah dari total sasaran lansia sebanyak 21.553.118 orang baru menyentuh 55,14 persen dari sasaran vaksinasi yang menerima suntikan dosis pertama. Sedangkan suntikan dosis kedua baru berada di angka 35,61 persen.

"Jadi tetap saja angka kematian bisa meningkat. Sekarang Omicron yang ditemukan di luar sana kan mayoritas menjangkiti usia muda saja, tapi coba lansia. Dan lansia kita juga mayoritas belum divaksin, lalu siapa yang bilang vaksinasi kita bagus?," kata dia.

Hermawan kemudian mewanti-wanti pemerintah untuk tetap menerapkan kebijakan berbasis saintifik dan juga pendekatan epidemiologis. Ia menilai, pemerintah sampai saat ini masih mempertimbangkan banyak aspek sosial-ekonomi.

Ia juga menilai bahwa PPKM berlevel atau levelling yang berlaku saat ini di masyarakat terkait mobilitasnya sudah menyerupai kondisi normal sebelum pandemi. Dengan kondisi demikian, pihaknya khawatir kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak pascalibur Nataru.

"Kebijakan ini kan hanya seminggu ya, ini saya nilai bentuk kemunduran dan disayangkan. Ketika negara lain seperti di Eropa dan Jepang yang menutup pintu masuk ke negara mereka karena Omicron, eh kita malah menurunkan upaya kita yang sebelumnya sudah cukup bagus untuk mengantisipasi ini," ujar Hermawan.

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan kebijakan PPKM Level 3 Nataru dibatalkan. Sebagai gantinya, pemerintah kembali menerapkan PPKM sesuai tingkat status atau levelling masing-masing daerah.

Ia menerangkan pemerintahan memutuskan mengambilkan keputusan itu karena mengklaim Indonesia sudah lebih siap menghadapi musim libur akhir tahun dengan melihat beberapa faktor.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan bakal menerapkan PPKM level 3 tanpa kecuali di seluruh wilayah Indonesia pada masa libur nataru, 24 Desember 2021-2 Januari 2021.

Beberapa waktu lalu, kala memberi arahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah Polri dan TNI, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ebijakan pemerintah yang terkesan berubah-ubah selama menangani pandemi Covid-19 wajar lantaran Virus Corona terus bermutasi dan memunculkan varian baru.

"Banyak yang bertanya ini kok pemerintah ini kayak bingung, berubah-ubah. Lha wong penyakitnya, virusnya, juga berubah-ubah kok. Bermutasi, berubah-ubah," kata Jokowi dalam arahannya di Bali, Jumat (3/12).

Menurut Jokowi, perubahan kebijakan dalam menangani pandemi ini merujuk pada situasi Covid-19 di nusantara. Ia pun mengklaim kebijakan yang berubah ini berdampak positif kepada kondisi perekonomian nasional sebab ada beberapa sektor publik dilonggarkan.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...langkah-mundur

Menyesuaikan toh...yaa bener juga sihemoticon-Traveller

profile-picture
profile-picture
profile-picture
trimusketeers dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 10:22
Siip
Kalo covid tau tau januari naek angka nya, ane udah ada perkiraan jawaban nya emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lindungibali dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 10:23
BACOOOOOOOOT
0 0
0
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 10:27
M.efendy kena Var oleh luhut... emoticon-Ngakak

sekarang kalau terpaksa banget buka dibawah umur 50 tahun aja yang boleh naik pesawat.. wkwkkw

ngeri kalau ada orang2 tua gitu..
0 0
0
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 10:33
Mau pake lvl brp juga, mnrt gw sih hasilnya sama aja, JANUARI PASTI NAEK LAGI. Waktu lebaran juga gitu kan: mudik dilarang, tempat wisata ditutup, mall dibatasi, but life always find a way. Jadi balik lagi aja ke pribadi masing2, klo gak mau sakit, tetep lakukan 5M.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LazyLayz dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 10:34
ppkm nanti aja lah pas lebaran emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan raptordeltadunn memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 10:39
siap-siap aja tu pakar diserang buzzerp sebentar lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sinkhole dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 10:40
emoticon-Takut emoticon-Takut
0 0
0
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 10:44
kena lobi lobi pasti
alasannya mau vangkrut
sektor pariwisata dari awal pandemi di utamakan tapi masih banyak yang protes
emoticon-Betty emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 10:46
emoticon-Salaman emoticon-Salaman ppkm kan peraturan penyekatan khusus muslim emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment gak berlaku buat yg non lahh.. emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
kalex46 dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 10:46
dulu waktu ada rencana PPKM se indonesia, ada pakar yang bilang "percuma".

sekarang ngk jadi PPKM se indonesia, tapi pake penyesuaian PPKM, dibilang kemunduran.

Pakar cuma pintar bicara, sumbangsihnya apa sih mereka itu secara nyata ?? BUkannya ngasih sesuatu yg solutif, cenderung "nyacati"

pokoknya semua dimata pakar "SALAH"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 10:52
terkadang ane muak sama para pakar medis yang sering teriak2 karantina, setuju ppkm,lokdon..enak bener triak2..apakah mereka berpikir di sisi yg lain gak sih? terutama disisi masyarakat yg kena dampak kebijakan pembatasan cem gini emoticon-Mad
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 10:54
gak tau dah, yang jelas ane gak mau menggerombol. sumpek.
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 11:06
mau periksa omicron bagaimana kalau reagen-nya beda & belum banyak dipakai? harganya pun lebih mahal, nggak bisa dijual Rp 275 ribu/tes. jangan andalkan antigen karena omicron ini nilai CT-nya relatif tinggi, jadi susah dideteksi tanpa amplifikasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sant1908 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 11:31
Ga usah lebay, kapan bisa kayak dulu lagi?

Udah vaksinasi tapi belum bisa balik kayak dulu?

Mortality rate varian oncom ini berapa persen sih? Bisa tembus 100% kah kayak serangan jantung?

Mortality rate varian baru terhadap yang sudah maupun belum vaksin berapa persen?

Kalau lu udah vaksin santai aja ga usah panik kecuali lu penyakitan
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 11:44
diperketat salah
dilonggarkan juga salah
pakar k3ntut kayak komentator sepakbola yang lebih hebat dari pemain
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 12:58
Quote:Original Posted By steinberger
ppkm nanti aja lah pas lebaran emoticon-Wakaka


Quote:Original Posted By gieshand
emoticon-Salaman emoticon-Salaman ppkm kan peraturan penyekatan khusus muslim emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment gak berlaku buat yg non lahh.. emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk


jumlah kafir nasaroh seindonesia berapa orang, yang mudik berapa orang? sebanding kah dengan jumlah umat seindonesia?
umat biar dilarang juga tetap mudik, gak ngaruh. ya kann....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vlad.eisenhauer dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 13:01
saya sudah capek pakai masker... emang anjing lah emoticon-Smilie
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 13:28
Mau jadi atau batal gak ngaruh buat ane...

Ane tetep jaga prokes..pake masker dan menghindari kerumunan....
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 15:16
Kalo melonjak lagi angkanya piye??
0 0
0
Ahli soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Langkah Mundur
07-12-2021 15:51
lebih baik jangan jumawa. tetap mawas diri.
kalaupun semisal mau ppkm dan bisnis hendak tetap jalan juga bisa. kan kita sudah belajar dari beberapa bulan lalu.
lebih baik tetap PPKM, untuk kita melihat kondisi ke depannya.
saya sendiri meski PPKM tidak jadi tetap ga jadi mudik. tidak berani saya taruhan kalau sampai ada apa2 dengan keluarga di kampung (toh kemarin Oktober saya sudah mudik). Natalan pun paling saya ibadah online. antisipasi dulu deh.
profile-picture
aluwungs memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia