News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ad880ca18ca02c90693a85/inilah-perbedaan-pipa-seamles-amp-pipa-welded-pipa-mana-yang-dibutuhkan-industri-anda
Seiring aplikasi industri telah berevolusi dan tumbuh lebih komplek, produk dan sistem perpipaan yang melayani mereka harus mengimbanginya. Beberapa jenis pipa industri ada beberapa metode yang digunakan diantaranya pembuatan pipa seamless dan pipa welded. Kedua jenis pipa industri  tersebut sebenarnya  terbilang identik yaitu sama-sama terbuat dari bahan dasar hot rolled steel dan berbentuk bul
Lapor Hansip
06-12-2021 10:48

Inilah Perbedaan Pipa Seamles & Pipa Welded! Pipa Mana Yang Dibutuhkan Industri Anda?

Seiring aplikasi industri telah berevolusi dan tumbuh lebih komplek, produk dan sistem perpipaan yang melayani mereka harus mengimbanginya. Beberapa jenis pipa industriada beberapa metode yang digunakan diantaranya pembuatan pipa seamless dan pipa welded. Kedua jenis pipa industri  tersebut sebenarnya  terbilang identik yaitu sama-sama terbuat dari bahan dasar hot rolled steel dan berbentuk bulat. Namun demikian, pipa welded dan pipa seamless sebenarnya berbeda.  Lalu apa saja perbedaan antara pipa welded dan pipa seamless? Jawaban yang mendasar adalah metode pembuatannya. Ada beberapa metode pembuatan pipa, namun yang paling menonjol di industri ini adalah membandingkan pipa welded vs  pipa seamless. 

Apa Itu Pipa Seamless?

Pipa seamlessdimulai sebagai sebongkah baja silinder padat yang disebut billet. Saat masih panas, billet ditusuk di tengahnya dengan mandrel. Langkah selanjutnya adalah menggulung dan meregangkan billet berongga. Billet digulung dan diregangkan dengan tepat hingga memenuhi panjang, diameter, dan ketebalan dinding seperti yang ditentukan. Pipa seamless diproduksi dalam berbagai ukuran dan banyak digunakan dalam piping process, perpipaan listrik, pembuatan kapal, bejana tekan, konstruksi, industri kimia, farmasi, minyak & gas dan sebagainya.

Apa Itu Pipa Welded? 

Pipa welded merupakan pipa besi yang diproses dengan metode pengelasan. Pipa welded dibuat dengan membentuk strip datar, lembaran atau pelat menjadi bentuk bulat atau melingkar dengan roller atau plate bending machine. Sambungan pipa ada yang jenis spiral dan ada juga yang longitudinal. Pipa kemudian dilas dengan atau tanpa bahan pengisi menggunakan sumber energi tinggi. Pipa las dapat diproduksi dalam ukuran besar tanpa batasan ukuran. Pipa las biasanya digunakan untuk transportasi air, minyak atau gas dalam jumlah banyak.

Perbedaan Antara Pipa Seamless dan Pipa Welded

1. Metode Pembuatan

Teknik yang biasanya digunakan pada pembuatan pipa seamless adalah teknik Mandrel Mill Process, yang hampir sama dengan proses Mannesmann Plug Mill (Hot Rotary Piercing). Selain itu ada juga teknik lainnya yaitu Extruction Process dan Push-Bench Process. Sedangkan teknik pengelasan papa pipa welded yang biasanya digunakan adalah mengalirkan arus listrik tegangan tinggi pada sambungan pipa sehingga sambungan akan meleleh dan melebur menjadi satu. Proses tersebut terdiri dari Electro Fusion Welding, High-Frequency Welding dan Electric Resistance Welding  untuk pipa dengan las longitudinal. Sedangkan untuk pipa dengan las spiral, menggunakan metode las Submerged Arc Welding.

2. Sambungan Pipa

Pipa seamless tidak memiliki sambungan, sedangkan pada pipa welded mempunyai sambungan las dibadannya, pipa seamless justru sebaliknya. Pipa seamless disebut juga dengan pipa tanpa kelim, yang artinya pipa besi tanpa sambungan.

3. Strength

Pipa seamless mampu menahan lebih banyak tekanan dan beban karena tidak ada sambungan. Sedangkan pada welded, Karena dibuat denga metode pengelasan, pipa ini diyakini hanya mampu menahan tekanan dan beban 20% lebih sedikit dibandingkan dengan pipa seamless.

4. Length Pipa

Panjang pipa seamless relatif lebih pendek karena tingkat kesulitan pembuatan. Sedangkan pada pipa welded dapat diproduksi dalam ukuran yang lebih panjang dan terus-menerus karena metode pembuatannya.

5. Size Pipa

Pipa seameles diproduksi dengan ukuran 24 inci atau kurang. Sedangkan pada pipa welden tidak ada batasan ukuran pada produknya.

6. Corrosion Resistance

Pipa seamless lebih tahan korosi dibandingkan pipa welded, karena pada pipa welded pada bagian pipa sambungan las lebih rentan terhadap serangan korosi.

7. Surface Quality

Kualitas permukaan pipa welded lebih halus berkualitas tinggi dibandingkan pipa seamless, karena pipa seamless dibuat melalui proses ekstrusi. 

8. Harga Pipa

Harga pipa welded lebih ekonomis dibandingkan pipa seamless.

9. Production Process

Lead time pengadaan pipa seamless lama, sedangkan pada pipa welded lead time pengadaan pipa yang lebih sederhana dan singkat.

10. Pengujian Pipa 

Pipa seamless tidak memerlukan pengujian integritas las, sedangkan pipa welded harus diuji terlebih dahulu sebelum digunakan.

11. Application

Pipa seamless cocok untuk digunakan pada suhu dan tekanan tinggi serta lingkungan korosif. Sedangkan, meskipun pipa welded biasanya digunakan untuk lingkungan bertekanan rendah dan kurang korosi, namun juga bisa diaplikasikan pada semua industri selama suhu, tekanan & variabel lainnya terukur serta tidak melebihi standar yang telah ditentukan oleh produsen. Sedangkan pipa welded dapat diaplikasikan pada semua industri selama suhu, tekanan dan variabel lainnya terukur dan tak melebihi standar yang sudah ditentukan oleh produsen. Sedangkan pada  aplikasi struktural, baik kedua pipa ini sama-sama dengan baik.

12. Internal Surface Check

Pemeriksa internal surface pada pipa seamless tidak mungkin, sedangkan pada pipa welded internal surface dapat diperiksa sebelum diproduksi.



0
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia