News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a56f8591adab5e9817ebef/ibadah-untuk-memohon-ampun-ini-niat-salat-dan-tata-cara-taubat-nasuha
Inilah keutamaan melaksanakan Salat Taubat Nasuha.  Salat Taubat Nasuha adalah Salat sunnah yang dilakukan seseorang dengan tujuan untuk bertaubat kepada Allah SWT karena telah melakukan dosa atau merasa berbuat dosa. Hikmah Mengerjakan Salat Taubat Nasuha 1. Dengan taubat hati yang sebelumnya terasa sempit menghimpit akan terbuka lebar dan terasa lapang. 2. Dengan taubat jalan yang se
Lapor Hansip
30-11-2021 07:25

Ibadah untuk Memohon Ampun, Ini Niat Salat dan Tata Cara Taubat Nasuha

Inilah keutamaan melaksanakan Salat Taubat Nasuha. 
Salat Taubat Nasuha adalah Salat sunnah yang dilakukan seseorang dengan tujuan untuk bertaubat kepada Allah SWT karena telah melakukan dosa atau merasa berbuat dosa.
Hikmah Mengerjakan Salat Taubat Nasuha
1. Dengan taubat hati yang sebelumnya terasa sempit menghimpit akan terbuka lebar dan terasa lapang.

2. Dengan taubat jalan yang sebelumnya berliku tidak berujung akan berubah menjadi lurus, akan berubah menjadi nyaman dan akan berubah menjadi lancar.
3. Dengan taubat suasana jiwa yang sebelumnya gelap gulita akan berganti menjadi jiwa yang bersinar terang benderang.
4. Dengan taubat hari-hari yang sebelumnya dipenuhi dengan kelesuan dan rasa malas untuk beramal, akan ditukar dengan kondisi yang diliputi dengan semangat dalam beribadah.
Dalam surah At-Tahrim ayat ke-8, Allah berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan tobat nasuha (taubat yang semurni-murninya)."
Lantas, apa yang dimaksud dengan tobat nasuha? Ibnu Katsir dalam Tafsir al-Qur'an al-'Azhim menjelaskan, taubat nasuha, yaitu taubat yang jujur, yang didasari atas tekad yang kuat, yang menghapus kejelekan-kejelekan di masa silam, yang menghimpun dan mengentaskan pelakunya dari kehinaan.
Salat taubat ini dianjurkan oleh Rasulullah saw sebagaimana sabdanya:
"Setiap orang yang pernah berbuat dosa, kemudian segera bergerak dan berwudlu', kemudian shalat lalu memohon ampunan dari Allah, pasti Aliah akan memberikan ampunan baginya Setelah itu dibacanya surah ini : Mereka yang pernah mengerjakan kejahatan atau telah berbuat dosa terhadap dirinya "sendiri, lalu mereka segera ingat kepada Allah, terus memohon ampunan atas dosanya. Siapa pula yang akan mengampuni segala dosa kalau bukan Allah. Sudah itu mereka insyaf dan sadar bahwa tidak akan mengulangi lagi perbuatan dosa seperti yang sudah sudah, maka mereka itu akan diganjar dengan suatu pengampunan dari Allah dan akan diberi pahala dengan sorga dimana dibawahnya mengalir air sungai-sungai, nun disitulah tempat mereka kekal abadi."
Salat Taubat Nasuha & Waktunya
Pada dasarnya, taubat merupakan perbuatan yang tidak dapat diundur atau ditunda-tunda.
Oleh karena itu, jika seorang muslim sudah berbuat dosa dan maksiat, segera untuk bertaubat.
Salah satunya dengan cara Salat taubat nasuha.
Salat taubat merupakan salah satu bentuk Salat mutlak yang waktu pelaksanaannya bisa dilakukan kapan saja, baik itu siang maupun malam.
Namun ada waktu pelaksanaan Salat taubat nasuha yang haram untuk dikerjakan seperti:
1. Mulai dari terbit fajar kedua hingga terbit matahari.
2. Saat terbit matahari hingga matahari naik sepenggalah.
3. Saat matahari persis di tengah-tengah hingga terlihat condong.
4. Mulai dari Salat Ashar hingga matahari tenggelam.
5. Ketika menjelang matahari tenggelam hingga benar-benar sempurna tenggelamnya.
Sementara itu, sebagian ulama menyatakan bahwa waktu pelaksanaan Salat taubat nasuha yang utama adalah pada 2/3 malam atau selama Salat tahajud dilaksanakan.
Salat taubat dilaksanakan 2, 4 dan 6 rakaat dengan waktu yang bebas.
Cara mengerjakan Salat taubat hampir sama dengan rukun Salat wajib pada umumnya.
Namun jika mau, kita bisa memperpanjang sujud terakhir untuk secara khusus bermunajat dan mengakui berbagai dosa kita serta memohon ampunan dengan segala kerendahan diri dihadapan Allah SWT.
 


KLIK SELENGKAPNYA >>>





0
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia