Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
271
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/617a138a9b377412e9796e7e/lebih-baik-mapan-dulu-atau-menikah-dulu
Menikah dan pasangan kebetulan 2 hal yang saling berkesinambungan. Sebagian besar tujuan dari berpacaran atau menjalin kasih adalah untuk merajut akhir yang bahagia, bener kagak, Gan? Gak mungkin kan pacaran cuma iseng kecuali emang ternyata si dia bukan orang the one. Salah satu sisi paling crucial kalau ngomongin nikah adalah masalah keuangan. Sepanjang atau selama apapun hubungan Agan & Sista,
Lapor Hansip
28-10-2021 10:05

Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?

Past Hot Thread
Menikah dan pasangan kebetulan 2 hal yang saling berkesinambungan. Sebagian besar tujuan dari berpacaran atau menjalin kasih adalah untuk merajut akhir yang bahagia, bener kagak, Gan? Gak mungkin kan pacaran cuma iseng kecuali emang ternyata si dia bukan orang the one. Salah satu sisi paling crucial kalau ngomongin nikah adalah masalah keuangan. Sepanjang atau selama apapun hubungan Agan & Sista, kalau finansial tak mendukung, semua bisa kandas di tengah jalan. Ini lah kenapa pentingnya komunikasiin tujuan dari hubungan kalian sejak awal.

Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?

Photo By Tribunnews.com

Merintis karir di era sekarang emang bukan perkara gampang karena banyak banget saingan. Ide kreatif bukan cuma dipunya 1 orang, tapi bisa segelintir orang memikirkan ide yang sama. Itu lah kenapa dari bangun bisnis atau jadi pekerja kantoran butuh perjuangan dan sisi autentik dari diri sendiri. Tapi, namanya perjalanan pasti penuh lika liku alias gak ada yang instan, sama aja kayak percintaan. Lo pernah gak sih ngalamin yang namanya harus nungguin pasangan sukses? Atau rela menikah dan merintis bareng? Biasanya pertanyaan kayak gini banyak ditujuin buat para Sista.


Kalo Agan pasti punya 2 kegalauan, yaitu mending mapan dulu atau nikah dulu?


Di satu sisi, kemapanan sendiri butuh kerja keras dan waktu. Buat cowok, kalau punya pasangan yang seumuran atau lebih tua, biasanya ini jadi salah satu beban karena harus bisa ngejar sebuah target belum lagi pasangan minta buruan menikah. Sedangkan, rasanya tak etis mengajak anak orang lain dalam kehidupan susah atau belum memumpuni karena wanita tersebut udah dibesarin sama orang tuanya dengan penuh kasih sayang dan kecukupan. Bener gak, Gan?


Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?

Photo By Hipwee.com


Sebenarnya jawaban dari dua pertanyaan itu ada kepribadian kalian berdua. Alias kemapanan dan keuangan itu bisa diomongin sebelum menikah biar gak kaget dan juga jelas dalam pembagiannya. Jujur akan pemasukan masing-masing diikuti bagaimana pandangan ke depannya dirasa wajib dikomunikasiin. Menurut ane peribadi sih.. Mapan untuk menikah tak perlu berlebihan asal cukup. Tapi, bukan berarti juga bisa seenaknya apalagi lepas tanggung jawab.

Nah, kalo menurut lo, mapan dulu atau nikah dulu nih?


profile-picture
profile-picture
profile-picture
asamboigan dan 19 lainnya memberi reputasi
16
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
29-10-2021 12:51
Pertanyaanya aneh sama dengan
Ni ane duit segini apa nabung dulu ya buat beli mobil?

Yg bener bawa duit yg banyak biar bisa mobil bagus, nyaman ditunggangi tampang keren perawatan tidak merepotkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tofazal dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
30-10-2021 22:12
secukupnya aja si. ngga perlu punya rumah mobil dulu, tapi ya jangan luntang juga hihi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:01
Mapan dulu, kecuali ente nikah gak buru2 bikin anak
profile-picture
profile-picture
SAP123 dan pengemudiserbis memberi reputasi
1 1
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:01
Yups betul
0 0
0
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:02
Niat dulu
0 0
0
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:02
Menikah dulu lah
0 0
0
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:06
lebih baik napas dulu dah. susah soalnya kalo gak napas. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚๐Ÿ™๐Ÿป emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
pengemudiserbis dan jicho22 memberi reputasi
2 0
2
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:07
MAPAN DULU! Jelas itu! Pria betanggungjawab pasti akan memenuhi dulu semua tanggungjawabnya baru mencari pasangan hidup & sebenernya dia ga perlu cari juga. Gue yakin wanita bisa kok melihat/merasakan seorang pria punya masa depan or engga.

Nikah pun jangan dijadiin target. Nikah umur 30? 40? 50? Emang kenapa?! Nikah terlambat emang kenapa?! Ada yang salah dengan itu?!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jayreap dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Lihat 49 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 49 balasan
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:13
Idealnya sih emg mapan dlu br nikah..
Tapi pengalaman liat temen2 ane, banyak sekali ane melihat bahwa kesuksesan datang setelah menikah.
Jadi ane skrg lbh condong berpikir, nikah dlu saja, jika nikah dengan niat yang baik, insya allah rezeki akan datang dgn cara yang tak terduga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prahmanareza13 dan 7 lainnya memberi reputasi
6 2
4
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:16
ikuti kata hati aja .. dulu ane pendapatan gak nentu cuma yang penting cari nafkah aja ama niat alhamdulilah semenjak nikah rejeki selalu dicukupkan ... kalau nunggu mapan gak bakalan kelar .. hidup kaya dan miskin terima saja yang penting laki laki selalu berusaha
profile-picture
leynardogc memberi reputasi
1 0
1
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:18
Menurut pengalamn ane mapan dulu harus punya usahaa, kalo bisaa
0 0
0
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:18
Dari opinini saya yg nikah muda dan udah punya 2 anak lebih baik kalian mapan dulu, trust me.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SAP123 dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:19
Yg penting modalnya cukup dulu.
profile-picture
MemoryExpress memberi reputasi
1 0
1
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:19
Hmm udah bolak balik dibahas sih beginian.. ujung2nya baca dibawah gag ada suatu pandangan dari TS.. dibalikkan lagi semua ke kita.. kesimpulan yg semua orang tau jawabannya.. tapi bisa jadi HT emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kinclong007 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:21
Paling dongkol ada thread model begini. Judul bertanya.
Lo mau cari viewer biar ramai komen. Cuih!
Makin banyak sekarang model beginian di kaskus. Salah satu akibat Kaskus sepi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kinclong007 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:24
nikah gansis, saran ane.emoticon-Coolemoticon-Traveller

MEJENG DULU di pejwanemoticon-Malu (S)
Diubah oleh GigiTato.
0 0
0
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:24
Menurut ane si enak nikah dulu gan, biar sama2 merintis dari nol sampai sukses, jadi ga keget klo nanti (amit2) mulai dari nol lagi. Khan ada aja klo udah mapan baru merit, lalu terkena keadaan yng memaksa untuk balik ke nol pada kaget dan memilih untuk berpisah.
profile-picture
MemoryExpress memberi reputasi
1 0
1
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:27
Kalau menurutku lebih baik menikah dahulu, karena dengan menikah akan mendapat motivasi yang lebih untuk dapat hidup mapan.
profile-picture
profile-picture
SAP123 dan mbah.mizon memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:28
Opsi ke 3....... Setengah mapan, alias.... Yg terpenting, sdh dpt kerjaan n penghasilan yg stabil nan jelas bngt, br nikah, gan.....calon bini/suami nya jg bgitu.......gak harus 100% mapan.....lbh bgs lg jk ke2 nya sama2 sdh dpt kerjaan n penghasilan yg stabil nan jelas...... walopun blum mapan 100% gan...... Jk bs pilih opsi ke 3 ngapain hrs pilih opsi 1 ato 2 itu..... emoticon-Big Grin
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SAP123 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Lebih Baik Mapan Dulu Atau Menikah Dulu?
31-10-2021 08:32
Ini sih tergantung calon-nya.
Ada calon yg maunya sama yg sudah mapan.
Ada calon yg mau berjuang bersama utk mapan.
Ada calon yg tidak peduli akan kemapanan.
Ada calon-nya yg mau diajak menikah dulu, itu yg penting.
emoticon-nyantai
Diubah oleh K.U.M.A.R.A
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia