Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
46
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614d761d96ca266f2a5c87f3/awas-obat-dan-kosmetikmu-bisa-jadi-ilegal-amp-palsu-begini-cara-check-izin-bpom
Bulan lalu TS main main ke kantor BPOM, sempat ngobrol juga dengan salah satu pegawai di sana. keliling melihat-lihat beberapa contoh obat ilegal yang sempat beredar di masyarakat, puluhan obat dan Kosmetik Ilegal dipajang di etalase kaca. Betapa kagetnya TS saat lihat obat yang familiar di keluarga kami. Beberapa obat tradisional yang pernah TS tahu juga mejeng di etalase tersebut. Berikut foto-f
Lapor Hansip
24-09-2021 13:54

Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bulan lalu TS main main ke kantor BPOM, sempat ngobrol juga dengan salah satu pegawai di sana. keliling melihat-lihat beberapa contoh obat ilegal yang sempat beredar di masyarakat, puluhan obat dan Kosmetik Ilegal dipajang di etalase kaca. Betapa kagetnya TS saat lihat obat yang familiar di keluarga kami. Beberapa obat tradisional yang pernah TS tahu juga mejeng di etalase tersebut. Berikut foto-fotonya.

Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM

(dokumen pribadi)

Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM

(dokumen pribadi)

Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM

(dokumen pribadi)

"Gimana caranya kita tahu kalau suatu obat atau kosmetik itu ilegal, tak ada izin BPOM?"

Pertama, buka website resmi BPOM di cekbpom.pom.go.id. 


Kedua, cari berdasarkan kategori yang kita tahu, ada banyak kategori yang bisa kita pilih, mulai dari nomor registrasi, nama produk, merek, jumlah & kemasan, bentuk sediaan, komposisi, dan nama pendaftar.

Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
Untuk mendapatkan hasil yang spesifik sebaiknya pilih nomor registrasi. Lalu masukan kode huruf di awal disertai nomor registrasi. Mari kita coba salah satu produk berikut ini,  nomor registrasinya --> NA18191231707

Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOMSetelah masukan nomor registrasi klik tombol cari.
Hasilnya seperti ini.
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
Ternyata produk tersebut asli, bukan ilegal, dan sudah melewati uji keamanan oleh BPOM. Merek dan nama produsennya sengaja TS sensor sebab thread ini bukan untuk promosi produk tertentu.


Dalam pencarian, kalau tidak keluar dengan mencari pakai nomor registrasi, bisa digunakan kategori lain seperti mereknya atau nama produsennya. Jika berbagai kategori sudah dicoba tetapi tidak ketemu, maka dipastikan produk tersebut belum mendapatkan izin edar dari BPOM. Segera tinggalkan, sebab itu produk ilegal, belum teruji khasiat dan keamanannya. Penge-check-an ini juga bisa dilakukan lewat aplikasi di smartphone yang bisa didownload di playstore, ketikan saja kata cek BPOM di klom pencarian.

TS kemudian bertanya ke pegawai itu, mengapa sampai sekarang kami sekeluarga aman-aman saja memakai produk X yang berada di etalase obat ilegal, padahal sudah lama banget, sejak TS masih SD sudah pakai produk X kalau ada sakit kulit. Penjelasannya seperti ini: Tenyata obat ilegal belum tentu palsu, tetapi obat palsu pasti ilegal. Obat ilegal belum tentu berbahaya dan bisa jadi memang punya khasiat penyembuhan. Cuma saja obat itu belum melewati uji standarisasi kelayakan BPOM, sehingga belum mengantongi izin edar sehingga statusnya terlarang dan meresahkan karena tidak ada kepastian prihal keamanan. 

Jika si produsen punya niat baik dan yakin produknya aman serta berkhasiat, maka tidak ada alasan untuk tidak mengajukan izin edar ke BPOM. Obat ilegal biasanya obat-obat tradisional yang kandungannya belum teruji keamanannya, dosisnya juga tidak bisa dipertanggungjawabkan. Ada juga obat ilegal yang datang lewat jalur impor yang masuk dari 'jalur tikus', alasannya biasanya gak mau bayar pajak dan gak mau ribet. Kesimpulannya obat ilegal itu bermasalah (tidak ada izin edar) dan punya kemungkinan  bahaya jika  digunakan. Bahayanya mungkin tidak langsung terasa dalam waktu dekat, tetapi efek jangka panjang bisa saja berakibat fatal. Hal ini juga berlaku untuk kosmetik ya.

Maka dari itu kawan-kawan, mari kita lebih berhati-hati. Luangkan waktu sebentar untuk check izin edarnya seperti yang telah TS jelaskan di atas. Oh ya kalau menemukan obat dan kosmetik ilegal kita bisa melaporkannya lewat BPOM Mobile.

Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM


Sekian dulu dari TS. Semoga info ini bermanfaat ya. Terima kasih emoticon-Smilie

sumber foto

sumber pendukung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk untuk memberikan balasan
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
27-09-2021 13:03
T i d a c k p e d u l i

yang penting kelihatan muka glowing, sampe leher kebawah ga karuan.
dikasi melamin kulit tebel masih aja ga bersukur

emoticon-Ngakak

makan tuh kanker kulit
kantong kering beneran dan kanker benran
profile-picture
EnzoMan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
27-09-2021 13:25
Bnyak sih yg model beginian gan, apa lagi yg murah2 ya, mending beli yg sedikit mahal sekalian tp mutunya terjamin

_______________________________________________
mampir ke Hot Thread ane ya gan emoticon-Smilie

Mengenal Brainwave Software


Semoga bermanfaat untuk semuanya emoticon-norose
emoticon-Paw
Diubah oleh greasemonkey09
0 0
0
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
27-09-2021 13:27
permasalahan kosmetik online selain lulus bpom:
- palsu
- tidak konsisten isi nya
0 0
0
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
27-09-2021 13:28
banyak nih korban kosmetik abal2 emoticon-Takut
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
27-09-2021 13:41
Kalo obat2 an cina herbal masuk BPOM juga gak yah??

Padahal banyak loh obat herbal cina yang bagus dan rata2 aman dikonsumsi karena herbal.

Salah satu contoh yang melegenda baru2 ini adalah Lian Hua
0 0
0
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
27-09-2021 13:43
ora urus
0 0
0
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
27-09-2021 13:54
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang cara cek izin BPOM pada kosmetik.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
0 0
0
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
27-09-2021 13:58
AMAN isi lisensi tuhan,ingat dosis
0 0
0
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
27-09-2021 14:25
ide besarnya bpom obat dan makanan biar terjamin mutu dan efektivitasnya

mutu itu supaya bahan2 yang dipake dijamin mutunya bukan bahan berbahaya, tidak mengancam keselamatan konsumen.

efektivitas yaa sesuai klaimnya
jadi jangan sampe orang protes setelah rutin minum bpom "slimming tea" tapi kaga kurus2 lalu produsen berdalih di kemasan kan sudah ditulis 'harus disertai olahraga dan diet teratur rendah kalori rendah lemak'

emoticon-Hammer2
profile-picture
fachri15 memberi reputasi
1 0
1
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
27-09-2021 15:20
Ini penting bgi sista2 spy kga ketipu kosmetik ilegal!

Bener kga(?) @ngejleb @makola @bitha
profile-picture
ngejleb memberi reputasi
1 0
1
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
27-09-2021 15:33
mau cantik yg alami gak perlu pake kosmetik mahal2 emoticon-Betty

makan aja buah dan sayuran bergizi bervitamin dan mineral krn dr sumber alami, perawatan dari dalam jauh lebih mumpuni emoticon-Betty

suka ketawa ngeliat org yg mahal2 beli skincare , perawatan ampe jungkir balik tp demen nyedot boba , atau makanan mengandung banyak gula emoticon-Betty
0 0
0
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
27-09-2021 21:33
emoticon-Rate 5 Star
0 0
0
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
28-09-2021 11:20
Banyak banget sekaram kosmetij spider men tuhhh
0 0
0
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
29-09-2021 15:56
Intinya beli kosmetik mending sekalian yg bermerk , walaupun mahal tapi aman untuk muka kitaa
0 0
0
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
29-09-2021 19:43
Banyak produk kosmetik yang beredar, mulai harga yang terjangkau sampai dengan harga sultan. Ada yang sekali oles langsung menunjukkan hasilnya secara instant ada yang perlu waktu agak lama baru menunjukkan hasilnya. Ini yang harus diwaspadai, jangan sampai wajah rusak akibat salah pilih kosmetik.
0 0
0
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
24-10-2021 05:55
pengetauan adalah modal utama, nice thread emoticon-raining
0 0
0
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
24-10-2021 06:01
tujuan kerja : cari makan, abis makan : kerja lagi emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
24-10-2021 06:20
kereen banget bisa gitu yak :hargapas
0 0
0
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
24-10-2021 06:24
nganggur asal banyak duit gpp gan :hargapas
0 0
0
Awas! Obat dan Kosmetikmu Bisa Jadi Ilegal & Palsu. Begini Cara Check izin BPOM
24-10-2021 06:30
menarik ni threadnya emoticon-Bikini
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia