News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614c9bf64b1df50261196a01/apa-tahapan-membangun-rumah-yang-benar
Apa tahapan membangun rumah yang benar Sumber:https://proyekabadi.blogspot.comSumber:https://proyekabadi.blogspot.com Tahapan membangun rumah sebelum memulai proses pengerjaan,kita harus mengetahui apa saja tahapan yang harus di perhatikan.dan apa saja yang harus kita persiapkan.agar rumah yang ingin kita bangun sesuai dengan keinginan kita. Karena baik rumah lantai 1 atau lantai 2 yang akan kita
Lapor Hansip
23-09-2021 22:23

Apa tahapan membangun rumah yang benar

Apa tahapan membangun rumah yang benar

Sumber:https://proyekabadi.blogspot.comSumber:https://proyekabadi.blogspot.com

Tahapan membangun rumah sebelum memulai proses pengerjaan,kita harus mengetahui apa saja tahapan yang harus di perhatikan.dan apa saja yang harus kita persiapkan.agar rumah yang ingin kita bangun sesuai dengan keinginan kita.

Karena baik rumah lantai 1 atau lantai 2 yang akan kita buat harus direncanakan terlebih dahulu agar rumah yang kita bangun tetap kuat dan kokoh,serta hemat dalam anggaran.lalu tahapan pembangunan rumah apa saja yang harus kita pelajari


Tahapan persiapan sebelum membangun rumah:


1.penentuan lokasi rumah.

Disini anda harus menentukan dahulu posisi bangunan yang akan di bangun mulai dari pengukuran lahan sampai letak posisi rumah mau di buat pas di tepi jalan atau mau menjorok ke dalam.

2.membuat desain gambar rumah.

Buatlah gambar desain rumah anda sesuai dengan keinginan anda.entah desain gambar rumah sendiri ataupun membayar jasa arsitektur.Ada baiknya kalo anda tidak bisa menggambar sendiri lebih baik menggunakan jasa arsitektur bangunan

3.membuat IMB (Ijin mendirikan bangunan).

Penting untuk anda perhatikan setelah gambar desain rumah anda jadi,maka anda perlu mengajukan IMB.agar pemerintah dapat memberi petunjuk tentang tata cara bangunan yang anda bangun tidak melanggar aturan pemerintah.


4.mencari tukang bangunan.

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mencari pekerja.terutama tukang bangunan yang berpengalaman dan profesional dalam pekerjaan baik tukang harian atau tukang borongantukang harian atau tukang borongan.tapi jika anda tidak punya waktu untuk mengawasi pekerja lebih baik menggunakan jasa kontraktor.

Setelah kita selesai dengan persiapan pembangunan rumah kita Langkah selanjutnya adalah memulai tahapan membangun rumah.

Proses pembuatan pondasi batu kali


Tahap tahap membangun rumah:


1.pekerjaan awal.

Pekerjaan awal yang dimaksud adalah penentuan lokasi bangunan,membuat boplang,lalu galian pondasi.perhatikan juga lebar dan kedalaman galian tanah.


2.membuat pondasi.

Jika pembuatan boplang dan galian tanah pondasi sudah selesai.kita bisa mulai membuat pondasi,baik kita menggunakan pondasi batu kalipondasi batu kali ataupun pondasi cakar ayam.


3.pekerjaan struktur.

Setelah pondasi selesai kita memasuki tahap pekerjaan struktur.yang meliputi pembuatan sloop,pembuatan kolom juga membuat dak(jika kita membangun rumah 2 lantai).


4.pekerjaan dinding.

Meliputi membuat dinding baik menggunakan bata merah,batako ataupun herbel(bata ringan).lalu setelah itu baru pekerjaan plesteran dan acian


5.pemasangan kusen,pintu,dan jendela.

Pemasangan kusen saat ini ada dua pilihan baik itu kusen kayu ataupun kusen alumunium.kalo memilih kusen kayu ada baiknya di lapisi politur dan cat agar kusen awet.


6.pengerjaan atap.

Jika kusen sudah terpasang kita bisa mulai membuat atap rumah(pembuatan kuda kuda,nok,gording,usuk dan reng) baik itu pakai rangka kayu ataupun rangka baja ringan.


7.pengerjaan plumbling,mekanikal dan elektrikal.

Jenis jenis pekerjaannya ialah pemasangan wastatafel,kran air,pemanas air,dan toilet.ada juga pemasangan instalasi air bersih dan air kotor.lalu ada pemasangan instalasi listrik yang meliputi jaringan kabel listrik,lampu penerangan,kotak sekering dan lain lain.

8.pekerjaan finishing.

Ini meliputi pemasangan keramik lantai dan keramik dinding,baik lantai ruang kamar,ruang tamu,maupun keramik dinding kamar mandi,keramik dinding dapur.ada juga pengecatan tembok.

9.pekerjaan tambahan.

Jenis pekerjaanya hanya jika pemilik meminta tambahan item,misal membuat garasi,pembuatan kanopi,atau taman lanscape.

10.pembersihan.

Yang terakhir dari tahap pembangunan adalah pembersihan baik di dalam rumah (pembersihan bekas cat di lantai),ataupun membersihkan lingkungan sekitar rumah(bekas puing beton,ranting,ataupun barang barang yang tidak terpakai).


Demikian tahapan membangun rumah yang saya dapat bagikan disini.semoga dapat bermanfaat bagi saudara sekalian jika berkenan silahkan beri komentar agar kami dapat memperbaiki segera.
Diubah oleh zahriayah2
0
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia