News
Batal
KATEGORI
link has been copied
112
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61495966cb582255c410df93/interpelasi-kalau-bersih-kenapa-harus-risih
Pada mulanya saya menyangka gubernur Anies Baswedan akan dengan senang hati menjawab interpelasi yang diajukan oleh Fraksi PSI dan Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta. Karena kita semua tahu bahwa gubernur Anies memiliki kelebihan untuk menatakata dalam setiap narasinya. Perkiraan saya gubernur Anies akan menujukkan kemampuan bernarasinya itu dalam menjawab soalan dalam interpe
Lapor Hansip
21-09-2021 11:02

INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?

Past Hot Thread

Quote:




Pada mulanya saya menyangka gubernur Anies Baswedan akan dengan senang hati menjawab interpelasi yang diajukan oleh Fraksi PSI dan Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta. Karena kita semua tahu bahwa gubernur Anies memiliki kelebihan untuk menatakata dalam setiap narasinya. Perkiraan saya gubernur Anies akan menujukkan kemampuan bernarasinya itu dalam menjawab soalan dalam interpelasi. Sehingga momen interpelasi ini akan menjadi sebuah panggung yang manis bagi Anies.


Quote:
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?







Namun ternyata dugaan saya salah. Sebanyak 7 fraksi (Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, Nasdem, Golkar dan FKB-PPP) menolak ajuan interpelasi itu. Bahkan penolakan itu dilanjuti dengan obrolan politik di meja makan bersama gubernur dalam sebuah acara khusus.  Sebagai sebuah proses politik sesungguhnya ini sesuatu hal yang biasa saja namun secara substansi ini luar biasa karena menunjukkan dengan gamblang keberpihakan 7 fraksi dalam persoalan uang rakyat yang tidak jelas dalam rencana ajang balap Formula E.

Usulan interpelasi ini bukan hal yang mengada-ada melainkan berawal dari kegelisahan wakil rakyat di DPRD DKI Jakarta termasuk kita semua terkait nasib uang rakyat sebanyak ratusan milyar. Uang ratusan milyar yang disetor untuk penyelenggaraan formula E itu hingga saat ini belum diketahui nasibnya apakah hangus ataukah masih bisa untuk ditarik kembali.

Dari hasil pemeriksaan BPK, Pemprov DKI diketahui telah membayarkan hampir 1 triliun rupiah kepada Formula E Operations (FEO) selaku pemegang lisensi Formula E. Pemprov DKI telah membayar Fee senilai Rp. 360 miliar pada tahun 2019 dan Rp. 200,31 miliar pada tahun 2020 sehingga total fee yang dibayarkan adalah Rp. 560,31 miliar. Kemudian Pemprov DKI juga menyetor dana kepada FEO sebanyak Rp. 423 miliar untuk pembayaran Bank Garansi. Dari total dana Rp. 983,31 miliar tersebut Pemprov DKI melalui PT Jakpro telah melakukan negosiasi namun hanya dapat menarik Bank Garansi senilai Rp. 423 miliar sedangkan fee sebanyak Rp. 560,31 miliar tidak dapat ditarik.

BPK sendiri menilai PT Jakpro belum optimal dalam melakukan renegosiasi dengan pihak FEO untuk menarik dana miliaran tersebut. Padahal keberlangsungan ajang balap Formula E ini tidak dapat dipertegas keberlanjutan kerjasamanya. Bahkan dalam kalender Formula E gelaran tahun  2022, Jakarta masih tidak tercantum sebagai tuan rumah.

Quote:
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?





Kondisi tersebut, menurut BPK tidak sesuai dengan sejumlah peraturan perundang-undangan, seperti Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, PP Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah dan PP Nomor 18 Tahun 2007 tentang Pendanaan Keolahragaan Peraturan dan Gubernur Nomor 83 Tahun 2019 tentang Penugasan kepada PT Jakarta Propertindo dalam Penyelenggaraan Kegiatan Formula E.

Kondisi tidak sesuai ini lebih terkait dengan pengelolaan keuangan daerah dilakukan secara tertib, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggungjawab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan, manfaat untuk masyarakat, serta taat pada ketentuan peraturan perundang-undangan sebagaimana dikutip dalam website https://jakarta.bpk.go.id

Dari hasil pemeriksaan BPK ini kita dapat menyimpulkan bahwa rencana penyelenggaraan Formula E di Jakarta ini tidak melalui kajian kelayakan yang menyeluruh terutama dalam hal pembiayaan. Sehingga tidak sesuai dengan sejumlah peraturan perundang-undangan sebagaimana tersebut diatas.


Gagalnya renegosiasi untuk menarik kembali fee sejumlah Rp. 560,31 juga menunjukkan tidak optimalnya Pemprov DKI dalam menjaga uang rakyat. Padahal gagalnya pelaksaan Formula E disebabkan oleh force majeur sehingga dengan begitu seharusnya renegosiasi memiliki landasan yang kuat dan jelas.

Di tengah situasi pandemi saat ini, fee senilai ratusan miliar tersebut bila ditarik kembali seharusnya dapat  digunakan untuk berbagai kebutuhan warga DKI Jakarta. Uang sebanyak Rp. 560,31 miliar tersebut bisa digunakan untuk program rehab ruang sekolah, normalisasi sungai untuk mencegah banjir serta banyak program lain yang akan jauh terasa lebih bermanfaat bagi warga Jakarta.

Kita tentu tidak mau uang sebanyak itu menguap begitu saja tanpa kejelasan. Atas dasar itulah sesungguhnya Fraksi PSI bersama Fraksi PDIP mengajukan hak interpelasi. Namun tampaknya Gubernur Anies beserta fraksi pendukungnya menolak proses interpelasi ini dengan keras.

Saya tidak memahami kenapa hak interpelasi yang merupakan hak anggota DPRD untuk meminta keterangan kepada Gubernur DKI mengenai kebijakan yang penting dan strategis dan berdampak luas kepada masyarakat ini seperti ditakuti. Hak interpelasi hanyalah hak untuk bertanya dan meminta keterangan sama sekali bukan proses yang mengarah kepada pemecatan kepala daerah.

Bila penyelenggaraan Formula E ini memang direncanakan dengan baik dan mendatangkan manfaat bagi warga DKI tentu gubernur Anies akan dengan mudah menjawab soalan yang akan disampaikan oleh fraksi PSI dan PDIP. Justru dengan menggalang penolakan bersama 7 fraksi lainnya semakin menunjukkan bahwa ada sesuatu yang ditutup-tutupi dalam kasus ini sehingga Gubernur sendiri merasa tidak percaya diri menghadapi interpelasi.

Kenyataan ini semakin memperkuat semangat dan keyakinan saya bahwa interpelasi ini harus terus digulirkan. Meskipun interpelasi ini terancam digagalkan dalam paripurna DPRD DKI namun setidaknya kenyataan ini memperlihatkan kepada kita bahwa kekuasaan memang harus diawasi terus menerus. Hak interpelasi ini adalah sebagai salah satu upaya pengawasan yang dilakukan oleh DPRD kepada pemerintah daerah sehingga memperkecil peluang pemerintah untuk melakukan segala hal yang menyia-nyiakan uang rakyat.

Perhelatan demokrasi telah memilihkan kita pemimpin daerah serta wakil rakyat yang duduk di DPRD. Oleh karena itu kita patut berharap setiap anggota DPRD dapat menjalankan fungsinya dengan baik untuk membela kepentingan rakyat. Saya tidak hendak menepuk dada namun dalam hal ini Fraksi PSI dan PDIP jelas telah menjalankan fungsinya itu dengan berani dan bermartabat.

Dalam sistem demokrasi, sudah semestinya wakil rakyat “berkelahi’ dengan pemerintah dalam rangka memperjuangkan kepentingan rakyat yang diwakilinya. Karena dalam demokrasi wakil rakyat yang “berkelahi” dengan pemerintah adalah jauh lebih baik ketimbang mereka sekongkol dalam menyia-nyiakan kepercayaan rakyat.

Saya yakin dan percaya dalam kasus interpelasi ini, warga DKI akan dapat menilai mana wakil rakyat yang benar-benar menjalankan fungsinya untuk “berkelahi” menjaga uang rakyat dan mana wakil rakyat yang justru memilih jalan diam sambil menikmati jamuan makan malam.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 37 lainnya memberi reputasi
30
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 11:08
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 11:09
"Kalau bersih kenapa harus risih?"

Enak banget bikin pernyataan, noh mural kenapa dihapusin kalau emang bersih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.noiss.. dan 20 lainnya memberi reputasi
19 2
17
Lihat 37 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 37 balasan
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 11:45

SIAPA YANG RISIH?

WAH ADA TS PANUTANQUE, KANG MAS VOKALIS, SUDAH BACA THRID DJOKO.WIDHODHO TERBARU BELUM?




emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 12:29
tinggal buktikan aja wan anies klo memang ga ada korupsi..ga perlu ajak makan malam
Diubah oleh ANDIIRAWAN79
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 13:13
njirr langsung gaess dibikin akun giring dimari emoticon-Leh Uga

bukti klo buzzer itu nyata emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Admnistrators dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 13:56
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MasterSims dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 14:20
Wah... Ada Giring di sini...
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan Giring.Ganesha memberi reputasi
2 0
2
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 14:32
Edan, mantap bener ini ada Bro Giring di Kaskus segala.

Tapi tulisannya memang sangat logis, objektif, dan bisa dipahami kok. Interpelasi adalah hak bertanya dari DPRD yang dilindungi UU.

Dulu Ahok juga pernah kan kena ancam interpelasi tapi dia malah menyambut ancaman itu dan endingnya apa? DPRD malahan mingkem dan sibuk menyusun rencana lain, yaitu mengancam pemecatan dengan hak angket.

Supaya lebih jelas, silahkan baca berita di TribunNews ini, bedanya Anies dan Ahok dalam menghadapi panggilan interpelasi:

https://jakarta.tribunnews.com/2021/...-fraksi?page=4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MasterSims dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 15:05
Mantapp nih Idolaa Bro Giring. Semoga upaya2 ini bisa didengar dan ditindak lebih lanjut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 15:07
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By chatcare
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?


sudah dibaca gan, cendol meluncur!
Quote:Original Posted By djoko.widhodho
WAH ADA TS PANUTANQUE, KANG MAS VOKALIS, SUDAH BACA THRID DJOKO.WIDHODHO TERBARU BELUM?




emoticon-Cendol Gan


nah bener nih, kalau bersih, kenapa risih
Quote:Original Posted By ANDIIRAWAN79
tinggal buktikan aja wan anies klo memang ga ada korupsi..ga perlu ajak makan malam


emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By rhinocerosandro
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?


cendol gan
Quote:Original Posted By smoxrz
Wah... Ada Giring di sini...
emoticon-Matabelo


emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By roberthw
Edan, mantap bener ini ada Bro Giring di Kaskus segala.

Tapi tulisannya memang sangat logis, objektif, dan bisa dipahami kok. Interpelasi adalah hak bertanya dari DPRD yang dilindungi UU.

Dulu Ahok juga pernah kan kena ancam interpelasi tapi dia malah menyambut ancaman itu dan endingnya apa? DPRD malahan mingkem dan sibuk menyusun rencana lain, yaitu mengancam pemecatan dengan hak angket.

Supaya lebih jelas, silahkan baca berita di TribunNews ini, bedanya Anies dan Ahok dalam menghadapi panggilan interpelasi:

https://jakarta.tribunnews.com/2021/...-fraksi?page=4


profile-picture
profile-picture
profile-picture
keenan09 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 15:24
Fans formua E banyak woy








KATA NYA
KATA NYA
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 15:45
Ane dukung giring 2024 biar dapet hengpong emoticon-Leh Uga
ga peduli negara ancur yang penting dapet hengpong emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angel.y dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 18:31
opini yg penuh kontroversi tpi ad benernya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angel.y dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 19:11
Pantesan taon kmaren pemprov dki ga mampu ngasi bansos sampe minta bantu sama pemerintah pusat, trnyata karena duitnya abis bwt ngadain lomba balap tamiya yak? 🤔
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angel.y dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 19:17
kalo ane sih liatnya interpelasi tuh stigmanya negatif, jadi terlepas dari yg diinterpelasi bisa menjawab dengan baik atau tidak tapi udah dicap jelek duluan. sama kaya impeachment, di mana trump pernah diimpeach tapi lolos, tetep aja jadi noda hitam bahwa dia menjadi presiden yang pernah diimpeach (sampai 2x pula dalam 1 periode jabatan). nah kalo liat strateginya anis lagi nyari reputasi buat maju pemilu 2024, wajar aja upaya2 yang bakal bikin citra dia negatif ditembak jatuh duluan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
candidat.master dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
21-09-2021 20:20
Maksudnya bro giring mo interpelasi pengembalian dana pembelian tanah di cengkareng?? 😄
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
22-09-2021 17:49
emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By gikogaza
Fans formua E banyak woy
KATA NYA
KATA NYA


kalau setubuh, cendol dong ganemoticon-Toast
Quote:Original Posted By kopibawang
opini yg penuh kontroversi tpi ad benernya emoticon-Big Grin


emoticon-Toast
Quote:Original Posted By kerenabiesz
Pantesan taon kmaren pemprov dki ga mampu ngasi bansos sampe minta bantu sama pemerintah pusat, trnyata karena duitnya abis bwt ngadain lomba balap tamiya yak? 🤔


menurut ane gan, seharusnya sih kalau bersih, tinggal jawab aja emoticon-Toast
Quote:Original Posted By vandebay
kalo ane sih liatnya interpelasi tuh stigmanya negatif, jadi terlepas dari yg diinterpelasi bisa menjawab dengan baik atau tidak tapi udah dicap jelek duluan. sama kaya impeachment, di mana trump pernah diimpeach tapi lolos, tetep aja jadi noda hitam bahwa dia menjadi presiden yang pernah diimpeach (sampai 2x pula dalam 1 periode jabatan). nah kalo liat strateginya anis lagi nyari reputasi buat maju pemilu 2024, wajar aja upaya2 yang bakal bikin citra dia negatif ditembak jatuh duluan


profile-picture
profile-picture
profile-picture
gikogaza dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
23-09-2021 10:06
kalo memang ada bukti anies korupsi lafur kpk bukan media
profile-picture
profile-picture
keenan09 dan winehsuka memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
23-09-2021 10:10
udah kek banteng, kadernya blak2an gaji dan tunjangan dpr, langsung dipanggil emoticon-Wkwkwk
mana dana aspirasinya 450 jt nya teng? yakin buat rakyat? emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
INTERPELASI; KALAU BERSIH KENAPA HARUS RISIH ?
23-09-2021 10:14
PDIP dan PSI
cie cie
padahal PDIP partai terkorup
padahal PSI partai pendukung LGBT
coba sebutin apa lagi coba?
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angel.y dan 8 lainnya memberi reputasi
4 5
-1
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia