Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
3
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61451d8a6cc0cb2fbf2a6b4f/kehidupan-pernikahan-sekarang-lebih-ribet-dibanding-dulu-emang-bener
Pernikahan… apa sih menurut Agan & Sista pernikahan itu sendiri? Sekedar 2 sejoli dimabuk asmara mengucapkan janji suci.. atau kira-kira maknanya melebihi itu? Tak pandang bulu, perkimpoian memang seperti kewajiban untuk setiap manusia. Bukan cuma diliat dari segi agama atau dorongan dari keluarga, tapi juga bagaimana budaya Indonesia sendiri mementingkan pasangan untuk mengakhiri kisah cinta
Lapor Hansip
18-09-2021 05:58

Kehidupan Pernikahan Sekarang Lebih Ribet Dibanding Dulu, Emang Bener?

Past Hot Thread

Pernikahan… apa sih menurut Agan & Sista pernikahan itu sendiri? Sekedar 2 sejoli dimabuk asmara mengucapkan janji suci.. atau kira-kira maknanya melebihi itu? Tak pandang bulu, perkimpoian memang seperti kewajiban untuk setiap manusia. Bukan cuma diliat dari segi agama atau dorongan dari keluarga, tapi juga bagaimana budaya Indonesia sendiri mementingkan pasangan untuk mengakhiri kisah cinta mereka dalam pelaminan. Demi mencapai kebahagiaan ini, kedua belah pihak pasti harus banyak berkorban, bener gak, GanSis? Ini bukan cuma sekedar materi aja ya sampai ke uang dan waktu pun ikut terseret. 

Kehidupan Pernikahan Sekarang Lebih Ribet Dibanding Dulu, Emang Bener?

Photo By Sehatq.com


Ribet pas nyiapin kimpoian? Gak seribet pas dompet kosong padahal udah klop banget sama si doi! Bikin dia nunggu tapi takut diambil yang lain, nikahin juga gak punya modal. Bentukkan hubungan kayak gini nih suka bikin kepala cenat cenut apa lagi buat kaum Agan. Pemikiran soal masa depan sih emang udah jalan cuma otwnya terasa lama dan sulittttttt ditambah masa pandemi pemasukan tak pasti. Keluhan bukan cuma ada di proses menuju pernikahan aja Gan tapi juga abis mengucap janji suci emoticon-Big Grin

Diliat dari budaya Indonesia sekarang, umur kayaknya bukan lagi jadi patokan buat nikah. Emang sih.. Pasti ada banyak orang tua terutama emak yang pas anaknya nginjek umur 25 dan masih jomblo, udah teriak kesana kemari, bener gak, Gan? Usut punya usur, persaingan masa sekarang dirasa lebih ketat, tak hanya dalam karir tetapi juga kehidupan sehari-harinya. Budaya barat mulai dinormalisasi sama berbagai negara di Asia, tak terkecuali Indo. Dunia malam, pergaulan bebas, dan kebiasaan yang mulai diimplementasikan ngebuat berubahnya kultur sebagian masyarakat.

Pernikahan di era serba modern bin canggih kayak sekarang perlu banget Gan usaha ekstra dalam segala aspek. Ane coba breakdown beberapa hal dalam kehidupan rumah tangga sekarang vs dulu. Sebenernya bukan unsur menopangnya yang berubah, tapi lebih ke gimana para kaum muda atau pasutri baru harus menyesuaikan diri nih Gan sama perubahan. 

Karir
Dapet gelar sarjana itu tak mesti ngerantau atau masuk PTN, karena banyak swasta bagus dan juga terjangkau. Itu lah kenapa persaingan cari kerja zaman sekarang semakin berat ditambah apalagi lawan punya skill yang mereka asah. Inget ya, Gan, skill tambahan juga penting, loh. Masalah ini, ane saranin GanSis jangan ngucap janji suci dulu sebelum punya kerjaan tetap. Bukan soal matre, tapi lebih baik udah punya pegangan dan jangan karena embel-embel cinta + jauhin zinah. 

Kehidupan Pernikahan Sekarang Lebih Ribet Dibanding Dulu, Emang Bener?

Photo By Edmuku.id


Pertanyaan ‘Kapan Punya Momongan’
Kedatangan sang buah hati pasti jadi kebahagiaan tak terhingga untuk orang tuanya. Masa modern membuat banyak keputusan baru yang mungkin di luar budaya masyarakat Indonesia. Ane yakin habis nikah pertanyaan soal momongan terasa normal buat ditanyain. Tapi, sebenernya kagak, gan. Kita gak tau apa gimana pasangan ini sepakat soal ‘anak’.

Kredit Dimana-mana
Well, sistem bayar cicilan bisa mempermudah pasangan baru menikah karena tabungan yang mayoritas masih sedikit. Banyak kok kredit dengan cicilan rendah buat tempat tinggal atau kebutuhan pokok lainnya. Tapi jangan kebablasan Gan gara-gara kredit jadi kegoda beli barang gak penting apalagi dikejar utan karena nafsu Ini lah salah satu cobaan yaitu nahan nafsu buang uang secara kredit.


Kehidupan Pernikahan Sekarang Lebih Ribet Dibanding Dulu, Emang Bener?

Photo By Bingkariau.com


Netizen Bebas Komen di Sosmed
Berapa banyak dari Agan & Sista sekarang suka ngeliat pasangan jadi influencer bareng berkat sosmed? Nah, kalau GanSis salah satunya, perlu diinget posisi sebagai public figure atau sekedar pengguna juga bisa dapet berbagai komentar dari orang yang liat. Jadi, mending tunjukkin apa yang harusnya ditunjukkin aja, ya. Jangan sampai mereka tau dapurnya karena kita keseringan posting di sosmed.

Kehidupan Pernikahan Sekarang Lebih Ribet Dibanding Dulu, Emang Bener?

Photo By Liputan6.com


Pendidikan Itu Investasi
Bukan cuma soal investasi buat anak, tapi.. Kita harus investasi juga biar anak dapet pendidikan terbaik. Budget nyekolahin si kecil emang gak murah, itu lah kenapa bangun keluarga perlu perencanaan matang.

Walaupun segala kesulitan di atas sering dialami pasangan muda di era ini, semuanya tetep bisa terkendali kok asal mau mulai untuk nyusun masa depan walaupun baru rencana menikah. Karena semuanya itu pilihan dan bisa teratasi dengan persiapan matang. Nabung, saling terbuka, dan komunikasi yang baik harus dijalanin. Tenangan Gan #SemuaAdaJalannya.



0
Masuk untuk memberikan balasan
Kehidupan Pernikahan Sekarang Lebih Ribet Dibanding Dulu, Emang Bener?
18-09-2021 15:39
Yg beda cuma keberadaan sosmed ajah..yg lainnya sama ajah... 😌
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan Tonozz memberi reputasi
2 0
2
Kehidupan Pernikahan Sekarang Lebih Ribet Dibanding Dulu, Emang Bener?
19-09-2021 23:10
Yang bahaya dikit dikit medsos, liat temen ad yg lebih jd insekur, jdnya idupnya ga bahagia..

Pendapat aj sih, soalnya ane blm nikah emoticon-Smilie
0 0
0
Kehidupan Pernikahan Sekarang Lebih Ribet Dibanding Dulu, Emang Bener?
25-09-2021 10:29
Kayaknya sama aja sih cuma beda jaman aja.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia