News
Batal
KATEGORI
link has been copied
47
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61097051a4ca8d5ae9263f75/history-of-belgorod-monster-bawah-laut-milik-rusia-yang-diselimuti-misteri
Lautan dunia sedang bergejolak, bukan karena ulah para bajak laut seperti dalam film Pirates of Caribean atau dalam serial komik One Piece. Bergejolaknya lautan karena dalam jarak waktu yang hampir berdekatan beberapa negara mulai meluncurkan kapal selam terbarunya. Salah satunya adalah Rusia, pada thread sebelumnya ane sudah membahas kapal selam Krasnoyarsk yang baru diluncurkan dari galangan kap
Lapor Hansip
03-08-2021 23:35

History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Lautan dunia sedang bergejolak, bukan karena ulah para bajak laut seperti dalam film Pirates of Caribean atau dalam serial komik One Piece. Bergejolaknya lautan karena dalam jarak waktu yang hampir berdekatan beberapa negara mulai meluncurkan kapal selam terbarunya. Salah satunya adalah Rusia, pada thread sebelumnya ane sudah membahas kapal selam Krasnoyarskyang baru diluncurkan dari galangan kapal Sevmash pada tanggal 30 Juli 2021.

Namun, beberapa bulan sebelumnya Rusia juga sudah mulai menguji coba salah satu "Monster Bawah Laut" yang digadang-gadang menjadi kapal selam nuklir terbesar dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. Nama monster bawah laut tersebut adalah K-329 Belgorod.

Dikutip dari Naval News (25/07/2021), Naval News menyebutkan bahwa kapal selam ini kembali melakukan uji coba lanjutan dan mulai meninggalkan Severodvinsk pada tanggal 25 Juni 2021.


Quote:
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri

Foto: MoD Russia



Kapal selam ini dibangun selama 30 tahun oleh Rusia, waktu tersebut sudah termasuk proses uji coba. Dirunut dari sejarahnya, kapal selam Belgorod sebenarnya masih satu kelas dengan kapal selam "Kursk" yang tenggelam pada tanggal 12 Agustus tahun 2000. Kalau membahas kapal selam milik Rusia memang agak rumit, karena mereka punya banyak varian. Sebelum membahas Belgorod, ane akan mengulas sedikit tentang varian Oscar I & Oscar II yang masih ada kaitan dengan kapal selam tersebut.


Bagian 1: Oscar I & Oscar II


Pada tahun 1975, Uni Soviet meluncurkan proyek pembangunan kapal selam yang diberi nama Project 949 Granit dan Project 949A Antey. Oleh NATO, Project 949 Granit diberi nama kesayang Oscar I, sementara Project 949A Antey diberi nama kesayangan Oscar II.

Pada tahun 1975 Soviet meluncurkan K-525 Arkhangelsk, kemudian tahun 1979 diluncurkan K-206 Murmansk. Kedua kapal selam ini termasuk proyek Oscar I, di mana hanya ada 2 unit kapal selam. Setelah dua unit berhasil dibangun, Soviet melanjutkan proyek baru yang bernama Project 949A Antey. Kedua kapal selam ini pada perkembangannya kemudian dinonaktifkan tahun 1996 dan di scrap tahun 2004.


Quote:
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri

Ilustrasi Oscar I.

Ilustrasi: wikipedia.org



Jika proyek Oscar I hanya berhasil membangun dua unit, maka proyek Oscar II berhasil membangun 11 kapal selam selama periode Uni Soviet dan Rusia. Kesebelas kapal selam tersebut adalah sebagai berikut: K-148 Krasnodar (non aktif), K-173 Krasnoyarsk (non aktif), K-132 Irkutsk (proses upgrade), K-119 Voronezh (aktif), K-410 Smolensk (aktif), K-442 Chelyabinsk (proses upgrade), K-266 Orel (aktif), K-456 Tver (aktif), K-186 Omsk (aktif), K-150 Tomsk (aktif), K-141 Kursk (total lost).

Sebenarnya Rusia bisa menggenapi kelas ini menjadi 12 unit kapal selam, sayangnya kapal ke-12 yakni "Belgorod" gagal diselesaikan pembuatannya. Akibat krisis ekonomi setelah bubarnya Uni Soviet, kapal ke-12 ditunda pengerjaannya. Belgorod (kapal ke-12) waktu itu dibangun tanggal 24 Juli 1992, 4 bulan setelah Kursk dibangun.

Sementara Kursk dibangun tanggal 22 Maret 1992, diluncurkan tanggal 19 Mei 1994 dan berdinas bersama Angkatan Laut Rusia tanggal 30 Desember 1994. Sayangnya Kursk hanya bertugas sekitar 6 tahun, pada tanggal 12 Agustus 2000, kapal selam ini tenggelam saat akan melakukan uji coba penembakan torpedo.

Kapal yang masih aktif dalam kelas ini ada 8 unit, kapal selam pertama (Krasnodar) dan kapal selam kedua (Krasnoyarsk) sudah tidak digunakan. 8 unit kapal yang tersisa kemudian pada tahun 2011 mulai melakukan modernisasi di galangan kapal Sevmash secara bertahap. Proses modernisasi ini oleh Rusia diberi kode "Project 949AM". Dengan modernisasi tersebut, 8 unit kapal selam tersebut punya kemampuan setara kapal selam terbaru Yasen-M Class.


Quote:
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri

Ilustrasi kapal selam Oscar II.

Ilustrasi: wikipedia.org



Bagian 2: Project 09852 "Special Mission"


Quote:
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri

Ilustrasi: navalnews.com


Pada tahun 2006 Rusia memulai Project 09852 untuk melanjutkan pembangunan kapal selam Belgorod yang sempat tertunda, pada tahun 2009 mereka lantas melakukan desain ulang terhadap kapal selam tersebut. Kapal selam dengan tenaga nuklir ini kemudian diberi label "Special Mission". Kedepannya kapal selam ini akan bisa melakukan berbagai macam misi, misalnya pengintaian, infiltrasi, serta menghancurkan basis pertahanan Amerika di wilayah pesisir.

Naval News dan beberapa media militer Eropa lainnya melaporkan, bahwa Belgorod kedepannya juga akan menjadi "Mothership". Artinya kapal selam ini akan menjadi kapal induk bagi kapal selam yang lain, karena Belgorod akan dilengkapi dengan kapal selam mini bertenaga nuklir dengan panjang lebih dari 20 m. Sementara senjata utamanya adalah torpedo antar benua yang ditenagai oleh nuklir, torpedo inilah yang dipersiapkan untuk menghancurkan aset starategis milik Amerika atau NATO di wilayah pesisir.

Dua senjata yang santer diberitakan berbagai media militer Barat adalah "Losharik" dan "Poseidon". Dua senjata ini dikabarkan akan meciptakan ancaman serius jika sewaktu-waktu konflik dengan Amerika dan NATO benar-benar pecah. Meski kedua senjata ini masih dalam tahap pengembangan, namun Amerika dan NATO harus tetap waspada terhadap dua senjata tersebut.

Kapal selam Belgorod sendiri diluncurkan Rusia pada tanggal 29 April 2019 di Sverodvinks, yang menarik pada saat peluncuran, bagian belakang kapal selam tetap dibiarkan terlihat. Sementara bagian depan kapal selam disembunyikan. Secara dimensi, Belgorod punya panjang 184 meter dan lebar 15 meter serta bobot mencapai 19000 ton, sejauh ini hanya itu yang diketahui. Tidak banyak detail yang diketahui dari kapal selam tersebut.

Dari segi ukuran, mungki hanya Typhoon Class yang mampu menandinginya. Typhoon Class merupakan kapal selam nuklir yang juga dibuat semasa Perang Dingin oleh Uni Soviet, kapal selam ini sempat menjadi yang terbesar. Dibuat untuk menandingi kapal selam Ohio Class milik Amerika, Typhoon punya panjang 175 m serta lebar 23 m.


Quote:
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri

Saat peluncuran Belgorod.

Foto: Oleg Kuleshov





Bagian 3: Apa Itu Losharik ?


Quote:
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri


Ilustrasi Losharik.

Ilustrasi: Komsomolskaya Pravda/east2west news


Dikutip dari Naval News, Losharik adalah kapal selam mini yang digunakan untuk misi mata-mata. Kapal selam mini bertenaga nuklir ini dapat menyelam di dasar laut selama beberapa hari, setelah itu kapal akan kembali ke induknya (mothership). Losharik sendiri sempat mengalami kebakaran pada tanggal 1 Juli 2019, di mana kejadian itu mengakibatkan 14 orang krunya tewas. Meski sempat terbakar, namun Losharik saat ini sudah mulai disiapkan kembali, dan dijadwalkan dapat beroperasi dalam beberapa tahun ke depan.

Para analisis barat merasa khawatir dengan keberadaan Losharik di masa depan. Karena kapal selam mini tersebut bukan hanya digunakan untuk misi mata-mata, akan tetapi juga digunakan memutus kabel internet bawah laut yang menghubungkan negara-negara Barat. Sebagai tambahan informasi, Losharik sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 1988 pada masa Uni Soviet dengan kode "Project 210", namun proyek ini ditunda akibat masalah ekonomi. Kemudian pada tahun 2003, Losharik resmi diluncurkan, dan terus dikembangkan bertahap secara rahasia oleh Rusia.

Panjang Losharik sendiri diperkirakan mencapai 60 atau 70 m, bobot saat dipermukaan adalah 1600 ton sementara bobot saat terendam mencapai 2100 ton. Untuk kru yang bertugas adalah 25 orang. Bagi analisis militer dan intelejen Barat serta pemerhati militer, Losharik adalah salah satu alustsista Rusia yang masih misterius.



Bagian 4: Torpedo Nuklir Poseidon


Quote:
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri


Iustrasi torpedo Poseidon.

Ilustrasi: Covert Shores


Menurut laporan Naval News, torpedo ini memiliki kode "Project 09851" (Status-6), sementara NATO memberi nama kesayangan "Kanyon"., torpedo ini memang khusus dibuat untuk diluncurkan dari platform kapal selam Belgorod. Oleh beberapa media militer Barat, torpedo ini disebut sebagai “Intercontinental Nuclear-Powered Nuclear-Armed Autonomous Torpedo”.

Kedepannya kapal selam Belgorod akan membawa enam torpedo Poseidon (kode "2M39"). Torpedo ini termasuk kategori senjata baru yang belum pernah digunakan oleh angkatan laut negara lain. Ukurannya pun cukup fantastis jika dibandingkam torpedo milik kapal selam pada umumnya.

Torpedo Poseidon memiliki panjang sekitar 20 meter, panjang torpedo ini hanya selisih 2 meter dengan panjang bus gandeng Trans Jakarta. Sebagai perbandingan, panjang bus gandeng Scania K320IA yang dipakai oleh Trans Jakarta adalah 18 meter, jika agan dan sista kebetulan sering naik atau melihat bus gandeng Trans Jakarta, maka panjang torpedo nuklir Rusia ini kira-kira sepanjang bus gandeng tersebut.

Dengan kamampuan autonomous, Posedion sendiri bisa dibilang sebagai drone bawah air raksasa dengan jangkauan yang jauh dan dibekali hulu ledak nuklir. Torpedo ini punya kecepatan sekitar 70 knot dan bisa menyelam sampai kedalaman 1.000 meter. Kemunculan torpedo ini diketahui oleh media pada akhir tahun 2015, waktu itu banyak media yang menyebutnya sebagai "super powerful nuclear torpedo".


Quote:
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri

Penampakan torpedo Poseidon.

Foto: TASS Russian News Agency



Bisa dibilang inilah senjata pamungkas dari Belgorod, torpedo nuklir ini dipersiapkan Rusia untuk menghancurkan infrastruktur pantai dan memberi jaminan kerusakan yang tidak dapat diterima musuh. Para analisis militer Barat percaya bahwa, dengan ukurannya memungkinkan Poseidon membawa hulu ledak yang melebihi rudal balistik antar benua yang diluncurkan dari darat.

Dalam aplikasinya di lapangan kelak, senjata ini akan ditembakkan dan meledak di dekat garis pantai musuh. Ledakannya disebut bakal memicu "tsunami" yang akan meluluhlantakkan sistem pertahanan lawan, infrastruktur serta para penduduk yang ada di sekitar wilayah tersebut. Christopher A Ford, mantan wakil menteri luar negeri Amerika mengungkapkan, Poseidon dirancang secara khsusus untuk "membanjiri" kota pesisir Amerika dengan "tsunami radioaktif".

Dikutip dari TASS Russian News Agency, sebuah sumber di industri pertahanan Rusia mengatakan kepada TASS bahwa, drone Poseidon yang sedang disiapkan oleh Rusia akan mampu membawa hulu ledak nuklir hingga 2 megaton untuk menghancurkan pangkalan angkatan laut musuh. Menurut data yang dilaporkan sumber tersebut, Poseidon nantinya akan memiliki kedalaman operasional lebih dari 1 km. Torpedo ini rencananya akan mulai diintegrasikan pada kapal selam Belgorod pada bulan Juni tahun 2022.

Jika yang dilaporkan oleh TASS benar adanya, dengan membawa hulu ledak nuklir mencapai 2 megaton, maka Poseidon benar-benar akan menjadi "tsunami radioaktif" yang mengerikan bagi dunia, seperti yang dikatakan Christopher A Ford. Sejauh ini kabar yang diberitakan oleh media Rusia memang belum bisa dikonfirmasi kebenarannya, karena yang bisa mengkonfirmasi hal tersebut adalah Kementerian Pertahanan dan Angkatan Laut Rusia. Namun, jika melihat rancangan dari Poseidon, meski hulu ledak yang dibawanya kelak tidak mencapai 2 megaton, senjata ini tetap akan menimbulkan efek yang buruk bagi alam dan umat manusia.


Quote:



Nah, demikian sekilas update tentang kapal selam nuklir terbaru milik Rusia. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat dan menambah referensi untuk agan dan sista, sampai jumpa emoticon-Angkat Beer




Referensi Tulisan: 1.2.3.4.5.6.7
Ilustrasi Foto: Wikipedia, MoD Russia, Google Image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alfidanger dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
03-08-2021 23:35
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri

Kapal selam menjadi salah satu alutsista strategis yang masih punya peranan penting di era modern, bagaimana pendapat agan tentang Belgorod ? Jangan lupa komeng emoticon-Toast


------



Tambahan dari Om @gonugraha76


Quote:Original Posted By gonugraha76
Melengkapi sejarah panjang project 09852, K 329 Belgorod :

1. Thn 1992, project 949A Antey cruise missile submarine class no 664 mulai dibangun di Sevmask Shipyard di Severodvinsk dengan no seri 664.

2. Thn 1993, no 664 resmi diberi nama K 139 Belgorod.

3. Thn 1997, K 139 Belgorod dihentikan pembangunannya karena masalah finansial.

4. Thn 2009, K 139 Belgorod dibangun kembali dengan kode project baru 949 AM setelah sistership nya K 141 Kursk tenggelam pada thn 2000. Diberi kode project baru salah satunya karena adanya program perpanjangan usia operasional dan modernisasi di sistem persenjataan.

5. Thn 2012, K 139 Belgorod yang sudah 70 % selesai justru dipretelin dan semua perangkat elektronik dan sistem persenjataannya dikembangkan dan dipasang ke hull baru yang jauh lebih besar dan menjadi bagian dari project kapal selam khusus dan kembali diberi kode project baru 09852 dan menjadi K 329 Belgorod.

Fun fact K 329 Belgorod :

1. K 329 Belgorod ternyata menjadi kapal selam ke 2 dari 5 unit kapal selam khusus torpedo poseidon carrier tetapi justru pertama yang selesai. Jika K 239 Belgorod berasal dari Antey class maka 2 unit lainnya berasal dari Borey class.

A. 09851 Khabarovsk ( dibangun thn 2014 dan blm selesai )
B. 09852 Belgorod ( dibangun thn 2012 dan selesai thn 2019 )
C. 09853 Ulyanovsk ( dibangun thn 2017 dan belum selesai )
D. 09854 tba
E. 09855 tba

2. Dibandingkan 2 lainnya, K 329 Belgorod adalah yang terbesar dan terberat.

3. K 329 Belgorod termasuk 5 generation submarine karena kemampuan sebagai carrier bagi manned midget submarine ( contoh project 10831 Losharik ) sekaligus induk dari integrasi sistem dengan unmanned underwater vehicle / UUV ( contoh project 18511 Halibut ).

4. K 329 Belgorod adalah kapal selam Russia yang pertama memakai bahan komposit pada permukaan bodinya sekaligus menggantikan sistem anechoic tile sehingga semakin susah dideteksi.
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
03-08-2021 23:48
Wah lg sering bahas Rusia nih

emoticon-Pertamax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 00:13
The real monster, ngeri nih tentengannya poseidon si penguasa laut dng trisulanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 00:49
Rudal asu kan ada yg nmny Poseidon jg y
Hrgny klo dlm Rp kisaran 1T gtu
Dbwa oleh Kalsel jg

Btw gw jd inget film suspense/Mystery
Kalsel tenggelam trus asu & Rusia kerja sma bwt nyari puingnya

Abyss apa klo gk slah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 00:51
Oh submarine yak. Bukan monster beneran semacam kraken
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 06:01
Gila yah, bukan cuma kapal peemukaan aja ada kapal induknya. Kapal selam juga punya, benar-benar edan lah mereka ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 06:03
Kapal selam mini? Ketawan jga, bikin aja mirip ikan paus baru bisa dibilang mata mata, terlalu gede? Kaya ikan selar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 08:12
jadi inget tragedi Kursk..

..proses pengangkatannya rumit sampe harus manggil perusahaan asing (dari Belanda kalo gak salah)..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 08:35
Quote:Original Posted By dieq41
Wah lg sering bahas Rusia nih

emoticon-Stick Out Tongueertamax


dituduh pro Timur kah nanti ? dulu karena sering membahas AS ada yang bilang "TS sepertinya pro Amerika" emoticon-Hammer (S)


Quote:Original Posted By 69banditos
The real monster, ngeri nih tentengannya poseidon si penguasa laut dng trisulanya


semoga torpedo nuklirnya tidak pernah digunakan gan


Quote:Original Posted By redemption878
Rudal asu kan ada yg nmny Poseidon jg y
Hrgny klo dlm Rp kisaran 1T gtu
Dbwa oleh Kalsel jg

Btw gw jd inget film suspense/Mystery
Kalsel tenggelam trus asu & Rusia kerja sma bwt nyari puingnya

Abyss apa klo gk slah


banyak yang memakai nama Poseidon gan, melambangkan kekuatan dahsyat di laut emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By durexz.uhuy
Oh submarine yak. Bukan monster beneran semacam kraken


bukan gan, kraken hanya ada dalam cerita. dengan daya hancur dan ulurannya, kapal selam ini bisa dibilang sebagai monster emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By pannotia.server
Gila yah, bukan cuma kapal peemukaan aja ada kapal induknya. Kapal selam juga punya, benar-benar edan lah mereka ini.


armosfer Perang Dingin kembali terasa gan emoticon-Ngacir




Quote:Original Posted By awixcool
Kapal selam mini? Ketawan jga, bikin aja mirip ikan paus baru bisa dibilang mata mata, terlalu gede? Kaya ikan selar


Rusia memang suka yang gede2 emoticon-Big Grin

karena akomodasinya 25 orang, tentu dibuat lebih besar, sejauh ini belum ada detail lebih lanjut apakah kapal selam mini nanti akan dipersenjatai atau tidak ? tapi beberapa media Barat menyebut kapal selam mini tersebut untuk misi "spy" emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By jagotorpedo
jadi inget tragedi Kursk..

..proses pengangkatannya rumit sampe harus manggil perusahaan asing (dari Belanda kalo gak salah)..


padahal sebelumnya diklaim tidak akan bisa tenggelam, mungkinkah karma ? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 08:42
kapal selam alutsista paling keren menurut ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 08:59
Bisa jadi di laut jawa banyak kapal selam yg diem2 ngendon ga ketahuan bertahun2. Misal ningkrong diatas bangkai kapal karam, yg bisa jadi bikin diabaikan saat terdeteksi radar. Kalau di palembang malah lebih banyak lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 09:07
Mungkin suatu hari nanti umat manusia hampir hancur oleh senjata yang dibuat untuk melindungi mereka sendiri...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 12:55
Bisa di kedalaman 1 km busettt kerass nih kapselemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
aghora dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 14:11
Melengkapi sejarah panjang project 09852, K 329 Belgorod :

1. Thn 1992, project 949A Antey cruise missile submarine class no 664 mulai dibangun di Sevmask Shipyard di Severodvinsk dengan no seri 664.

2. Thn 1993, no 664 resmi diberi nama K 139 Belgorod.

3. Thn 1997, K 139 Belgorod dihentikan pembangunannya karena masalah finansial.

4. Thn 2009, K 139 Belgorod dibangun kembali dengan kode project baru 949 AM setelah sistership nya K 141 Kursk tenggelam pada thn 2000. Diberi kode project baru salah satunya karena adanya program perpanjangan usia operasional dan modernisasi di sistem persenjataan.

5. Thn 2012, K 139 Belgorod yang sudah 70 % selesai justru dipretelin dan semua perangkat elektronik dan sistem persenjataannya dikembangkan dan dipasang ke hull baru yang jauh lebih besar dan menjadi bagian dari project kapal selam khusus dan kembali diberi kode project baru 09852 dan menjadi K 329 Belgorod.

Fun fact K 329 Belgorod :

1. K 329 Belgorod ternyata menjadi kapal selam ke 2 dari 5 unit kapal selam khusus torpedo poseidon carrier tetapi justru pertama yang selesai. Jika K 329 Belgorod berasal dari Antey class maka 2 unit lainnya berasal dari Borey class.

A. 09851 Khabarovsk ( dibangun thn 2014 dan blm selesai )
B. 09852 Belgorod ( dibangun thn 2012 dan selesai thn 2019 )
C. 09853 Ulyanovsk ( dibangun thn 2017 dan belum selesai )
D. 09854 tba
E. 09855 tba

2. Dibandingkan 2 lainnya, K 329 Belgorod adalah yang terbesar dan terberat.

3. K 329 Belgorod termasuk 5 generation submarine karena kemampuan sebagai carrier bagi manned midget submarine ( contoh project 10831 Losharik ) sekaligus induk dari integrasi sistem dengan unmanned underwater vehicle / UUV ( contoh project 18511 Halibut ).

4. K 329 Belgorod adalah kapal selam Russia yang pertama memakai bahan komposit pada permukaan bodinya sekaligus menggantikan sistem anechoic tile sehingga semakin susah dideteksi.
Diubah oleh gonugraha76
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4l3x4ndr4 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 18:04
Hebat jg rusia navy pd masa kini, gan..... Sdh kena di hantam bnyk sanksi ekonomi dr blok barat, tp tsar navy mlh msh sanggup tuk mmbiayai kasel2 nuklir nya...... emoticon-Big Grin
Diubah oleh yoseful
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 18:05
Belgorod ini kerennya dia punya LOSHARIK emoticon-Takut




profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 18:07
mantap threadnya sangat detil dan menambah pengetahuan. Kalo bikin thread tuh kayak gini kelihatan usaha nya dan pantas diapresiasi. Semangat terus gan.
profile-picture
profile-picture
aghora dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 18:08
Propaganda....
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 18:16
Membangun sebuah kapal selama 30 tahun
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
History of Belgorod: Monster Bawah Laut Milik Rusia yang Diselimuti Misteri
04-08-2021 18:17
Quote:Original Posted By ipanpun
kapal selam alutsista paling keren menurut ane


dan misterius gan


Quote:Original Posted By pertamaxhabisga
Bisa jadi di laut jawa banyak kapal selam yg diem2 ngendon ga ketahuan bertahun2. Misal ningkrong diatas bangkai kapal karam, yg bisa jadi bikin diabaikan saat terdeteksi radar. Kalau di palembang malah lebih banyak lagi


kalau di Palembang bisa dideteksi oleh semua orang emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By mynameisant
Mungkin suatu hari nanti umat manusia hampir hancur oleh senjata yang dibuat untuk melindungi mereka sendiri...


perang nuklir di depan mata gan, bahkan baru2 ini citra satelit Barat menangkap adanya 150 silo di salah satu gurun di C
China emoticon-Takut (S)


Quote:Original Posted By gabener.edan
Bisa di kedalaman 1 km busettt kerass nih kapselemoticon-Bingung


itu untuk varian torpedonya saja gan


Quote:Original Posted By gonugraha76
Melengkapi sejarah panjang project 09852, K 329 Belgorod :

1. Thn 1992, project 949A Antey cruise missile submarine class no 664 mulai dibangun di Sevmask Shipyard di Severodvinsk dengan no seri 664.

2. Thn 1993, no 664 resmi diberi nama K 139 Belgorod.

3. Thn 1997, K 139 Belgorod dihentikan pembangunannya karena masalah finansial.

4. Thn 2009, K 139 Belgorod dibangun kembali dengan kode project baru 949 AM setelah sistership nya K 141 Kursk tenggelam pada thn 2000. Diberi kode project baru salah satunya karena adanya program perpanjangan usia operasional dan modernisasi di sistem persenjataan.

5. Thn 2012, K 139 Belgorod yang sudah 70 % selesai justru dipretelin dan semua perangkat elektronik dan sistem persenjataannya dikembangkan dan dipasang ke hull baru yang jauh lebih besar dan menjadi bagian dari project kapal selam khusus dan kembali diberi kode project baru 09852 dan menjadi K 329 Belgorod.

Fun fact K 329 Belgorod :

1. K 329 Belgorod ternyata menjadi kapal selam ke 2 dari 5 unit kapal selam khusus torpedo poseidon carrier tetapi justru pertama yang selesai. Jika K 239 Belgorod berasal dari Antey class maka 2 unit lainnya berasal dari Borey class.

A. 09851 Khabarovsk ( dibangun thn 2014 dan blm selesai )
B. 09852 Belgorod ( dibangun thn 2012 dan selesai thn 2019 )
C. 09853 Ulyanovsk ( dibangun thn 2017 dan belum selesai )
D. 09854 tba
E. 09855 tba

2. Dibandingkan 2 lainnya, K 329 Belgorod adalah yang terbesar dan terberat.

3. K 329 Belgorod termasuk 5 generation submarine karena kemampuan sebagai carrier bagi manned midget submarine ( contoh project 10831 Losharik ) sekaligus induk dari integrasi sistem dengan unmanned underwater vehicle / UUV ( contoh project 18511 Halibut ).

4. K 329 Belgorod adalah kapal selam Russia yang pertama memakai bahan komposit pada permukaan bodinya sekaligus menggantikan sistem anechoic tile sehingga semakin susah dideteksi.


gila, bakal ada 5 unit ternyata om emoticon-Hammer (S)

apakah 4 unit yang lain juga akan dibekali Losharik ?

dan untuk bahan komposit yang dimaksud apakah sama dengan yang digunakan oleh peawat tempur ? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia