News
Batal
KATEGORI
link has been copied
168
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6100073f0569e93fe2458460/sudah-tuding-diperas-bank-syariah-jusuf-hamka-diminta-jk-buka-bukaan-perjanjian
Pengusaha Jusuf Hamka merasa diperas bank syariah, karena saat hendak melunasi pinjaman lebih cepat, justru dikenai denda hingga Rp 20,6 miliar. Terkait tudingan itu, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang akrab disapa JK, minta Jusuf Hamka membuka kontrak perjanjian dengan bank ke publik.
Lapor Hansip
27-07-2021 20:16

Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian

Past Hot Thread
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian

Pengusaha Jusuf Hamka merasa diperas bank syariah, karena saat hendak melunasi pinjaman lebih cepat, justru dikenai denda hingga Rp 20,6 miliar. Terkait tudingan itu, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang akrab disapa JK, minta Jusuf Hamka membuka kontrak perjanjian dengan bank ke publik.

"Kita tidak bisa bicara dulu, 'Wah bank syariah jelek seperti ini'. Lho apa isi perjanjiannya? Kalau isi perjanjiannya ada seperti itu, bahwa cicilannya harus sesuai waktu, ya tidak bisa begitu (pelunasan lebih cepat) dong," kata Jusuf Kalla dalam perbincangan dengan kumparan, Minggu (25/7) malam.

JK yang juga berlatar belakang pengusaha, memberi gambaran dalam perjanjian kredit dengan bank lazimnya terikat masa angsuran. Jika peminjam melakukan pelunasan lebih cepat dari masa angsuran, biasanya diatur di perjanjian ada penalti atau denda yang harus dibayar.

"Karena bank itu menyiapkan dana (misalnya) untuk 10 tahun. Tiba-tiba dikembalikan lima tahun, itu kan merugikan bank itu. Tentu isi perjanjiannya apa? Karena itu biasanya kita bayar ada semacam penalti, karena membayar (lunas) tiba-tiba," papar Jusuf Kalla.


"Iya harus (buka kontrak). Bank itu kan juga bisa menuntut kembali karena dirusak nama baiknya kalau terjadi," lanjut Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) tersebut.

Sebelumnya pengusaha jalan tol, Jusuf Hamka, mengaku diperas oleh bank syariah. Hal itu terjadi saat perusahaannya akan melunasi utang senilai Rp 790 miliar, namun dikenai denda senilai Rp 20-an miliar.

"Sekitar Rp 20,4 miliar atau Rp 20,6 miliar, itu kalau saya mau lunasin saya harus bayar sekian. Padahal utang saya Rp 790 miliar saya sudah lunasin semua, terus disuruh bayar sekian mana saya mau. Saya enggak pernah telat bayar bunga," ujar Jusuf Hamka kepada kumparan, Jumat (23/7).

Merasa diperas, Jusuf Hamka pun memilih membawa persoalan ini ke jalur hukum dengan melapor ke polisi. Dia juga menegaskan bakal membawa permasalahan sampai pengadilan.

https://m.kumparan.com/kumparanbisni...CrUo2s74s/full

Wow sekali ya.. emoticon-Malu (S)

Sejauh yang ane baca.. Denda/penalti yg d perbolehkan sesuai syariat dalam hadits itu cuma denda keterlambatan yang d sengaja.. Padahal dia mampu membayar.. emoticon-Malu (S)

Ane lom nemuin dalil yang membolehkan pengenaan denda terhadap orang yang mau mempercepat melunasi hutang2nya.. emoticon-Malu (S)

Quote:Menunda-nunda pembayaran utang yang dilakukan oleh orang mampu adalah suatu kezaliman. Maka jika seseorang di antara kamu dialihkan hak penagihan utangnya (dihiwalahkan) kepada pihak yang mampu, terimalah.โ€ (HR Bukhari, Muslim, Tirmizi, Nasa'i, Abu Daud, Ibn Majah, Ahmad, Malik, dan Darami).


Termasuk riba dong.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 38 lainnya memberi reputasi
35
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 20:18
Uda korban, masih jg disalahin ๐Ÿ˜„, sementara pelaku malahan dilindungi sesama ๐Ÿ˜„

Emg bener2 dah ni agama, plg mantap, ter - .... (Isi sndiri, tar mewekers) ๐Ÿ˜„, anti kritik ๐Ÿ˜„, pdhl apa iya, teknologi jaman nabi ny bisa disamain sama teknologi sekarang!? ๐Ÿ˜„, Kalau iya, ya jangan pake teknologi jaman sekarang dong, jangan pake Mobil, jgn pake hp, jgn pake internet; balik k jaman nabi lo bertransportasi dan berkomunikasi (naik kuda, pake burung buat kirim surat) ๐Ÿ˜„
Diubah oleh sub.zero.mk7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
14145 dan 48 lainnya memberi reputasi
41 8
33
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 20:22
Penerapan syariah perbankan di Indonesia mah cuma lip servis. Klo tau jeroannya.....emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
14145 dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 20:25
bersaut-sautan terus 3C ini...

Cendana-Cikeas-Chaplin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 20:26
bener juga TS emoticon-Leh Uga
syariah loh, hukum islam kan pake dalil emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 20:45
Cuma disini hukum berbalik arah emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MemoryExpress dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 20:49
sumpah baru kali ini gue denger yang bayar kebank dipercepat kena denda, ngelesnya aneh banget... jangan-jangan kalo macet kreditnya malah dikasih bonus lagi emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noekoe19 dan 13 lainnya memberi reputasi
9 5
4
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 21:02
semua bank sepertinya begitu...kalo kredit di lunasi sebelum tempo kena denda. ada kurvanya gitu, di waktu kapa denda itu tinggi/rendah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 21:07
Cepat membayar hutang jadi denda... Kayaknya kok gak sesuai syariah ya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EvoltoCiao dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 21:12
Kurang mudeng saya masalah perbankan, tapi karena ini labelnya "syariah" dan yg ngutang pengen lunasin lbh dahulu masa kena penalti bisa jadi bahkan riba emoticon-Ngakak (S) gak masuk akal banget loh yang katanya bank embel-embel agama.
Diubah oleh hantumasam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 21:19
astagay, ini pasti konspirasi bank riba wahyudi untuk mendiskreditkan bank caria.emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 21:22
Ayo buka2an perjanjian.
profile-picture
profile-picture
valkyr9 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 21:32
Syariah ya konve juga.. Bedanya kalo komve dijabarin paitnya di depan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 21:43
Lebih WOW lagi JK tiba tiba merespon kasus ini..
Pahlawan?
Menarik juga...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 21:58
kenapa bisa jk? bingung gue..

kenapa gak si engkong syariah aja yg komeng?


label syariah ada penalti juga? ๐Ÿ˜Š
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 22:03
syariah tapi doyan duit... tuakbir
profile-picture
profile-picture
valkyr9 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 22:05
Bank konve wajar, bank syariah dibuat wajar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 22:05
Benar sekalih,,
dibuka perjanjiannya..


Gw di bank konvensional pas lunasin juga bayar denda,,
Pas lunasin ada orang ngamuk2 gara mau bayar lunas tapi gak bisa, harus nunggu awal bulan, dan bayar bunga di bulan ini plus denda..

di Bank syariah juga pas gw minjam disebutkan jika pelunasan sebelum jangka waktu tertentu kena penalti..

tinggal masuk pengadilan aja ini, pembuktian siapa yg salah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 22:14
Yusuf Hamzah bakalan kalah di pengadilan
Memang perjanjian semua bang d Indonesia gitu ๐Ÿ™„
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 22:16
Apabedanya dengan bank konvensional????

Ingat quote buniyani. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Sudah Tuding Diperas Bank Syariah, Jusuf Hamka Diminta JK Buka-bukaan Perjanjian
27-07-2021 22:22
Bisa jadi perjanjiannya emang bukan pinjaman.

Tapi emang dibuat kayak jual beli dimana si pembeli berjanji akan membayar sebanyak jumlah tertentu yg dicicil dalam waktu sekian tahun.

Kalau mau dilunasi ya harus sebesar jumlah cicilan total.

Kalau emang si bank melanggar perjanjian kan bisa dituntut di pengadilan..




profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia