Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60f7f401c1dcd722d60a5d40/cara-melestarikan-permainan-tradisional-yang-hampir-terlupakan
Semakin berkembangnya kemajuan teknologi menyebabkan permainan tradisional semakin terlupakan. Maka dari itu kita sebagai bangsa Indonesia wajib melestarikannya untuk generasi bangsa selanjutnya. Ada beberapa hal yang wajib dilakukan untuk melakukan Cara Melestarikan Permainan Tradisional yang ada diberbagai daerah. Permainan tradisional merupakan sebuah budaya peninggalan dari masa lampau, dimana
Lapor Hansip
21-07-2021 17:16

Cara Melestarikan Permainan Tradisional Yang Hampir Terlupakan

Cara Melestarikan Permainan Tradisional Yang Hampir Terlupakan

Semakin berkembangnya kemajuan teknologi menyebabkan permainan tradisional semakin terlupakan. Maka dari itu kita sebagai bangsa Indonesia wajib melestarikannya untuk generasi bangsa selanjutnya. Ada beberapa hal yang wajib dilakukan untuk melakukan Cara Melestarikan Permainan Tradisional yang ada diberbagai daerah.

Permainan tradisional merupakan sebuah budaya peninggalan dari masa lampau, dimana pada waktu masa itu terdapat sebuah permainan yang dapat dimainkan oleh beberapa orang dan membuat para pemainnya merasa gembira atau senang. Permainan tradisional ini juga bisa memberikan manfaat untuk pemainnya, seperti menyehatkan tubuh.

Di Indonesia sendiri terdapat beragam jenis permainan tradisional, seperti Lompat Tali, Egrang, Bola Bekel, dan tentunya masih banyak lagi. Hal yang paling menyenangkan dalam permainan tersebut kita akan merasakan sebuah perasaan bahagia karena dapat memainkannya bersama teman-teman. Namun untuk saat ini permainan tradisional tersebut sudah jarang bahkan tidak ada lagi peminatnya.

Dikarenakan kalah persaingan dengan permainan teknologi modern seperti gadget. Maka dari itu kita sebagai generasi muda wajib untuk melestarikan permainan ini agar kelak dapat dirasakan oleh anak cucu kita. Lantas bagaimana Cara Melestarikan Permainan Tradisional agar dapat selalu di ingat dan tidak terlupakan?

1. Kurangi Jatah Pemakaian Smartphone Terlalu Lama

Smartphone merupakan sebuah ponsel pintar yang dapat melakukan apa saja melalui perangkat canggih tersebut, termasuk dalam bermain game. Bermain game online maupun offline melalui smartphone memang akan membuat penggunanya terasa seperti kecanduan, hal inilah yang sering kali dilakukan oleh sebagian besar orang.

Akan tetapi bermain ponsel pintar tersebut dapat menyebabkan efek negatif bagi penggunanya, beda halnya dengan permainan tradisional. Permainan tradisional dapat memberikan hal-hal positif di dalamnya, seperti menyehatkan badan dan pikiran, membuat perasaan senang dan bahagia, serta mampu menjalin persaudaraan antar sesama pemain.

Maka dari itu permainan tradisional seperti gasing atau layang-layang menjadi salah satu permainan yang sangat digemari pada masa lalu, tidak seperti jaman modern sekarang ini yang sudah tidak ada lagi yang memainkannya. Kita sebagai penerus bangsa harus tetap melestarikan semua permainan tradisional tersebut agar dikemudian hari anak cucu kita mampu merasakannya.

2. Ajak Teman Kalian Untuk Bermain Salah Satu Permainan Tradisional

Bagi kalian yang suka mabar Mobile Legends di smartphone, tentunya akan sangat menyenangkan. Tapi tahukah kalian, bahwa bermain game online di smartphone dapat memicu psikologis seseorang. Sebagai contoh yang mudah dipahami, jika kalian bermain game seperti ML (Mobile Legends) dan kamu menemukan anggota tim yang tidak kompak atau mengalami kekalahan.

Tidak sedikit orang yang akan merasakan emosi yang memuncak terhadap hal tersebut, bahkan sampai ada yang marah-marah sendiri hingga melemparkan ponselnya. Hal inilah yang dikatakan sebagi gangguan psikologis karena gadget. Beda halnya dengan permainan tradisional yang tidak akan kalian temukan tentang permasalahan seperti tadi.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, permainan tradisional dapat membuat perasaan senang dan dapat menjalin hubungan antar sesama pemainnya. Tidak ada salahnya jika sesekali kamu mencoba ajak salah satu teman kalian untuk bermain layang-layang di atas bukit. Selain membuat perasaan senang, tetapi kalian juga bisa menikmati keindahan alam disekitarnya.

3. Kenali Salah Satu Permainan Tradisional Yang Ada Disetiap Daerah

Setiap daerah di Indonesia memiliki keragaman dan budayanya masing-masing, termasuk dalam permainan tradisional. Untuk wilayah pulau Jawa biasanya anak-anak yang tinggal jauh dari kota bermain permainan tradisional untuk menghilangkan rasa bosan mereka, karena sebagian besar penduduknya masih jarang yang mempunyai gadget atau smartphone.

Kita yang tinggal di daerah kota juga harus mengetahui sedikit tentang permainan tradisional tersebut, mungkin suatu waktu kita akan mencoba memainkannya. Salah satu permainan tradisional yang paling mudah adalah bermain layang-layang atau kuda-kudaan. Untuk wilayah Jawa sebagian besar kedua permainan tradisional tersebut sering dimainkan oleh anak-anak.

4. Ajak Saudara Untuk Bermain Permainan Tradisional Bersama-Sama

Bagi kalian yang tidak memiliki teman untuk bermain di luar, kalian bisa mengajak adik, kakak, sepupu, atau keponakan untuk mencoba memainkan permainan tradisional ini di pekarangan rumah. Karena ada beberapa jenis permainan tradisional yang dapat dilakukan di dalam rumah atau halaman rumah, yaitu seperti Congklak, Kelereng, atau Lompat Tali.

Ketiga permainan tersebut bisa dilakukan di dalam ruangan yang minim, tidak seperti layang-layang atau gasing yang memerlukan area yang luas seperti lapangan. Tapi apakah kalian pernah memainkan salah satu permainan tersebut? Mungkin sebagian besar ada yang belum pernah mencoba memainkannya. Maka coba ajak salah satu anggota keluarga kalian untuk memainkannya.

Permainan seperti congklak juga dapat dimainkan melalui ponsel pintar, tetapi kita tidak akan merasakan sensasi keseruannya. Berbeda jika memainkannya secara langsung, disini kalian bisa saling mengejek jika salah satu lawan ada yang kalah. Keseruan sepert inilah yang jarang kita temui dalam bermain game di smartphone.

5. Buat Konten Permainan Tradisional Untuk Para Konten Kreator

Mungkin cara yang satu ini dapat dijadikan sebagai solusi alternatif di era modernisasi seperti sekarang ini untuk melestarikan permainan tradisional. Untuk para Youtubers atau Konten Kreator lainnya bisa membuat konten tentang salah satu permainan tradisional. Hal tersebut bisa memberikan informasi edukasi kepada masyarakat melalui platform media sosial.

Dengan begini kalian bisa memberikan sedikit review tentang keseruan permainan tradisional. Jadi secara tidak langsung para konten kreator tersebut ikut membantu melestarikan permainan tradisional. Melalui media sosial mereka bisa mengajak banyak orang untuk ikut berpartisipasi melestarikannya, agar semua jenis permainan tradisional yang ada di Indonesia tidak terlupakan.

Kesimpulan

Tahukah kalian bahwa ada banyak Cara Melestarikan Permainan Tradisional agar tidak terlupakan oleh masyarakat Indonesia. Semua solusi yang dapat kalian lakukan untuk melestarikannya bisa mencoba salah satu solusi terbaik yang telah saya berikan di atas. Semoga kedepannya permainan tradisional tersebut tidak terlupakan dan tidak kalah dengan kemajuan teknologi di jaman modern seperti sekarang ini.



profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cara Melestarikan Permainan Tradisional Yang Hampir Terlupakan
23-07-2021 22:27
1... harus di mulai dari keluarga dan konsisten
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia