News
Batal
KATEGORI
link has been copied
151
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60e9b6b5e12d975e7037e25b/arti-sebenarnya-dari-agama-adalah-candu
Kebijaksanaan pembaca dibutuhkan disini, ane sama sekali gak mengajarkan ajaran Marxis-Lenininisme ataupun yg lainnya, ane juga gak membenarkan ajaran Komunisme dan kekejaman yg terjadi didalamnya, so berpikir banyak sebelum komen GanSis
Lapor Hansip
10-07-2021 22:03

Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”

Past Hot Thread
Aloha GanSis emoticon-I Love Indonesia

Semoga kabar nya baik-baik ya di hari ini emoticon-Big Grin

Welcome to my Thread emoticon-Shakehand2


Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”




Note!
Kebijaksanaan pembaca dibutuhkan disini, ane sama sekali gak mengajarkan ajaran Marxis-Lenininisme ataupun yg lainnya, ane juga gak membenarkan ajaran Komunisme dan kekejaman yg terjadi didalamnya, so berpikir banyak sebelum komen GanSis emoticon-I Love Indonesia


Sesuai judul dan Spoiler nya emoticon-Ngakak
Ane masih bahas soal Marxisme

Disini ane hanya menyampaikan sedikit unek-unek, dan meluruskan soal arti/makna sebenarnya dari “Agama Adalah Candu” emoticon-Smilie

Sebelumnya ane sampaikan dulu sejarahnya soal kutipan yg kontroversial ini emoticon-Big Grin

•Historiografi

Agama adalah candu?
Ini merupakan kutipan dari tulisannya Karl Marx ke Hegel pada buku yg berjudul “Contribution To The Critique Of Hegels” / “Kriitk Marx terhadap filsafat Hegel“

Karl Marx menulis buku ini pada tahun 1843 ditujukan untuk Hegel, CS nya Marx emoticon-Big Grin





Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”

Naskah asli dan lengkap dari “Agama adalah opium” emoticon-Smilie

•Penjelasan Makna

1. Makna Pertama

Agama adalah candu bermaksud, agama membuat kita kuat dan mengajarkan untuk sabar jika tertindas di dunia. Karena akhirat lebih baik, daripada dunia. “Dari sini kita tahu bahwa agama berfungsi sebagai candu (dalam hal yg positif), karena sama-sama nenawarkan fant*si, dan agama memberikan fantasi tentang kenikmatan surga

2. Makna Kedua

Di zaman Marx menulis kutipan yg kontroversial itu emoticon-Big Grin
Marx melihat banyak kaum proletar banyak mengalami penindasan sebab-akibat dari “Kapitalisme”
Mulai dari jam kerja yg irasional, upah kerja berbanding terbalik, jaminan kesehatan (gak ada) emoticon-Smilie

Dari hal itu Marx menilai bahwa agama tidak berfungsi sebagaimana mestinya bagi kaum proletar, sehingga mereka akan tetap ditindas oleh kaum borjuis dan feodal emoticon-Cape d...
Bagi Marx sendiri, penindasan dan ketimpangan ekonomi ini akan berakhir jika melakukan “Revolusi”

Tambahan informasi untuk menentukan kesimpulan dari penyataan nya Marx :

Bahkan di zaman kolonialisme Belanda (VoC) narkoba (candu) sudah diperjualbelikan secara bebas di Hindia-Belanda, alih-alih sebagai obat dikala kelelehan para pribumi dan pedagang di Hindia-Belanda malah membuat masalah kesehatan di masyarakat pada saat itu

Lengkapnya bisa agan cek disini :

https://tirto.id/opium-menguntungkan...ditentang-cNim

Tapi apakah ini bermakna sama di zaman nya Karl Marx?

Tentu saja tidak, karena digunakan oleh para kaum buruh (biasanya) untuk mengurangi kelelahan pada saat setelah bekerja di Pabrik

Ohya, sekedar kasih tau kalo kutipan yg kontroversial ini awalnya alih-bahasa dari Bahasa Jerman, lalu ke Bahasa Inggris dst.

Banyak mengalami pergeseran kalimat dari sini, belum lagi kutipan ini sering di plesetin, walhasil dikira beneran, gataunya nggak emoticon-Ngakak

Bisa agan cek di Wikipedia teks lengkap nya ;

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Agama_adalah_candu

Kesimpulan ane serahin ke pribadi masing-masing GanSis, dari yg udah ane paparin di atas emoticon-Frown
Diubah oleh xray18
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
10-07-2021 22:05
Ane disini cuma menyampaikan aja yg ada di kepala emoticon-Shakehand2
0 0
0
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
11-07-2021 07:44
iya. agama adalah candu. sekarang orang pada mabok agama kan jadinya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 17 lainnya memberi reputasi
17 1
16
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
11-07-2021 07:51
karl marx dimasa mudanya sekolah dan mendalami filsafat dan teologi.. dari tulisan2 karl marx dia nganjurin sekularisme dalam pemerintahan,agar gereja terpisah dr pemerintahan.

kalau karl marx msh hidup bakal geleng geleng kepala dia ngeliat kadrun dan org mabuk agama di indonesia dimana indonesia sdh seperti dark age eropa : semua harus seizin agama.PPKM saja ditentang krn nutup tempat ibadah ,akhirnya direvisi kan sm pemerintah,tmpt ibadah boleh buka,yg dilarang kegiatan ibadah utk umumemoticon-Leh Uga

Diubah oleh dispenserr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 22 lainnya memberi reputasi
23 0
23
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 21 balasan
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
11-07-2021 14:42
Quote:Tapi apakah ini bermakna sama di zaman nya Karl Marx?

Tentu saja tidak, karena digunakan oleh para kaum buruh (biasanya) untuk mengurangi kelelahan pada saat setelah bekerja di Pabrik

Karl Marx seorang atheis

Aneh bila menganggap agama bernilai positif
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan yoseful memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
11-07-2021 19:55
Menarik sekali
0 0
0
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
11-07-2021 20:37
PKT pd abad kini, msh mngharuskan setiap anggota nya tuk slalu atheis, krn komunis yg sejati adlh atheis jg, gan..... emoticon-Big Grin

1.
https://hongkongfp.com/2016/04/24/re...es-xi-jinping/

Chinese religious groups must obey the staunchly atheist ruling Communist Party, President Xi Jinping has told a key meeting on religion according to state media, as Beijing tightens controls on civil society organisations and churches.

“Religious groups… must adhere to the leadership of the Communist Party of China (CPC),” Xi told senior party officials at a conference ending on Saturday, the official Xinhua news agency said.

But party members must be “unyielding Marxist atheists”, he said, calling on them to “resolutely guard against overseas infiltrations via religious means”.

....

---- > sdh jelas ya.... Seorang komunis marxis sejati, harus lah atheis, jk gak spt itu ya hny komunis abal2 ato marxis kw, gan....... emoticon-Big Grin


2.
https://www.voanews.com/east-asia-pa...ommunist-party

.....

'State-controlled' practices

In the past, Turkel said that the USCIRF was concerned with China interfering with personal religious practices, “but now they're changing it, from state-managed religious practices to state-controlled or -sanctioned criminalized religious practices."

Turkel said Sinicization “has been sped up, intensified, so the Chinese government, China's Communist Party, [is] spreading their own ideology, try[ing] to replace it as a religion over the other traditional religious practices that the Chinese citizens have been practicing for centuries if not for thousands of years."

Fenggang Yang, a sociology professor at Purdue University who oversees the Center on Religion and the Global East, said that China's religious policy has changed significantly in the last two or three years to further limit the freedom of religious professionals.

“In principle, the Chinese Communist Party adheres to Marxism-Leninism, which includes atheism,” Yang told VOA Mandarin. “There are logical problems when the Chinese authorities require religious professionals to embrace the Communist Party and atheism for their leadership or domination.”

Yang said that any religion introduced to a new country would adapt to the local sociopolitical system and culture, but in China people must beware of religion being manipulated by the CCP as a tool to further its own ends.

....

---- > kebebasan beragama mmg ada di RRT, tp hny tuk warga biasa saja itupun kebebasan nya serba sngt di batasi, bg anggota PKT hrs ateis.... Krn PKT adlh kuil agama terbaru bg RRT, semua agama lama yg sdh berada di daratan tiongkok, hrs jg bs memuja dan menyembah kaisar xi, sbg petinggi PKT no 1 sejagat.... emoticon-Big Grin


Inti nya simple, seorang marxis komunis yg sejati itu hrs lah atheis..... !! Mau dimanapun, sampe kapanpun, siapapun jg itu..... !! Sdh sesuai dgn sejarah nya komunisme...... !!! emoticon-Big Grin
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
11-07-2021 21:14
sepemahaman ane ya

Marx percaya bahwa agama memiliki fungsi tertentu dalam masyarakat yang mirip dengan fungsi opium terhadap orang sakit atau cedera yaitu mengurangi rasa sakit dan memberi ilusi yang menyenangkan kepada si sakit. Di sisi lain, agama seperti opium juga mengurangi energi dan keinginan mereka untuk melawan realitas yang opresif, tak punya hati, dan tak punya jiwa yang telah dipaksakan kapitalisme kepada mereka.

Marx dengan pemikiran komunisnya lebih menyuarakan ketimpangan pendapatan antara pemilik modal/lahan sama pekerjanya padahal yg berkontribusi besar dalam hal produksi ya si pekerja. Marx juga gapernah nyebutin soal kesetaraan pendapatan antara pemilik modal dan si pekerja, tapi lebih ke ngurangin kesenjangan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanker dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
11-07-2021 21:23
Buset, bahasan kelas berat ini mah emoticon-Big Grin

Agama adalah candu, kalau sdh beribadah dgn sebaik2 nya..kita akan pasrah..ibadah, ikhtiar, pasrah..
Serahkan semua pada ALLAH, hidup hanya sementara di dunia, gak ada yg 'ngoyo', yg penting di akhirat dapat surga..
Kalau semua orang cuma ibadah, usaha seadanya..lalu siapa yg membangun?

MUNGKIN itu yg ada di pikiran marx..

Ente bayangin kalau setiap orang ibadah nya rajin..entah ke gereja, ke masjid, wihara, pura, kelenteng dll..setiap orang rajin ibadah, gak peduli sukses di dunia..usaha sekedarnya supaya bisa makan aja..
waktu harian abis cuma buat ibadah..

Kira2 gmn perkembangan zaman? Akankah teknologi berkembang pesat?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gyle dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 20 balasan
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
11-07-2021 22:17
itu menggambarkan agama Kristen jaman itu krn dg janji2 surga auto tebus Marx gak percayalah dg Yesus anak manusia disebut Tuhan, dsb....

Ya logika marx sebagai mahluk yg berakal pasti menentang imajinasi para pecandu agama itu, akhirnya revolusi jalan paling benar dr penindasan orang2 jualan ayat alkitab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
11-07-2021 22:44
Ya ane setuju apa yg ditulis TS dgn pemaparan nya...
Soal agama dan zaman feodal...
Sehsrusnya menjadi harapan dan kekuatan malah digerus terus oleh ketamakan mereka...

Seharusnya indonesia bisa belajsr banyak...
Agama dan ber negara sebaiknya tidak dicampur adukan apalagi menjadi sistem yg menjadi suatu keharusan di pemerintahan...

Berapa presentase jabatan di pemerintahan beragama islam dgn agama lain nya???!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
12-07-2021 00:21
Dari dulu saya sangat tertarik dengan ni orang
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
12-07-2021 11:27
Ukhti2 ini mabuk agama...
Kalau gak suka dengan pemerintah, bilang suami atau bapak nya pindah aja ke yaman.
Jangan cari makan di Indonesia...

{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
12-07-2021 14:51
Kalo menurutku agama itu petunjuk
0 0
0
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
12-07-2021 18:05
Komunis t a i. Liat itu gulag. Liat itu korut. Liat itu uygur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
25-07-2021 19:05
Ijin nyimak di trit berat-sedang
0 0
0
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
25-07-2021 19:09
Wahh.. Baru tau ane gan.. Nice info... emoticon-Salam Kenal
0 0
0
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
25-07-2021 19:13
bener kata marx agama adalah candu melihat dari konteknya lingkungan di sekitar pas dia nulis. di eropa raja, bangsawan-bangsawan, dilindungi gereja dan pemuka agama. rakyat kelaparan aja ceramahnya pemuka agama suruh sabar karena balasan di akhirat lebih baik. padahal jelas2 rakyat kelaparan karena perilaku bangsawan yang hidup glamor, ambil pajak gedhe ke rakyat.

makanya kalo masalah agam model gini tuh ya candu. bikin orang gak maju. kek dihipnotis aja, gak sadar2 sebernanya dia ditindas oleh orang lain bukan karena nasib atau takdir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
25-07-2021 19:13
Woi sadar woi... Loe bakalan mati. Hari gini masih sibuk mikirin arti agama. Kelamaan ... Siapin bekal buat loe mati nanti.
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan nowbitool memberi reputasi
1 1
0
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
25-07-2021 19:14
Kenapa dibilang candu?

Soalnya kelompok borjuis dan pengusaha besar eksploitasi kaum proletar, kaum proletar cuman bisa berkeluh kesah ke gereja yg mana pihak gereja pun udah disuap sama kelompok borjuis dan pengusaha biar kelompok proletar gak berontak 'tuan' nya.

Btw tulisan karl marx masih berlaku loh sampai sekarang karena Kelakuan kapitalis emang gak berubah...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Arti Sebenarnya Dari “Agama Adalah Candu”
25-07-2021 19:19
Kan memang kayak gitu
Agama bisa menjadi candu apabila berlebihan
Sehingga bisa menyebabkan kehilangan nalar dan paling parah hilangnya rasa kemanusiaan khusus nya terhadap orang yg beragama lain emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngau dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia