Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Yuk Gan / Sis, Saatnya Ikutan Survey di Forum Stories Form The Heart
60
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60ce4bc2c75b4274101d2cff/selalu-memikirkan-eksistensi-tuhan
Gw udah berkali2 mengurungkan niat buat trit ini, tapi gw terus terbebani dg pemikiran ini. gak mungkin juga gw curhatin di RL, bisa di hujat gw. trit gw dulu yg agak berkaitan link Jadi makin lama gw makin memikirkan "apakah tuhan itu ada?" sebenarnya gw ga ingin mempengaruhi orang lain untuk mengikuti jalan gw. tapi gw makin lama makin buntu saja. dulu gw sempet jadi orang yg agak rel
Lapor Hansip
20-06-2021 02:55

Selalu memikirkan eksistensi tuhan

Gw udah berkali2 mengurungkan niat buat trit ini, tapi gw terus terbebani dg pemikiran ini.
gak mungkin juga gw curhatin di RL, bisa di hujat gw.

trit gw dulu yg agak berkaitan link

Jadi makin lama gw makin memikirkan "apakah tuhan itu ada?"

sebenarnya gw ga ingin mempengaruhi orang lain untuk mengikuti jalan gw.

tapi gw makin lama makin buntu saja.

dulu gw sempet jadi orang yg agak religius (sekala wajar), tidak sampai fanatik buta cem K-Drone.

gw jarang berdoa meminta sesuatu ke tuhan. seumur idup, doa permintaan gw masih bisa diitung jari, kenapa? karena gw ikhlas beribadah, bukan karena ada maunya.
dan hampir semua doa gw dulu terkabul, kecuali doa permintaan yg ga penting.

salah 1 nya, doa gue biar suatu saat gw bakal sukses dan kaya. dan sudah terkabul.

tapi... gw berusaha keras untuk itu, belajar terus menerus, gagal bangkit lagi.dst hingga mencapai pencapaian saat ini.

seiring meningkatnya ilmu pengetahuan gw, gw makin jauh dari agama (makin pudar).

gw suka belajar sejarah, dokumenter.dll dari berbagai sudut pandang.

dari jaman dulu agama itu sudah ada buanyak sekali, malah tiap suku dan empire memiliki kepercayaan masing2.

dan kebanyakan agama2 itu digunakan untuk mengelabuhi secara massal, mencari masa, people power, mendapat kekuasaan.dll

banyak pula pemuka2 agama yang malah merendahkan ajarannya sendiri.

bahkan gw menemukan banyak celah dalam aturannya.

agama/kepercayaan bisa menjadikan manusia menjadi lebih berakal

tapi agama juga bisa menjadikan manusia lebih buruk dari hewan.

tapi bukan berarti gw ga mendukung adanya agama ya, agama itu baik, selama tidak ada orang yang mengotorinya.

...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 03:04
Apa yang gw rasakan sekarang ?

Gw merasa KOSONG dan hampa.

Dulu pas gw masih agamis, gw merasa tenang dan damai, gw serasa spesial, gw selalu merasa diperhatikan tuhan akan semua tindakan gw.

Di saat gw merasa terpuruk dan takut, gw selalu ingat, masih ada tuhan yang selalu mengawasi dan melindungi gw.


Tapi itu dulu


Sekarang cenderung kosong saat beribadah, karena agak ragu akan keberadaanya

apakah ini adalah cobaan ? cobaan untuk orang2 seperti gw yg mengejar dunia dari masa terpuruk.

jika suatu saat gw bangkrut dan terpuruk, pada siapa gw akan berpegang ? apa gw masih pantas berdoa dan memohon lagi ?



Jika takdir itu sudah ditentukan, dan tuhan maha mengetahui.

Mungkinkan gw memang sudah ditakdirkan seperti ini, bagaimanapun gw merubahnya, karena sudah digariskan seperti ini.

Kalo gitu gw tak perlu pikir pusing soal apa yg bakal gw lakuin, karena sejak awal memang sudah digariskan skenario idup gw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
biohex dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 03:10
Dulu pas masih kecil, gw sempat mendengar.

"Jangan berusaha berfikir tentang keberadaan tuhan, yang penting itu yakin dan percaya"

Dulu gw iyain dan gw jauhkan pikiran gw untuk memikirkan akan keberadaanya.

Karena gw tipikal pemikir, jadi makin lama gw semakin memikirkannya.

Dari sejarah, sudah berapa banyak orang yang melakukan hal kejam dan tak masuk akal karena keyakinan.

Seolah keyakinan itu menghambat potensi pola pikir manusia.


Dan gw juga berfikir

Memang sudah menjadi instring bagi manusia untuk menyembah sesuatu, seolah manusia memang didesain untuk menyembah sesuatu.



Update:

Berhubung banyak yg gagal paham point gw, jadi gw buat contoh cerita.

Aggap saja gw suku Aztec, nah gw adalah orang yang cukup religius dan mengikuti perintah petinggi-petinggi agama.

Gw sering ditugaskan menculik atau memaksa orang2 tak bersalah dan menjadikannya pengorbanan ke "Tuhan/dewa", orang2 itu dibunuh, diambil jantungnya saat masih hidup, dan melakukan hal keji lainnya untuk memuaskan para dewa.

Bahkan gw hanya terdiam tak bertindak meski kerabat, tetangga gw dikorbankan, kenapa ?
Karena kata petinggi agama, jika tidak melakukan pengorbanan manusia, dewa akan marah.

Matari tidak akan terbit, hujan tidak akan turun.dll jadi gw terpaksa melakukannya agar gw dan manusia lain tak dihukum.


Dan suatu saat gw berpergian ke penjuru dunia dan mempelajari hal2 baru, gw makin pinter, dan sadar matahari tetap terbit meski tanpa pengorbanan.

Ternyata semua kegiatan2 dan pengorbanan itu hanyalah sia2.

Dewa yang mereka agung2kan hanyalah ilusi dan cerita semata, malah para petinggi itu memanfaatkan hal itu demi kekuasaan.



Begitulah kira-kira
Diubah oleh max.well
profile-picture
profile-picture
profile-picture
biohex dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 04:40
Semoga ketemu penjelasannya.
Diubah oleh lenahappy90
0 0
0
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 08:17
Takdir ada 2
Lupa istilahnya tp intinya
Ada yg ga bisa diubah
Ada yg bisa diubah

Yah, sbnrnya ga bisa diubah, bahkan perubahan menurut manusia pun sepertinya bkn perubahan bagi Tuhan

Klo buat ane.. ane mikir Tuhan ada atau tidak ya ga ada bedanya, buat kehidupan ane..

Klo ane mikir Tuhan itu tdk ada apa akan mengubah keberadaan Tuhan? Dan sebaliknya..

Cmn org yg gak belajar Agama yg anggep Agama itu mengajarkan keburukan dan memakai Agama sebagai senjata untuk bertindak buruk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rainbow555 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 10:43
Ts silahkan datang ke pemuka2 agama...
profile-picture
profile-picture
jehoonie dan Wongkentiir memberi reputasi
2 0
2
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 11:17
Pencarian ente belum berakhir bray...
Masih jauh..

emoticon-Traveller
profile-picture
Wongkentiir memberi reputasi
1 0
1
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 11:22
Loe kalau belajar agama, pelajari kitab dan tuhannya. bukan oknum oknum tolol yang mengotori agama tersebut.

pada dasarnya manusia itu pasti pernah melakukab kesalahan atau dosa. jadi gak perlu berpaku pada pengikut pengikutnya. karna pengikut pengikutnya itu Manusia. Dan manusia pasti pernah membuat kesalahan.

yang lu lihat oknun oknum tolol itu, tapi mempertanyakan eksitensi Tuhan ? gimana sih ???
emang lu pikir Tuhan senang dengan perbuatan mereka ?
profile-picture
profile-picture
jehoonie dan shotgunBlues memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 11:35
Sampai kapanpun takkan ada yang bisa membuktikan keberadaan tuhan secara faktual. Karena dasar utama dari suatu kepercayaan adalah keyakinan. Dan keyakinan emang kadang ga bisa di buktikan. Karena itu, entitas tuhan hanya ada dalam "fakta semu" karena semua bukti dan kenyataannya ditemukan dalam suatu sumber yang murni kredibilitasnya hanya diukur dari kepercayaan.
profile-picture
x.pong.ah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 11:36
Tuhan ada atau ngga, pengaruh nya kemana? Berdoa meminta2 itu apakah tepat untuk dilakukan?

Jika ragu dengan agama yg ada, cb pelajari ttg diri sendiri aja, bahwa kita tidak menginginkan penderitaan, begitu juga makhluk hidup yg lain. Setelah tau hal ini, kita juga berusaha ngga melakukan hal2 yg membuat penderitaan bagi makhluk lain.

Dari 1 fakta ini, jika bs dipatuhi, sudah banyak ajaran agama yg terlaksana.. agama apapun itu.
Diubah oleh tan_iin
profile-picture
masajis130 memberi reputasi
1 0
1
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 12:14
Untuk apa memikirkan hal yang -TS sendiri pasti paham- ga ada satu manusiapun yang bisa jawab?

Pada akhirnya agama itu merupakan pelarian untuk mencari kedamaian ketika hal-hal duniawi udah ga bisa dikontrol (bagi yang ga terlalu religius) dan pedoman untuk menjalankan hidup (bagi yang religius).
Berdoa itu sendiri semacam mind hack untuk manusia melepaskan stres atau beban. Dengan berdoa, manusia seperti mengadukan atau melepaskan masalahnya, tanpa ada yang tau doanya didengar atau nantinya dijawab, yang penting perasaan jadi lega.

By the way, daripada mikirin eksistensi Tuhan, kenapa ga mikirin kok bisa ya cuma dari bersatunya sel ovum dan sel sperma bisa duplikasi dan membentuk banyak organ yang berbeda?
Beda konteks tapi yang ini masih bisa dijangkau untuk dipikirin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 12:56
Jika bertanya apakah tuhan/allah itu ada atau tidak coba tanyakan pada diri sendiri apa yang ente yakini seperti apa? Segala keberkahan dan kemalangan yang terjadi dalam hidup ente? Apakah tuhan itu ada
0 0
0
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 14:32
hmmm....

I understand you. (atau gw anggap aja kek gitu, klo pun engga. emoticon-Smilie )

gw malah sering nulis tentang tuhan dan agama di sini
dan emang bukan untuk siapa2
tapi untuk gw sendiri

dan gw juga lebih milih nulis dari pada curhat / ngobrol

karena kadang, gw cuma pengen ngeluarin yang ada di kepala gw. abis nulis ga kepikiran lagi. walaupun ntar besok atau beberapa hari nya kepikiran lagiemoticon-Hammer (S)
karena kadang, gw cuma pengen nulis "progres pemahaman gw terhadap kehidupan gw(tentu termasuk tuhan dan agama)".

nah.. karena hal ini
gw sering ber doa
" di kasih ilmu, di kasih petunjuk, di kasih pemahaman terhadapat ilmu yg ada, di kasih kejelasan terhadap perbedaan perbedaan yang ada, di kasih hikmah / wisdom / kebijaksanaan "
Diubah oleh nanletsbegin
0 0
0
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 17:26
Klo mau simpelnya biar ga bikin stres ky agan srkg ini..
" ada " dan "tidak ada" itu termasuk ciptaan Tuhan.
Jadi ente ga bisa bilang tuhan itu "ada" or tuhan itu "tidak ada". Semoga paham.
0 0
0
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 18:25
"Apakah Tuhan itu ada'? itu tanya yang butuh jawaban kan.

Coba tips ane, lakukan ibadah sesuai keyakinan TS apapun itu. lalu berdiam diri silakan bicara sendiri keluh kesahnya mau terlisankan atau di dalam hati. Tanya berulang-ulang tentang keresahan TS apapun itu. rasakan apa getaran yang diterima.
0 0
0
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 19:22
Ts agama apa ini?
0 0
0
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 19:23
Tidak ada yg setara dengan Nya...
0 0
0
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 19:51
Tuhan itu ada dan nyata. Dari pengalaman hidup, ane sangat percaya itu. Kalau TS masih mempertanyakan, suatu hari nanti juga akan ngalami sesuatu yang bikin yakin bahwa Tuhan itu ada, kok.
0 0
0
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 20:17
Gw awalnya jg bgtu sih,

tp mkin beumur stlh apa yg gw cari dan dapat. Muncul pertanyaan "loe mau ngpain lagi?"

Dan sesekali dpt proyeksi gambaran lu mencapai umur 50thn dengan mulai fisik cenderung melemah, sakit2 abs tuh dpt gmbrn lu meninggal.

Dan lu muncul pertanyaan gw dsna bakal ky gmn, sdngkn uang, keluarga, dll yg udh lu create udh g ad bisa bantu lu.

Keluarga jg g bs dnger apa2 cm nangis ratapin kepergian lu. Mungkin cuma 1-3 bln, atau setahun setelahnya lupa dan hanya sesekali mengingat.

Nah dstu gw mulai cari tentang hal keagamaan mengenai akhirat buat bekal. Emng g langsung ekstrim. Setidaknya gw bkin diri gw lbh baik, min bs memanusiakan org lain.
Diubah oleh fadliaja
profile-picture
x.pong.ah memberi reputasi
1 0
1
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 20:24
Buat gw pribadi sih tuhan personal yg bisa marah2,cemburuan,suka ngasih azab,pilih kasih pada suatu ras/bangsa, itu gak ada.

Mungkin yg ada tuhan pasif berupa energi kekal yg jadi awal terciptanya dunia ini & segala rancangan mahluk hidup, unsur elemen alam, planet2 dll sampe nanti semuanya berakhir..
Diubah oleh TheTrueMayhem
profile-picture
kodokuper memberi reputasi
1 0
1
Selalu memikirkan eksistensi tuhan
20-06-2021 20:27
Gw inget waktu kecil pertama kali nyokap gw ngajarin ttg Tuhan, katanya Tuhan adalah pencipta alam semesta dan semua yg hidup. Gw langsung nanya, siapa yg menciptakan Tuhan? Hehe tentu saja jawabannya tidak memuaskan. Masalahnya otak kita tidak akan mampu memahami. Bahkan membayangkan suhu dingin tak terhingga atau sesuatu yg besar atau kecil tak terhingga bahkan ada galaxy seukuran micron, rasanya tidak mungkin. Bagaimanapun kita akan mati dan tinggal energy kesadaran. Carilah keselamatan.
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
wayah-surup
Stories from the Heart
back-to-black
Stories from the Heart
langkah-kecil-kecil
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
journey-of-decision
Heart to Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia