Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
45
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c38aa9914aaa2e8d51cde2/apa-keunggulan-bus-bermesin-belakang-dibanding-bermesin-depan
Jika Gansis membandingkan bus-bus yang ada di Indonesia, atau mungkin melihat product list suatu produsen bus, Gansis akan menemukan bahwa bus-bus di Indonesia dan produk dari suatu produsen bus ada yang memil
Lapor Hansip
11-06-2021 23:09

Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar keunggulan bus bermesin belakang dan bermesin depan.

Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?



Jika Gansis membandingkan bus-bus yang ada di Indonesia, atau mungkin melihat product list suatu produsen bus, Gansis akan menemukan bahwa bus-bus di Indonesia dan produk dari suatu produsen bus ada yang memiliki posisi mesin didepan, dan ada yang memiliki mesin dengan posisi dibelakang.

Mungkin, Gansis akan bertanya-tanya, apa sih kelebihan bus bermesin belakang dibanding bus bermesin depan? Apakah hanya di posisi mesin saja, atau ada yang lain?

Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?



Nah, setiap barang yang dikomparasikan tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Oleh karena itu, di thread ini ane akan bahas beberapa kelebihan bus dengan posisi mesin di belakang, ketimbang bus dengan posisi mesin di depan.

1. Kenyamanan


Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?



Karena memiliki mesin yang posisinya di belakang, tentu suara mesin tak akan terlalu masuk ke kabin, terlebih apabila duduk di depan. Karena memang, jarak antara posisi duduk kita dengan mesin lebih jauh.

Tentunya, dengan ini, kabin akan menjadi lebih hening dan senyap. Kabin yang lebih hening dan senyap menghasilkan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi lagi dibanding mesin depan.

Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?




Coba saja bandingkan mobil-mobil yang mesinnya ada di depan, dibawah kap mesin dibanding di bawah jok penumpang row pertama. Tentunya, mobil yang mesinnya dibawah kap mesin akan lebih hening dibanding yang mesinnya dibawah jok. Atau sedan yang mesinnya ada di belakang, akan lebih hening pula.

2. Kemudahan Akses Pengemudi


Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?



Salah satu alasan mengapa aturan yang melarang pintu pengemudi pada bus hanya benar-benar dilarang pada bus bermesin belakang (CMIIW) adalah karena sulitnya akses dari pintu penumpang depan ke kokpit.

Bagaimana tidak, pada bus besar dengan mesin I6 yang sangat besar, dengan turbo dan intercooler serta komponen lainnya yang berada di depan tentu karoseri harus memberikan ruang mesin yang berupa "kuburan", dengan ukuran yang cukup besar pula. 

Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?



Pada bus bermesin belakang, karena posisi mesinnya ada di belakang tentu tak memiliki kuburan yang menghalangi akses dari pintu penumpang depan ke kokpit pengemudi. Alhasil, akses dari pintu penumpang ke kokpit akan jauh lebih mudah.

3. Prestige


Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?



Bus-bus premium di Indonesia sejauh ini setahu ane semua memakai mesin belakang. Hal ini tentu menambah prestige dari bus bermesin belakang, selain harganya yang lebih mahal dan biasanya dipakai untuk kelas non Ekonomi.

Sementara, bus bermesin depan sering digunakan untuk armada bus Ekonomi, sehingga citra dari bus bermesin depan di sebagian besar orang tak sebagus bus bermesin belakang Gansis.

Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?



Sehingga, prestige dari bus bermesin belakang lebih tinggi dibanding bus bermesin depan. Karena alasan-alasan yang ane tulis diatas tadi, harga yang lebih mahal, biasa dipakai untuk kelas non ekonomi, dan lain-lain.

4. Kemudahan Maintenance


Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?



Bus bermesin belakang lebih mudah untuk di-maintenance karena memang ruang mesinnya lebih besar. Selain itu, mesin dan komponen lain di bus bermesin belakang lebih mudah diraih dibanding bermesin depan.

Tentu, bus bermesin depan akan lebih sulit karena memang orang yang mau maintenance harus pergi ke bagian kolong dari bus tersebut. Selain itu, ruang mesinnya lebih sempit.



Karena ruang mesinnya yang sangat besar pula, saat me-maintenance bus bermesin belakang akan lebih mudah karena lebih banyak ruang untuk bergerak dibanding bus bermesin depan.

5. Efisiensi & Tenaga


Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?



Bus bermesin belakang memiliki gardan yang jauh lebih ringan dan pendek dibanding bus bermesin depan (perlu diketahui bahwa bus bermesin belakang tetap memiliki gardan, hanya saja sangat pendek).

Sehingga, efisiensi BBM pun akan lebih baik karena tenaga tak akan terbuang banyak di gardan. Tentu, efisiensi BBM yang lebih baik akan menambah keuntungan dan juga mengurangi cost.

Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?



Tenaga yang tersalurkan ke roda belakang pun akan lebih banyak, karena gardannya pendek dan lebih ringan. Ibarat membandingkan mobil dengan konfigurasi FWD dengan mesin di depan ketimbang mobil RWD dengan mesin yang di depan.

Nah, itulah 5 keunggulan bus bermesin belakang dibanding bus bermesin depan. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast

profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
11-06-2021 23:12
Big engine, 1900nmemoticon-Wowcantik
0 0
0
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
13-06-2021 04:56
Kalo mesin depan, kap mesin ada disebelah driver, trs kalo penumpang mo turun dipake duduk sementara sembari ngangetin fantat, yang parah klo penumpang rame trs dapet duduk diatas kap....emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
b.omat dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
13-06-2021 09:37
Biar bisa jengat jengat 😎
profile-picture
primaharsa1620 memberi reputasi
1 0
1
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
14-06-2021 09:43
Oh... baru tau ane gan...
0 0
0
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
14-06-2021 17:02
bentukannya juga lebih bagus. ini pun berlaku pada mobil jalanan dan mobil balap.

misal, pada mobil balap:
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
Chevrolet Corvette C7.R

lawan
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
Porsche 918 RSR Concept

atau pada mobil jalanan

Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
Chevrolet Corvette C7 Z51 (standard)

lawan
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
Porsche 918 Spyder
profile-picture
jiresh memberi reputasi
1 0
1
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
16-06-2021 18:41
Koreksi gan, gardan itu sebuah sistem penggerak roda yang dilengkapi gigi diferensial untuk meneruskan dan membagi tenaga mesin yang menggerakkan axle shaft / as roda untuk memutar roda kanan dan kiri dalam satu sumbu yang sama. Sedangkan untuk meneruskan tenaga mesin dari transmisi ke gardan itu namanya as kopel atau propeller shaft. Jadi prinsip dan urutan kerjanya : mesin sebagai sumber tenaga - transmisi sebagai pengatur besaran daya mesin - propeller shaft sebagai penghantar daya mesin dari transmisi ke gardan - gardan sebagai penerus dan pembagi daya mesin ke 2 roda kanan dan kiri melalui mekanisme diferensial dan axle shaft / as roda sebagai penghantar daya mesin dari diferensial ke roda kanan / kiri.

Diagram penggerak roda belakang
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
Diubah oleh gonugraha76
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doctor.man dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
16-06-2021 21:04
Tp knp sasis dgn mesin dpn jadi identik dgn kelas ekonomi ye bre? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
16-06-2021 21:13
Mantap. Berasa ada di Lounge wkwk
0 0
0
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
16-06-2021 21:14
Selama masuk bus umum ga ada test pcr mah kek apapun tetep serem emoticon-Ngakak
profile-picture
kuz1toro memberi reputasi
1 0
1
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
16-06-2021 21:27
Gw Pribadi lebih suka mesin depan, gentakan mesinya lebih macu adrenalin buat kebut kebutan, apalagi kalo mesinya udah di korek timingnya + knalpot worr, dijamin selama perjalanan gk bakal ngantuk
in Frame Setan Kober The legend pantura
profile-picture
beni.ap memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
16-06-2021 21:37
ane jadi tahu ternyata bus ada yang memiliki mesin di depan dan belakang. ane pernah naik bus yang bagian depannya sebelah sopir luas banget, jadi lebih nyaman kalau naik turun lewat pintu depan, beda dengan bis kota yang mesin disebelah sopir sempit kalau mau naik turun lewat depan.
0 0
0
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
16-06-2021 21:37
Bus mesin depan, dimananya yaa??
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
16-06-2021 21:44
SUDAH KUDUGA, EFISIENSI emoticon-Leh Uga
0 0
0
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
16-06-2021 22:32
Mesin di depan lebih bamyak getaran
0 0
0
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
16-06-2021 22:33
perasaan mesin depan udah lama punah dah, koq masih dibandingin di jaman now
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
16-06-2021 23:25
Kebanyakan bus mesinnya di belakang
0 0
0
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
16-06-2021 23:31
Kirain hanya pindah tempat aja, ternyata ngaruh ke banyak hal ya emoticon-Belo
0 0
0
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
16-06-2021 23:39
Begitu tho.. dan kayanya jg lebih aman mesin belakang yaa misal kebakaran mesin gitu gak terlalu beresiko buat supir maupun penumpang
0 0
0
Apa Keunggulan Bus Bermesin Belakang Dibanding Bermesin Depan?
17-06-2021 01:05
Jaman dulu naik bis kota duduk atau berdiri di depan dekat gundukan mesin, itu hawa panas dari mesin terasa 🙃
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia