News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
195
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c16b95d123ae29b23a95fa/begini-penjelasan-stafsus-sri-mulyani-soal-ppn-sembako
Pemerintah berencana untuk mengenakan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk kebutuhan pokok atau sembako. Wacana tersebut tertuang dalam Draf Revisi Kelima Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP).
Lapor Hansip
10-06-2021 08:32

Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako

Past Hot Thread
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana untuk mengenakan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk kebutuhan pokok atau sembako. Wacana tersebut tertuang dalam Draf Revisi Kelima Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP).

Di dalam aturan tersebut, sembako tak lagi termasuk dalam objek yang PPN-nya dikecualikan.
Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo pun buka suara terkait hal tersebut. Melalui akun Twitternya, @prastow, ia tak membantah mengenai kemungkinan pemungutan PPN sembako.

Namun demikian, ia menegaskan pemerintah tidak akan membabi buta dalam memungut pajak. Meski di sisi lain, pemerintah pun uang akibat pandemi yang turut memberikan dampak pada pendapatan negara.

"Kembali ke awal, nggak ada yg tak butuh uang, apalagi akibat hantaman pandemi. Tapi dipastikan pemerintah tak akan membabi buta. Konyol kalau pemulihan ekonomi yg diperjuangkan mati2an justru dibunuh sendiri. Mustahil!," jelas dia dalam kicauannya, Rabu (9/6/2021).

Yustinus pun telah mengizinkan Kompas.com untuk mengutip utasnya di Twitter tersebut.

Yustinus mengatakan, meski revisi RUU KUP mulai dirancang tahun ini, namun bukan berarti pemungutan pajak sembako akan dilakukan di tahun yang sama.

Di masa pandemi, pajak diarahkan sebagai stimulus, artinya, penerimaan negara tertekan, di sisi lain belanja negara meningkat tajam. Untuk itu, secara bersamaan pemerintah pun mendesain kebijakan yang bisa menjamin keberlanjutan di masa yang datang.

Penerapan pungutan atas PPN Sembako untuk beberapa barang dan jasa yang sebelumnya dikecualikan pun menunggu ekonomi pulih secara bertahap.

"Di sisi lain pemerintah memperkuat perlindungan sosial. Semakin banyak keluarga mendapatkan bansos dan subsidi diarahkan ke orang. Maka jadi relevan: bandingkan potensi bertambahnya pengeluaran dengan PPN (misal 1 persen atau 5 persen), dengan bansos/subsidi yang diterima rumah tangga," jelas Yustinus.


Di dalam Revisi UU KUHP tersebut dijelaskan, beberapa barang dan jasa yang dihapus dari pengecualian PPN yakni beberapa barang hasil tambang maupun hasil pengeboran yang semula tak dikenai PPN.

Namun, hasil tambang itu tak termasuk hasil tambang batubara. Kemudian, pemerintah juga menambah objek jasa baru yang akan dikenai PPN, antara lain jasa pelayanan kesehatan medis, jasa pelayanan sosial, jasa pengiriman surat dengan perangko, jasa keuangan dan jasa asuransi.

Kemudian jasa pendidikan, jasa penyiaran yang tidak bersifat iklan, jasa angkutan umum di darat dan di air, jasa angkutan udara dalam dan luar negeri, jasa tenaga kerja, jasa telepon umum dengan menggunakan uang logam, serta jasa pengiriman uang dengan wesel pos.

Yustinus menjelaskan, salah satu pertimbangan penting atas perluasan basis PPN serta kenaikan PPN yakni kinerja perpajakan RI yang cenderung masih rendah.

Ia menjelaskan, kinerja perpajakan Indonesia masih lebih rendah dibandingkan Thailand dan Singapura di lingkup Asean. Bahkan di lingkup global, Indonesia masih lebih rendah ketimbang Afrika Selatan dan Argentina.

"Tentu saja ini tantangan: peluang dan ruang masih besar, maka perlu dipikirkan ulang mulai sekarang. Ini pertimbangan pentingnya," ujar Yustinus.

Beberapa negara juga diketahui melakukan penataan ulang sistem PPN baik melalui perluasan basis pajak serta penyesuaian tarif. Yustinus mencatat, ada 15 negara yang menyesuakan tarif PPN untuk membiayai penanganan pandemi. Rata-rata tarif PPN di 127 negara adalah 15,4 persen. Sementara, tarif PPN di Indonesia cenderung lebih rendah, yakni 10 persen.

"Mohon terus dikritik, diberi masukan, dan dikawal. Ini masih terus dikaji, dipertajam, dan disempurnakan. Pada waktunya akan dibahas dg DPR. Jika disetujui, pelaksanaannya memperhatikan momen pemulihan ekonomi. Kita bersiap utk masa depan yg lebih baik," kata Yustinus.

https://money.kompas.com/read/2021/0...page=all#page2

Quote:Penerapan pungutan atas PPN Sembako untuk beberapa barang dan jasa yang sebelumnya dikecualikan pun menunggu ekonomi pulih secara bertahap.



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wetenggede dan 20 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 08:55
pungutan ppn sembako menunggu ekonomi pulih....
yg ngomong sapa ...yustinus prastowo
klo mo logis buat apa bikin wacana ppn sembako waktu rakyat susah yg ujung nya bukan dilaksanain skg

cuma bikin kadrun biar bisa mencela jokowi

jokowi 3 periode ...





bismilah komisaris kaskus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan 13 lainnya memberi reputasi
13 1
12
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 08:57
ya setidaknya dia ngaku ini buat duit no 1, buat bantu yang lain2 itu masih dipikirin emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asyukhabeh dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 08:57
Para cebonger govlok... Para kafir dan para munafikun... Yg kemarin nyinyir penggalangan dana utk palestina.... KINI PEMERINTAH SUDAH BIKIN PENGGALANGAN DANA UTK INDONESIA.. NAMANYA PAJAK.

Dibayar ya... Jgn pada kejet2 ayan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
icecool87 dan 13 lainnya memberi reputasi
12 2
10
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 09:06
Tenang September ekonomi pulih meroket 7%, jadi bisa langsung di realisasikan itu ide brilliannya pajak sembako
profile-picture
crockoaches memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 09:09
Alah biasa dpt uang utangan cina juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 09:13
Mau bagaimana caranya, bagaimana tekniknya,...tetap aja akan membebani rakyat secara langsung nantinya... karena yang dipajaki adalah kebutuhan pokok....emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 09:14
Sri Mulyani: Hanya Pajak dan Kematian yang Tak Bisa Dihindari
Yuliyanna Fauzi, CNN Indonesia | Rabu, 21/06/2017 17:47 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengibaratkan pembayaran pajak bak kematian yang tidak bisa dihindari. Pernyataan itu ditegaskan dalam sosialisasi dan bimbingan teknis kepada lembaga jasa keuangan yang akan menyetor data dan informasi keuangan nasabahnya kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Pein27 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 09:15
biar makin kenceng lagi inflasinya

siap-siap berita demo UMR lagi nih

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiperman dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 09:15
Masalah utang negara ini udh ga bisa di reverse, tebakan ane kemaren pemerintah kemaren berharap investasi dan pertubuhan ekonomi naik berdasarkan pembangunan infrastruktur pake duit utangan yg jor2an tapi kenyataannya tidak. Sekarang udh terlanjur, utang udh menumpuk tapi pertumbuhan kembang kempis, sekarang bingung mau dapet pemasukan darimana. Mau ga mau pemerintah mesti berhemat menunda semua proyek yg ga gitu penting dan berhemat anggaran untuk semua kementrian. Tapi itu bisa bikin pencari cuan tidak senang.

Susahnya jaman sekarang kalo kita kasih masukan langsung dikadrunkan sementara karena blunder diatas semua ikutan kena getahnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 29 lainnya memberi reputasi
30 0
30
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 09:18
Intinya goblok. Yg dibutuhkan masyarakat ada kejelasan ppn itu diterapkan dimana? Itu saja jawab dulu.

Bansos2 untuk apa? Emangnya tepat sasaran apa? Yg ada di korupsi.

Klo sembako di supermaket kena ppn sih gak masalah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiperman dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 09:22
u(t)angny masih kurang kayakny
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiperman dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 09:36
Ya kalo masa pandemi ini negara kesulitan uang, trus pelaku korupsi waktu pandemi kok terkesan dilindungi? Mana tindakannya? Sok sok mo kasi hukuman mati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 09:54
duit dah nipis, apalagi coronak nggak tau kapan kelarnya,

kemaren jor joran utang buat infrastruktur eh nggak taunya ada coronak, ekonomi yg diharapkan tumbuh karena infrastruktur malah jeblok

dan sekarang bingung mau bayar utang karena ekonomi nggak sesuai harapan akhirnya lari ke pajak
profile-picture
profile-picture
MasterSims dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 09:55
Ehem...emoticon-Embarrassment
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 09:58
Mantap. Siap ni apalagi mul yang dipajakin?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 10:03
Kalau kata ane ya mending gak usah ada program amnesty tax lah kalau gitu.
emoticon-Cape d...

Enak yang kaya.

Yg kelas menengah dan kebawah malah makin sengsara.
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 10:10
Ada yg tau kapan ekononi kita pulih???

emoticon-Leh Uga

Yg pntng dibahas dulu, nt eksekusinya bisa di bicarakan... intinya emng pemerintah kekeh narikin pajak sembako. Itu jelas sudah... emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 10:21
"Di sisi lain pemerintah memperkuat perlindungan sosial. Semakin banyak keluarga mendapatkan bansos dan subsidi diarahkan ke orang. Maka jadi relevan: bandingkan potensi bertambahnya pengeluaran dengan PPN (misal 1 persen atau 5 persen), dengan bansos/subsidi yang diterima rumah tangga," jelas Yustinus.


yakin kah ? jujur saya ga yakin dengan pemerintah. PPN akan jadi bansos. yang ada defisit anggaran, untuk ngejalani operasional aja sudah mulai seok2. kebanyak korupsi sih.

sekarang semua negara lagi susah dan negara sekelas cina dan us aja sudah mulai hati2 untuk menjaga perekonomian negara mereka, ga yang mau berikan pinjaman untuk saat ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 10:40
"Ia menjelaskan, kinerja perpajakan Indonesia masih lebih rendah dibandingkan Thailand dan Singapura di lingkup Asean. Bahkan di lingkup global, Indonesia masih lebih rendah ketimbang Afrika Selatan dan Argentina".

Income Indon jangan disamakan thailand singapura tong, Kalo elo mau ratio pajak tinggi, ya pendapatan per kapita ditinggikan dulu. Yang pendapatan dibawah 4,5 juta per bulan gw yakin ada 90%, padahal di singapura babu saja gajinya 4,5 jt keatas


95|% Kadrun diIndon pada miskin mending buzer yg makan duit negara elo pajekin 50%

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia