Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
75
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60bb7ba098c19c4849233b60/mengenal-epos-i-la-galigo-epos-terpanjang-dan-tertua-setelah-epos-mahabarata
GanSis sebelum masuk ke topik kali ini yang akan membahas tentang epos, atau bisa dibilang wiracarita yang merupakan salah satu karya sastra yang biasanya epos ini berisi tentang cerita kepahlawanan dan biasanya epos ini berbentuk syair yang memang cukup terkenal. Salah satu epos terkenal di dunia adalah epos Mahabarata, epos Ramayana, Odysseus, Illiad, dan jika di Melayu ada epos hang tuah. Tapi
Lapor Hansip
05-06-2021 20:26

Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata

Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata

Hello GanSis selamat berakhir pekan semua.
kembali lagi sama kreator disini, kali ini GanSis ane mau kasih info yang mungkin bagi GanSis yang sudah tahu bisa kita diskusi nantinya namun buat GanSis yang belum tahu tentang tema atau topik yang ane tulis di thread ini semoga bisa menambah wawasan GanSis dan terkhusus untuk ane sebagai seorang yang nulis thread ini.

GanSis sebelum masuk ke topik kali ini yang akan membahas tentang epos, atau bisa dibilang wiracarita yang merupakan salah satu karya sastra yang biasanya epos ini berisi tentang cerita kepahlawanan dan biasanya epos ini berbentuk syair yang memang cukup terkenal. Salah satu epos terkenal di dunia adalah epos Mahabarata, epos Ramayana, Odysseus, Illiad, dan jika di Melayu ada epos hang tuah. Tapi GanSis tahu gak sih ada epos yang konon tertua dan tepanjang setelah epos Mahabarata dan juga Ramayana.

Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata

Sumber Gambar

I La Galigo, mungkin GanSis asing dengan cerita atau epos ini, padahal GanSis I La Galigo ini merupakan epos yang asli dari Indonesia tepatnya berasal dari Bugis. Karya sastra I La Galigo ini juga merupakan epos terpanjang di dunia. Epos ini dibuat pada abad ke-14. Awalnya kisah ini diceritakan secara tutur dan kemudian di tulis dan diabadikan pada lembaran-lembaran daun lontar. Meski I La Galigo merupakan naskah kuno, namun I La Galigo ini memiliki cara pengisahan yang unik layaknya sebuah karya sastra modern, dalam I La Galigo ini memuat kisah balik hingga kisah yang akan terjadi di masa depan.

I La Galigo ini juga berbentuk puisi yang ditulis dalam bahasa bugis kuno loh GanSis, dimana dalam epos I La Galigo ini juga membahas serta menceritakan bagaimana kisah asal-usul manusia, dan juga I La Galigo ini juga berfungsi sebagai almana praktis dalam kehidupan sehari-hari orang bugis pada zaman itu. Dalam beberapa penilitian yang dilakukan oleh para peneliti banyak yang menyimpulkan I La Galigo ini merupakan karya sastra dan epos tertua di dunia sebelum epos Mahabarata.

Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata

Sumber Gambar

Di dalam I La Galigo ini juga terdapat kisah tentang "Saweri Gading" yang menceritakan mengenai seorang pria yang kemudian bercinta dan bertunangan dengan putri "Senrima Wero" dari kerajaan langit (Boting Langiq). Namun terjadi perbedaan pendapat diantara keduanya. "Saweri Gading" ingin membawa tunangannya ke dunia manusia, sementara "Senrima Wero" berkukuh untuk tinggal di langit. Pada akhirnya pernikahan mereka ini batal dan kedua berjanji untuk tetap berhubungan dengan baik layaknya saudara, dimana dari kisah ini kita bisa mengambil pelajaran tentang arti kesetaraan gender dan juga demokrasi.

I La Galigo ini juga bukan merupakan sebuah teks sejarah karena kebanyakan isi dari I La Galigo berisi tentang mitos dan kejadian-kejadian ajaib. Namun dari epos ini kita mendapatkan gambaran GanSis tentang kehidupan masyarakat bugis sebelum abad 14. I La Galigo ini juga di tulis dengan aksara lontara yang merupakan turunan dari aksara pallawa yang saat zaman tersebut banyak digunakan dan menjadi bahasa dan merupakan cikal bakal bahasa bugis hingga saat ini. Sayangnya kebanyakan dari masyarakat Indonesia tidak tahu dan mengenal tentang Epos I La Galigo, karena kurangnya perhatian masyarakat dan pemerintah Indonesia dalam menjaga sebuah peninggalan negaranya sendiri.

Saat ini naskah dan manuskrip dari Epos I La Galigo dapat dilihat dan GanSis temui di beberapa perpustakaan di Eropa, terutama di perpustakaan Koninklijk Instituut voor Taal, Land- en Volkenkunde Leiden di Belanda yang menjadikan I La Galigo sebuah karya besar. Namun dibalik itu semua ada pesan nih buat GanSis dan termasuk ane sendiri terutama.

Bahwa kita harus bangga dan menanamkan rasa bangga dan kecintaan kita kepada karya-karya anak bangsa termasuk karya-karya yang tercipta di masa lampau. Sebenarnya hal ini bukan masalah perhatian pemerintah saja banyak benda-benda sejarah kita yang terbawa oleh pihak koloni ke negara asal mereka dan mereka juga yang berusaha menjaganya, sedangkan kita orang yang memang secara hak dan kewajiban memiliki benda tersebut malah masa bodo dan terkesan acuh tak acuh padahal Soekarno pernah berkata jasmerah "jangan sesekali melupakan sejarah", bahkan ada yang mengatakan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah dan jasa para pahlawan.

Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata


Semoga pengetahuan tentang epos I La Galigo ini membuka wawasan GanSis untuk melihat bahwa dahulu bangsa kita sudah maju dan sudah mandiri dan bisa melakukan apa yang bangsa lain lakukan pada saat itu. Ini juga menjadi pembelajaran agar kita tidak acuh dan melupakan akar sejarah, budaya dan kesenian kita, jika kita lupa bukan tidak mungkin kasus klaim mengklaim budaya akan terjadi dan saat itu terjadi baru kita protes.

Baiklah sekian GanSis thread ane kali ini semoga menjadi sebuah bahan pengetahuan baru tentang budaya kita dan membuat kita bangga seberapa besar negara kita dan kekayaan kita di zaman dahulu bahwa peradaban Indonesia tidak kalah dengan peradaban bangsa lainnya.

Terimakasih dan sampai ketemu thread lainnya.

Quote:Sumber dan Referensi

Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3


profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusrezapratam4 dan 39 lainnya memberi reputasi
38
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
06-06-2021 06:00
Keren
0 0
0
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
06-06-2021 17:30
Nice info gan

Ane beneran baru tau tentang epos ini, baca judulnya kirain dari dari dunia barat, kayak bahasa spain gitu, ga taunya malah dari dalam negeri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
07-06-2021 08:55
Teman ane dan ibunya asli makassar adalah pelakon drama epos i la galigo. Sering mentas di luar indonesia malah mereka. Di indonesia baru sekitar 2 tahun ke belakang mulai pementasannya.

Miris memang.


emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Victorim dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 08:03
Lah ane baru tau gan emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
b.omat dan ksmsp memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 08:04
Ky gini susah peminatnya
0 0
0
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 08:07
Dosen ane pernah ikut neliti epos ini
Sampe blusukan ke pelosok Sulsel emoticon-Wow
profile-picture
weidenfeller memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 08:12
Kirain nama org..ty mi atas infox
0 0
0
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 08:12
saatnya dibuatkan film
0 0
0
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 08:15
Semua berubah sejak ninja tsunagakure menyerang
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan jack..ass memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 08:16
Ada kisah yg akan trjadi di masa depan emoticon-Matabelo
0 0
0
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 08:34
Itu epos nya la galigo itu, isi nya yg lbh detail, mana ya, gan.... Yg isi nya berupa rekapan ato rangkuman crita saja.... Krn kesan nya itu epos kuno jd mnghilang bgitu pd masa kini....
Diubah oleh yoseful
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 08:41
Googling "epos"

Thanks gan! Ane berharap karya seni sastra dapat dihargai karena nilai keindahannya
0 0
0
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 08:47
baru tau.. semacem poneglyph ya bre?
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 08:51
Hmmm,,panjang dan tua tapi tetap aja isi nya fiksi emoticon-Cool
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 08:55
Woww mantap gan
0 0
0
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 09:11
karya sebagus ini malah ada di museum belanda ya, tapi gpp, siapa tau bisa lebih terjaga klo disana, klo disini blm tentu bakal di pedulikan
profile-picture
Luthfi98 memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 09:15
wah keren nih, kalo epos ini bener2 di kenalkan lebih luas ke masyarakat Indonesia sendiri & luar negeri, tidak mustahil epos ini akan setenar Mahabarata emoticon-Shakehand2
profile-picture
markocad memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 09:16
side storynya ada juga gan di La Galigo, keren banget tu epos
profile-picture
mancitybest memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Epos I La Galigo, Epos Terpanjang dan Tertua Setelah Epos Mahabarata
10-06-2021 09:18
bangga menjadi bija to luwu

0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia