- Beranda
- Kendaraan Roda 2
Tips Perbaikan Dan Pemeriksaan Sistem Kemudi Dan Roda Pada Motor
...
TS
herimarianto062
Tips Perbaikan Dan Pemeriksaan Sistem Kemudi Dan Roda Pada Motor
https://www.teknik-otomotif.co.id/ - Dari bagian utama kemudi dan roda sangatlah penting di kendaraan tersebut sistem kemudian yang difungsikan untuk merubah arah kendaraan dengan cara menggerakkan kemudi untuk merubah posisi arah roda depan dan untuk roda bagian ini sangatlah penting untuk pengoperasian dank e stabilitas pengendaraan dan harus dapat memenuhi kebutuhan akan segala kondisi.
Sebagai untuk bantalan penahan beban sepeda motor harus dapat juga menanggulangi beban hentakan yang diakibatkan kondisi permukaan jalan ketika dijalankan mampu mengatasi gaya yang diakibatkan oleh gaya pengemudian, pengereman dan gaya horizontal pada saat memutar saat kendaraan berjalan. Agar kenyamaan berkendaraan untuk lebih nyaman harus memperhatikan berikut ini :
Sistem kemudi
Pemeriksaan batang kemudi / stangPeriksalah untuk memastikan bahwa tanda yang terdapat pada batang kemudi tepat digaris permukaan pemegang batang kemudi dan periksa juga kekencangan baut-bautnya. Periksa juga arah kemudi dan periksa pula kelurusannya pastikan celah antara bagian depan dan belakang seragam, bila sepeda motor tersebut mempunyai peredam getaran kemudi pastikan pemasangannya telah sesuai dan benar.
Pemeriksaan dan penyetelan poros kemudiSaat memeriksa kemudi depan pertama periksa pemasangan fork depan pada bodi kemudian naikkan roda depan dari atas tanah dan periksa hal-hal sebagai berikut :
1. Belokkan stang ke kiri dan kanan perhatikan apakah mudah / lancar dan lembut atau tersendat-sendat seperti terhalang sesuatu.
2. Biarkan stang kembali dengan sendirinya perhatikan apakah kemudi menyentuh stopper dan dapat memantul kembali dengan baik.
3. Pegang ujung fork bagian bawah goyangkan ke depan dank e belakang dan perhatikan apakah ada yang longgar, jika pergerakan kemudi / stang tidak lancar atau longgar setel mur steering stem.
Untuk menyetelnya longgarkan semua murnya kemudian kencangkan lagi dengan menggunakan kunci khusus ( steering stem nut wrench ) sesuai moment pengencangan yang diijinkan.
Bila terlalu kencang kemudi tidak akan dapat bergerak lancar dan penekanan akan terjadi pada jalurnya sehingga merintangi perputaran kemudi, bila bantalan yang digunakan adalah tipe konus perhatikan dengan benar moment pengencangannya.
Simak ulasan selengkapnya di link ini: https://www.teknik-otomotif.co.id/ti...da-pada-motor/
Sebagai untuk bantalan penahan beban sepeda motor harus dapat juga menanggulangi beban hentakan yang diakibatkan kondisi permukaan jalan ketika dijalankan mampu mengatasi gaya yang diakibatkan oleh gaya pengemudian, pengereman dan gaya horizontal pada saat memutar saat kendaraan berjalan. Agar kenyamaan berkendaraan untuk lebih nyaman harus memperhatikan berikut ini :
Sistem kemudi
Pemeriksaan batang kemudi / stangPeriksalah untuk memastikan bahwa tanda yang terdapat pada batang kemudi tepat digaris permukaan pemegang batang kemudi dan periksa juga kekencangan baut-bautnya. Periksa juga arah kemudi dan periksa pula kelurusannya pastikan celah antara bagian depan dan belakang seragam, bila sepeda motor tersebut mempunyai peredam getaran kemudi pastikan pemasangannya telah sesuai dan benar.
Pemeriksaan dan penyetelan poros kemudiSaat memeriksa kemudi depan pertama periksa pemasangan fork depan pada bodi kemudian naikkan roda depan dari atas tanah dan periksa hal-hal sebagai berikut :
1. Belokkan stang ke kiri dan kanan perhatikan apakah mudah / lancar dan lembut atau tersendat-sendat seperti terhalang sesuatu.
2. Biarkan stang kembali dengan sendirinya perhatikan apakah kemudi menyentuh stopper dan dapat memantul kembali dengan baik.
3. Pegang ujung fork bagian bawah goyangkan ke depan dank e belakang dan perhatikan apakah ada yang longgar, jika pergerakan kemudi / stang tidak lancar atau longgar setel mur steering stem.
Untuk menyetelnya longgarkan semua murnya kemudian kencangkan lagi dengan menggunakan kunci khusus ( steering stem nut wrench ) sesuai moment pengencangan yang diijinkan.
Bila terlalu kencang kemudi tidak akan dapat bergerak lancar dan penekanan akan terjadi pada jalurnya sehingga merintangi perputaran kemudi, bila bantalan yang digunakan adalah tipe konus perhatikan dengan benar moment pengencangannya.
Simak ulasan selengkapnya di link ini: https://www.teknik-otomotif.co.id/ti...da-pada-motor/
0
1.8K
0
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
19.1KThread•9KAnggota
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru