Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
115
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60777142ca141019134732c0/aneka-es-tradisional-yang-menambah-kesegaran-berbuka-puasa
Berbicara tentang makanan pembuka saat berbuka puasa, es adalah salah satu favorit di Indonesia. Agan dan Sista pasti pernah datang ke bukber yang menyuguhkan es sebagai hidangan pembukanya?
Lapor Hansip
15-04-2021 05:48

Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa

Past Hot Thread
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa

Berbicara tentang makanan pembuka saat berbuka puasa, es adalah salah satu favorit di Indonesia. Agan dan Sista pasti pernah datang ke bukber yang menyuguhkan es sebagai hidangan pembukanya?

Agan dan Sista pasti menemukan berbagai macam es yang unik dan lezat, tapi terkadang tidak mengetahui apa nama dan di mana es tersebut berasal?
Maka dari itu, yuk simak jenis es tradisional khas Indonesia berikut ini.


Quote:
Es Cendol

Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa

Es cendol adalah penganan yang dibuat dari tepung beras dan sebagainya yang dibentuk dengan penyaring, kemudian dicampur dengan air gula dan santan. Cendol merupakan minuman penutup es manis yang mengandung tetesan tepung beras hijau, santan, dan sirup gula aren

Quote:
Es Campur

Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa

Es campur bisa ditemui hampir di seluruh Indonesia. Yang membedakan es campur dari daerah tertentu adalah isiannya, seperti di Manado misalnya yang bisa berisi sagu berbentuk mutiara merah. Di Jakarta, es campur berisi tape dan degan. Sedangkan di Jawa Timur berisi dawet.

Untuk isi buahnya juga tergantung musim buah. Jika sedang musim nangka, maka es campur bisa berisi nangka. Ketika nangka tidak berbuah digantikan dengan duren yang sedang berbuah atau bisa juga blewah, dan juga alpukat Ada juga pedagang yang disiram santan. Ada pula yang menggunakan susu dan sirup sebagai kuah esnya.

Quote:
Es Pisang Hijau

Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa

Es pisang ijo sempat trending beberapa tahun lalu. Ente tahu enggak sih? Ternyata es pisang ijo ini adalah es khas Sulawesi Selatan. Es dengan warna hijau, merah muda, putih, dan kuning ini memang sangatlah lezat.

Pisang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau yang dikukus dan diberi pewarna alami hijau dari daun suji atau daun pandan. Es ini disajikan dengan es serut, sirup, dan juga bubur putih dari tepung beras

Quote:
Es Manado

Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa

Es berwarna putih dan dihiasi dengan butiran-butiran hitam ini sangatlah segar. Paduan rasa masam dan manis menjadi andalan es ini. Rasa masam wujud dari kuah yang terbuat dari jus sirsak. Rasa manisnya muncul dari sirup atau susu maupun gula dalam es. Butiran hitam di es ini adalah biji selasih.

Untuk Agan dan Sista yang tidak begitu menyukai makanan pembuka terlampau manis, sepertinya es Manado ini akan cocok untuk lidah ente. Es ini didominasi dengan segarnya sirsak, nata de coco, agar-agar, dan kelapa muda.

Quote:
Es Kacang Ijo

Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa

Kalau es kacang merah berasal dari Hong Kong, es kacang hijau ini berasal dari Indonesia, lho! Es kacang hijau mengandung beberapa vitamin, seperti protein dan juga vitamin E.

Es kacang hijau biasanya memiliki bahan dasar kacang hijau, gula merah dan santan. Es kacang hijau lebih enak jika diberi es serut, atau dipadatkan menjadi es lilin difreezer. Es kacang hijau juga ada yang dijual kemasan, lho GanSist.

Quote:
Es Podeng

Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa

Es podeng yang dikenal dengan nama es dung dung ini ternyata berasal dari Madura. Podeng sendiri memiliki arti, yaitu putar dari bahasa Madura. Ya, pembuatan dari es podeng ini memang dengan cara diputar.

Es podeng atau es dung dung memiliki rasa segar dan gurih dari santan atau kelapa. Cara pembuatannya dengan memutar es batu dan garam di dalam tabung sehingga bertekstur lembut. Dengan cara yang tradisional ini, es dung dung memiliki tekstur lebih kasar dibandingkan dengan es krim modern.

Es podeng biasa dikonsumsi dengan roti, mutiara yang terbuat dari sagu, dan juga tape ketan hitam. Kawan juga bisa memakannya dengan dimasukkan ke cone atau menambahkannya dengan wafer.

Tidak jarang penambahan agar-agar dan juga topping sirup menjadi favorit anak-anak.
Jika Agan dan Sista membelinya di restoran, es ini biasa disajikan dengan kacang-kacangan premium, seperti kacang almond atau mede.

Bagaimana? sudah pernah mencicipi es tradisional di atas? Mana yang menjadi Ente GanSist? Kalau ane paling suka sama Es Campur. Jangan lupa untuk menuliskan komentar di bawah, ya!
Diubah oleh saya.kira
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhinyzfrn dan 38 lainnya memberi reputasi
37
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 05:49
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 06:08
berbuka dengan yang kntl kntl
0 0
0
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 07:44
Sungguh menggoda untuk dinikmati
profile-picture
turkusuma memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 07:46
Es Podeng pake puding kagak?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 08:14
udah pernah semua kecuali es podeng.
gw jarang ke madura sih.
dulu ke madura 1x aja dibayarin temen makan nasi bebek yang penjualnya sombong banget. emoticon-Big Grin
pembeli pesen malah dicengin.
Diubah oleh BMAGLY
0 0
0
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 08:17
es pisang ijo tuh bahannya...

nogosari (kue ini banyak di jawa timur).
bubur sumsum (nah ini rada jarang , bisa beli di penjual nasi gudeg kalo pas kelebihan stok).
es serut.
sirup pandan warna merah.
santan (pake santan bubuk ajah).
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 09:01
yang bikin trhead bangsad wkwkwwkemoticon-Wow
0 0
0
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 09:02
es Kolding Mana Jon..
Es Doger Mana Jon
es Selendang Mayang mana Jon..
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 09:33
Semuanya enak2 seger2 asal jangan ada durian & Pisang diantara kita... emoticon-Ngakak
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 09:33
di Sumbar es campur disebut es tébak (e nya kuat) emoticon-Big Grin

btw ane kira es podeng itu es pudding emoticon-Hammer2
0 0
0
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 09:56
seger banget rasanya nihemoticon-Genit
resepnya dong
0 0
0
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 10:26
Pelanggaran ni ga ada es cendol emoticon-Wakaka
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 10:27
jangan banyak konsumsi es di malam hari atau saat berbuka, efeknya bikin lemas dan cepat lelah di siang hari saat berpuasa.

emoticon-Ngakak
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 10:30
Memang berbuka puasa itu selalu utamakn yang manis manis. Jadi es ini bisa mnjdi trobosan. Tp ingat hru jaga diri juga karena memanglah perut kosong jgn lgsung dkaih es.
0 0
0
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 10:51
es campur kaga nahan emoticon-Ngakak
0 0
0
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 10:52
sampe sekarang ane gak bisa bedain antara es teler sama es campur
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 11:26
Es Campur sedep banget ganemoticon-Genit
profile-picture
turkusuma memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 12:13
mantap nih apalagi makanya disaat haus....juga cocok buat menu buka puasa nih...
profile-picture
turkusuma memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 13:01
haduh buka trit pas siang gini emoticon-Ngakak
0 0
0
Aneka Es Tradisional yang Menambah Kesegaran Berbuka Puasa
15-04-2021 13:20
Suka Es Cendol ya
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Ramadhan Berkah di Kaskus
ramadhan-berkah-di-kaskus
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia